Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kolam Susu di Lagu Koes Plus Ternyata Sungguhan Ada di Atambua!

Jelajahi keindahan Kolam Susu di Ujung NTT sembari memutar lagu Koes Plus.

Kolam Susu yang ada di dalam lirik lagu Koes Plus bukan hanya sekedar hayalan. Kamu bisa menemukan Kolam Susu ini di wilayah Indonesia Timur dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Siapa kira selain Raja Ampat masih banyak destinasi wisata yang mungkin kamu tidak ketahui berada di wilyah Indonesia Timur.

Atambua merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur atau NTT dan menjadi salah satu destinasi yang patut kamu kujungi saat singgah di wilayah Indonesia Timur.Belu dikenal memiliki pemandangan indah sehingga menjadi objek wisata yang diburu traveller lokal dan mancanegara. Salah satu destinasi populer di Atambua adalah destinasi Kolam Susu yang dikenal warga setempat dengan nama kolam susu.

kolam susu
@mongabay.co.id

Sejarah di Balik Kolam Susu, Atambua

Atambua kaya akan budaya, sejarah, dan memiliki banyak pemandangan indah yang banyak diburu wisatawan. Banyak orang mengunjungi Kolam Susu ini untuk sekedar rekreasi bersama teman atau keluarga dan juga untuk memancing.

Tempat wisata ini dikenal masyarakat memiliki banyak cerita legenda. Menurut cerita, pada zaman dahaulu terdapat tujuh bidadari yang singgah ke Kolam Susu ini untuk membersihkan diri. Bidadari tersebut merupakan utusan Raja Lifao dari Oecusse. Raja Lifao sengaja mengirim nyamuk untuk mengganggu bidadari saat tertidur.

Karena gangguan tersebut, para bidadari akhirnya tetap terjaga sehingga tidak dimangsa oleh pembantu raja. Karena legenda itu masyarakat kemudian menamakannya dengan Kolam Susuk yang memiliki arti sarang nyamuk. Kolam Susu ini memiliki pemandangan menakjubkan dan memiliki air yang jernih. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang tertarik dengan destinasi wisata ini.

Danau itu terbentuk secara alami dengan tanahnya yang berwarna putih. Inilah alasan mengapa air danau terlihat seperti susu. Saat air danau terkena sinar matahari maka air akan memantulkan cahaya yang berwarna putih seperti susu. Danau ini pun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari dengan menangkap ikan, udang, hingga kepiting.

Koes Plus dan Kolam Susu

kolam susu
@travel.detik.com

Jika kita meilihat sejarah, tempat wisata ini mulai dikenal banyak orang melalui sebuah lagu yang dipopulerkan oleh band legendaris, Koes Plus. Lagu itu terinspirasi oleh Koes Plus setelah kunjungan mereka pada 1971 dengan melakukan perjalanan dari Kupang menuju Dili.

Melihat keindahan yang indah dan keunikan kolam tersebut, Yon Koeswoyo, salah satu personelnya pun takjub. Ia pun kemudian mengabadikan kolam itu dengan menciptakan sebuah lagu yang populer sampai sekarang dengan judul “Kolam Susu”.

Sebagai tanda mata pada masyarakat Kabupaten Belu, Koes Plus bahkan menyumbangkan sebuah sekolah dasar (SD) yang dibangun di tepian kolam tersebut. Selain diabadikan di dalam sebuah lagu, danau ini pun diabadikan dalam film juga, lho. Danau ini pernah menjadi lokasi syuting film dengan judul “Tanah Air Beta” dan dalam film berjudul “Atambua 39°C”.

Lokasi Kolam Susu, Atambua

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke danau ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari Atambua. Kolam Susu ini terletak di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Keindahan alam dan tempat wisata di Indonesia memang tidak diragukan.

Kelilingi Indonesia dan temukan keindahan di dalamnya! Kini Bobobox, hotel berkonsep kapsul unik, sudah di buka di beberapa kota di Indonesia. Kamu tidak perlu lagi ragu untuk mulai menjelahi Indonesia dimulai dari kota-kota yang bisa kamu jangkau. Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk informasi lebih lengkap mengenai Bobobox.

Bobobox rules

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.