Barang yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat

Wajib Tahu, Inilah 10 Barang yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat

Koper travelling menjadi salah satu kebutuhan esensial bagi kamu untuk pergi liburan. Kemampuannya untuk memuat banyak barang secara ringkas dan keamanannya membuat koper travelling menjadi item penyimpan barang saat travelling yang baik. Saat kamu akan bepergian menggunakan pesawat dalam waktu lama kamu mungkin akan mempertimbangkan membawa koper berukuran besar. Jika betul demikian maka sudah dipastikan bahwa kamu perlu memesan bagasi pesawat.

Ukuran koper travelling yang besar tentu tidak dapat kamu bawa dan simpan di dalam kabin pesawat sehingga harus disimpan di dalam bagasi pesawat. Sebelum keberangkatan, kamu perlu mensortir barang bawaan kamu. Kamu perlu mempertimbangan mana saja barang dalam koper travelling yang bisa kamu bawa dan simpan di kabin dan mana saja barang  yang harus disimpan di koper travelling dalam bagasi pesawat.

Apa Saja Barang yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat?

Apa Saja Barang yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat

Seperti yang kamu ketahui dalam dunia penerbangan ada aturan dan larangan mengenai benda atau barang tertentu yang dibawa dalam pesawat. Lalu kira-kira apa sajakah barang-barang terlarang tersebut? Yuk mulai cek koper travelling kamu. Berikut Bob bagikan informasi barang apa saja yang sebaiknya tidak kamu simpan dalam koper travelling.

1. Paspor dan Dokumen Penting di Koper Travelling

Patikan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan kartu identitas dibawa bersama kamu ke dalam pesawat tanpa disimpan di dalam bagasi. Hal ini tentu penting karena paspor dan dokumen penting lainnya sewaktu-waktu akan kamu perlukan.

Jangan sampai kamu malah kerepotan membuka koper kamu untuk mencari paspor. Boarding pass pun merupakan dokumen yang tak kalah pentingnya, Jika hilang bisa-bisa kamu dianggap imigran gelap, lho.

Baca juga: Daftar Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa Sesuai Jenis Trip

2. Barang Mudah Pecah

Meskipun koper travelling kamu meupakan koper keluaran terbaru dengan harga mahal, sebaiknya tetap hindari membawa barang mudah pecah belah di dalamnya. Barang mudah pecah belah ini pun termasuk barang-barang elektronik yang rentan rusak saat terkena guncangan ataupun bantingan.

Hindari menyimpan laptop dan barang mudah pecah belah lainnya di dalam koper travelling kamu pada bagasi pesawat. Meskipun telah diberi stiker fragile, hal ini tidak menjamin barang kamu aman.

3. Negatif Film

Negatif Film

Bicara mengenai liburan, barang yang tak ketinggalan penting untuk dibawa selain koper travelling tentunya adalah kamera. Buat kamu pecinta fotografi mungkin kamu juga memiliki koleksi kamera yang menggunakan negatif film karena hasil fotonya yang unik. Namun perlu kamu ingat untuk tidak menyimpan negatif film kamu ke dalam koper travelling atau tas kamu yang akan melewati mesin pemindai.

Faktanya negatif film akan menjadi rusak setelah melewati bilik pindai koper travelling dan tas lainnya yang menggunakan sinar X. Oleh karena itu sebaiknya negatif film tersebut kamu simpan dalam tas dan keluarkan saat akan melalui pemeriksaan sinar X. Dengan melakukan langkah ini maka negatif film kamu akan tetap dapat digunakan untuk mengambil foto saat liburan. Ternyata penting ya untuk mengetahui benda mana saja yang seharusnya jangan kamu masukkan ke dalam koper travelling!

4. Benda Tumpul dan Benda yang Berpotensi Membuat Cidera

Jika barang-barang di atas sebaiknya tidak kamu bawa ke dalam koper travelling yang akan masuk ke dalam bagasi pesawat maka benda ini tak boleh kamu bawa ke kabin. Benda yang tak boleh kamu bawa ke dalam kabin pesawat adalah segala bentuk dan jenis benda tajam. Tujuan dari larangan ini tentunya tidak lain dari untuk menghindari berbagai hal berbahaya bagi keselamatan seluruh penumpang yang berada dalam pesawat.

Senjata tajam dikhawatirkan akan membawa masalah di dalam pesawat dan menimbulkan kejadian di luar dugaan. Selain benda tajam, benda tumpul yang berpotensi dapat membuat cidera juga dilarang masuk dalam kabin pesawat. Berdasarkan peraturan penerbangan di Indonesia, benda-benda tersebut bisa kamu bawa ke dalam pesawat asalkan disimpan pada koper travelling yang masuk bagasi saat proses check in.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Zat Cair Lebih dari 100 ml

Penting juga bagi kamu untuk mengetahui peraturan membawa zat cair ke dalam pesawat. Pastikan untuk tidak membawa lebih dari 100 ml zat cair ke dalam kabin pesawat. Akan tetapi terdapat pengecualian bagi kamu atau penumpang lain yang membawa makanan bayi dan obat-obatan dengan syarat harus dilengkapi oleh surat dokter. Hal ini termasuk juga dengan makanan diet khusus bagi penderita diabetes sehingga diperbolehkan untuk dibawa ke dalam kabin pesawat.

Zat cair ini tidak hanya mencangkup minuman saja tetapi juga parfum, shampo, body lotion, sabun cair, dan masih banyak lagi. Jika kamu memang harus membawa zat cair atau perlengkapan mandi dengan zat cair yang memiliki berat lebih dari 100 ml kamu dapat membawanya dalam koper travelling yang disimpan di bagasi. Jangan lupa untuk menyimpannya di dalam koper travelling yang masuk ke dalam bagasi pesawat sebelum check in agar tidak disita petugas saat pemeriksaan barang.

Baca juga: Refreshing Yuk! 10 Tips Traveling Sendirian yang Aman dan Seru

6. Produk Hewani

Produk hewani dilarang masuk di bagas pesawat

Penting juga bagi kamu untuk menghindari membawa segala produk hewani di dalam koper travelling kamu ke kabin pesawat. Produk hewan ini meliputi produk-produk seperti keju, susu segar, dan daging segar.

Hal ini disebabkan karena produk hewan mengandung bakteri patogen yang dapat menginfeksi penumpang-penumpang yang berada di dalam pesawat. Hal ini tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Fakta ini membuat pihak penerbangan di Indonesia sangat melarang keras penumpang untuk membawa produk hewan tersebut.

7. Benda atau Senjata Tajam

Benda atau Senjata Tajam

 

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan, kamu tidak boleh membawa senjata tajam dan senjata api, termasuk replikanya. Penting untuk diingat bahwa pisau, silet, pemotong daging, alat penghancur es, gunting dengan panjang bilah lebih dari 4 cm, panah, ketapel, semprotan merica, airsoft gun, serta mainan dan replika senjata tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat.

Selain itu, barang-barang untuk perawatan tubuh dan wajah seperti pinset alis, pisau cukur, peralatan meni-pedi, dan gunting kuku juga tidak diizinkan masuk ke dalam kabin. Adanya kebijakan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama penerbangan. Jadi, pastikan kamu memeriksa bagasi kamu sebelum berangkat dan menghindari membawa barang-barang tersebut ke dalam pesawat.

Baca juga: 5 Tips untuk Kamu yang Ketinggalan Pesawat Transit, Jangan Panik!

8. Benda yang Mudah Terbakar dan Meledak

Benda yang Mudah Terbakar dan Meledak

Daftar barang yang tidak boleh dibawa ke dalam koper travelling saat kamu berada di dalam pesawat selanjutnya adalah segala benda yang mudah terbakar.

Benda-benda yang mudah terbakar tersebut dapat berupa zat cair maupun benda padat. Beberapa contoh benda yang mudah terbakar diantaranya adalah bahan bakar, cat, thinner, lem, metanol, cairan pemantik api, petasan, suar, kembang api, dan masih banyak lagi. Benda ini tidak boleh kamu bawa baik di bagasi maupun kabin.

9. Benda dengan Bau Tajam

Selain itu produk yang memiliki bau yang tajam pun dilarang dibawa ke dalam pesawat. Beberapa benda berbau tajam ini diantaranya adalah terasi udang, petis udang, durian, dan berbagai produk lain yang mengeluarkan bau tajam.

Jika kamu ingin membawa produk tersebut maka kamu dapat menyimpannya di dalam koper travelling kamu pada bagasi pesawat. Jangan lupa untuk dibungkus berlapis-lapis agar baunya tidak keluar dan mengontaminasi benda lain di sekitar koper travelling kamu.

10. Tanaman Hidup dan Produk Tanaman

Barang yang tidak boleh masuk bagasi pesawat yang terakhir yaitu tanaman hidup dan produk tanaman. Hal ini berlaku bahkan untuk tanaman yang memiliki sertifikasi fitosanitari dari otoritas yang berwenang.

Jika kamu ingin membawa tanaman ke tempat tujuan, sebaiknya kamu mengirimkannya melalui kargo atau menggunakan jasa ekspedisi khusus.

Tidur Berkualitas di Bobobox

Tidur Berkualitas di Bobobox

Sudah tahukan barang apa saja yang tidak boleh kamu bawa di dalam bagasi! Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh agar kamu tetap prima saat melakukan perjalanan. Persiapkan fisik kamu dengan baik salah satunya dengan memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan istirahat.

Kamu bisa mengistirahatkan tubuh kamu dengan mendapatkan tidur yang berkualitas di akomodasi yang nyaman seperti Bobobox. Bobobox hadir di beberapa kota dengan harga yang terjangkau. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul pilihan kamu!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles