Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kota Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi? Ini Faktanya!

Ketahui beberapa fakta kota Jakarta tenggelam berikut ini agar kamu waspada!

Kota Jakarta tenggelam, begitu kira-kira pernyataan yang disebutkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Biden belum lama ini memperingatkan bahwa ibu kota Indonesia, Jakarta terancam tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang. Ia mengungkapkan pernyataan tersebut dalam diskusi mengenai perubahan iklim saat melakukan pidato penyambutan di kantor Direktur Intelijen Nasional AS pada 27 Juli yang lalu.

Dalam pidato tersebut Biden mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa kota Jakarta tenggelam adalah karena perubahan iklim yang saat ini sedang menghantui seluruh dunia. Perubahan iklim ini menjadi biang kerok dibalik naiknya permukaan laut. Saat kenaikan permukaan laut ini tak dapat terhindarkan maka ribuan orang bisa kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian dan kehidupan. Ingin tahu seperti apa fakta Kota Jakarta tenggelam ini? Berikut adalah informasinya.

1. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Naiknya Air Laut ke Permukaan Tanah

@Kompas Internasional

Fakta Kota Jakarta tenggelam yang pertama adalah adanya ancaman penurunan tanah dan naiknya air laut yang mengakibatkan banjir rob di Indonesia. Fakta ini dipaparkan oleh lembaga penelitian Deltares yang berbasis di Belanda dengan melakukan model elevasi global menggunakan data Light Detection and Ranging (LiDAR). Penurunan tanah dan naiknya air laut di Kota Jakarta dan beberapa wilayah di Indonesia lainnya ini merupakan hal yang sangat serius,

2. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Meningkatnya Suhu Global

Tak hanya Presiden Joe Biden saja yang mengeluarkan fakta Kota Jakarta tenggelam. Kamu juga bisa menemukan informasi serupa dari laman nasa.gov yang menyebutkan bahwa dengan meningkatnya suhu global dan pencairan lapisan es akan ada banyak kota pesisir menghadapi risiko banjir yang semakin besar karena kenaikan permukaan laut.


Baca Juga:

Indahnya Rerumputan Hijau Di Tengah Beton dan Aspal Jakarta, Ini dia Lokasi Piknik Jakarta Indah dan Asri


3. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Jakarta Terletak Di Sepanjang Sungai

Fakta Kota Jakarta tenggelam berikutnya adalah fakta bahwa Jakarta terletak di sepenjang sungai dan memiliki masalah tahunan saat musim hujan. Fakta Kota Jakarta tenggelam ini terjadi karena beberapa sungai dataran rendah meluap selama musim hujan.

4. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Air Laut Naik ke Permukaan Tiap Tahun

Fakta Kota Jakarta tenggelam selanjutnya adalah fakta bahwa air laut mengalami kenaikan setiap tahunnya. Disebutkan bahwa rata-rata permukaan laut global naik sebesar 3,3 milimeter per tahun. Kondisi ini juga semakin diperparah dengan tingginya intensitas badai hujan, atmosfer yang semakin memanas, banjir, perubahan penggunaan lahan, dan pertumbuhan penduduk.

5. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Penduduk Memadati Kawasan Banjir

@Kumparan

Seperti yang mungkin kamu ketahui bahwa populasi wilayah Jakarta bertumbuh lebih dari dua kali lipat antara tahun 1990 dan 2020. Data ini juga menunjukkan bahwa lebih banyak orang memadati dataran banjir yang berisiko tinggi. Selain itu, banyak saluran sungai dan kanal yang menyempit atau tersumbat oleh sedimen dan sampah membuatnya semakin rentan terhadap luapan.

6. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Pembangunan di Pantai

Dilansir dari salah satu data analisis Landsat, masyarakat di sekitar Jakarta setidaknya telah membangun 1185 hektar (5 mil persegi) lahan baru di sepanjang pantai. Sebagian besar lahan tersebut bahkan telah digunakan untuk pembangunan perumahan kelas atas dan lapangan golf. Fakta Kota Jakarta tenggelam ini membuat Jakarta kesulitan dalam melawan kenaikan permukaan laut dan gelombang badai,

7. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Pulau Buatan Paling Cepat Surut

Pulau-pulau buatan adalah salah satu jenis tanah yang paling cepat surut. Hal ini dikarenakan pasir dan tanahnya bersifat mengendap dan menjadi padat seiring waktu. Satelit dan sensor berbasis darat mencatat bahwa sebagian Jakarta Utara mengalami penurunan puluhan milimeter per tahun. Di pulau-pulau buatan baru, angka itu melonjak hingga 80 milimeter per tahun.

8. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Pembangunan Baru di Pesisir Pantai

Fakta Kota Jakarta tenggelam ini menunjukkan beberapa pulau baru dibangun sebagai bagian dari rencana induk Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Nasional Jakarta. Pembangunan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi kota dari banjir dan untuk mendorong pembangunan ekonomi. Inisiatif ini dilakukan dengan membangun tanggul laut raksasa dan 17 pulau buatan baru di sekitar Teluk Jakarta.

9. Fakta Kota Jakarta Tenggelam: Bukan Jakarta yang Berpotensi Tenggelam Pertama

Kota Jakarta Tenggelam
@detikNews – Detikcom

Fakta Kota Jakarta tenggelam yang terakhir adalah fakta mengenai wilayah lain selain Jakarta yang terancam untuk tenggelam. Menurut Ketua Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB, Heri Andreas, disampaikan bahwa setidaknya ada 112 Kabupaten/Kota di Indonesia  yang memiki potensi tenggelam akibat penurunan tanah dalam waktu 10 tahun ke depan.

Fakta Kota Jakarta tenggelam ini jjuga sejalan dengan riset yang dilakukan oleh Climate Central yang merupakan lembaga non-profit independen yang konsen dengan perubahan iklim. Climate Central bahkan telah merancang peta interaktif yang menunjukkan efek kenaikan permukaan laut khususnya di wilayah Jakarta. Data peta tersebut memprediksi bahwa bagian Jakarta Utara hingga Barat terancam tenggelam.

Selain itu beberapa lokasi pantai di Banten, seperti Anyer pun diprediksi akan tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang. Di samping wilayah Jakarta, wilayah Jawa lainnya seperti Indramayu, Cirebon, Nusa Kambangan, sebagian wilayah Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, hingga Surabaya juga akan berada di bawah permukaan air.

Baca Juga:

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like