Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hobi Berenang? Kamu Harus Coba Berenang di Kolam Renang Terdalam di Dunia!

Pemegang rekor dunia baru!

Bobobox.co.id — Berenang adalah salah satu olahraga yang menjadi hobi banyak orang. Pasalnya, kolam renang sendiri relatif mudah ditemukan di kota tempat tinggalmu dan banyak yang dipatok dengan harga terjangkau.

Namun, bagi kamu yang hobi berenang, kamu mungkin terkadang merasa bosan dengan kolam renang yang itu-itu saja. Tak heran jika kamu tertarik untuk mencari kolam renang terdalam yang ada untuk tantangan baru.

Indonesia sendiri memiliki salah satu kolam terdalam di dunia. Kolam renang tersebut adalah Tribuana Dive Center yang bersebelahan dengan Kolam Renang Tirta Yudha di Jl. RA Fadillah, Cijantung, Jakarta Timur.

Kolam renang di Jakarta tersebut ‘hanya’ memilki kedalaman 16 meter saja. Nah, jika dirasa kurang, kamu bisa mengunjungi kolam yang disebut-sebut sebagai kolam renang terdalam di dunia yang berada di Polandia.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal kolam renang terdalam di dunia tersebut, berikut ini merupakan hal-hal yang wajib ketahui dari kolam renang yang masuk ke rekor dunia Guinness.

Awalnya Direncanakan Buka pada Musim Gugur Tahun 2019

Informasi pertama dari kolam renang terdalam di dunia ini adalah soal rencana pembukaannya. Deepspot, nama dari kolam terdalam di dunia ini, awalnya direncanakan bakal dibuka pada September 2019.

Rencana tersebut awalnya dilansir dari laman resmi DeepspotNamun, hal tersebut urung terlaksana dengan alasan yang belum diketahui lebih lanjut soal pembatalan dari pembukaan kolam renang terdalam di dunia ini.

Walaupun begitu, akhirnya Deepspot diresmikan pada tanggal 23 November 2020. Bisa dibilang Deepspot ini benar-benar baru dibuka untuk umum karena hanya baru beberapa hari yang lalu resmi dibuka.

Tak seperti kebanyakan kolam renang biasa yang ditutup akibat penyebaran virus corona, Deepspot tetap buka kok. Hal ini karena kolam renang terdalam di dunia ini adalah pusat pelatihan yang menawarkan kursus diving.

via deeperblue.com

Memiliki Kedalaman 45,5 Meter

Informasi selanjutnya adalah soal kedalaman dari Deepspot. Deepsbot memiliki kedalaman 45,5 meter. Dengan kedalaman tersebut, mungkin kamu mengira bahwa tempat ini ditujukan untuk profesional saja.

Namun, hal tersebut tidaklah benar. Kolam renang terdalam di dunia ini tidak ditujukan untuk profesional saja. Bagi kamu yang terbilang pemula, kamu boleh kok untuk menjelajah kolam renang di Mszczonow, Polandia.

Deepspot pun tak hanya menawarkan kolam renang terdalam saja. Kolam renang ini didesain sedemikian rupa agar mampu menarik perhatian pengunjung untuk betah berlama-lama di kolam ini.

Beberapa di antaranya adalah gua bawah air dan reruntuhan Maya buatan yang bisa dijelajah. Bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman berenang sekaligus diving yang tak akan terlupakan di sini.

via kafkadesk.org

Menggeser Rekor yang Dipegang oleh Y-40 Deep Joy

Sebelum dipecahkan oleh Deepspot, rekor kolam renang terdalam di dunia dipegang oleh Y-40 Deep Joy. Kolam renang yang berada di Motehrotto Terme, Italia memiliki kedalaman mencapai 42 meter.

Rekor yang dipegang oleh Y-40 Deep Joy sendiri bertahan hampir selama enam tahun. Y-40 Deep Joy berhasil merengkuh rekor kolam terdalam di dunia pada tanggal 5 Juni 2014 saat pembukaan kolam tersebut.

Y-40 Deep Joy berhasil mematahkan rekor yang awalnya dipegang oleh Nemo 33 sebagai kolam renang terdalam di dunia. Nemo 33 yang berada di Kota Brussels, Belgia hanya memiliki kedalaman 34,5 meter saja.

Walaupun hanya berjarak tiga meter lebih untuk mencapai rekor dunia baru, rekor baru tetaplah sebuah rekor. Deepspot kini menjadi pemegang rekor dunia Guiness sebagai kolam renang terdalam di dunia terbaru.

kolam renang terdalam di dunia
via amusingplanet.com

Membutuhkan Biaya yang Cukup Besar

Dengan fasilitas yang dimiliki saat ini, jangan heran jika butuh biaya yang super besar untuk membangun Deepspot. Kolam renang terdalam di dunia ini sendiri menelan biaya pembangunan mencapai 10,6 juta Dollar US.

Biaya tersebut cukup beralasan. Misalkan saja, Deepspot harus diperkuat dengan 1.100 ton baja untuk struktur bangunannya. Hal ini ditujukan agar struktur dari kolam renangnya bisa bertahan.

Volume air yang ada pada kolam renang terdalam di dunia ini bisa membuatmu tercengang. Pasalnya, Deepspot akan diisi dengan 8.000 meter kubik air atau setara dengan 27 kolam renang ukuran Olimpiade.

Selain itu, fasilitas lainnya yang tak kalah memakan biaya yang tak sedikit adalah terowongan bawah air transparan. Terowongan ini dibangun untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung yang datang.

via kafkadesk.org

Tak Hanya untuk Pemula Saja

Dengan kedalaman mencapai 45,5 meter, kolam renang ini nyatanya ditujukan tak hanya untuk pemula saja tetapi juga untuk profesional. Bahkan, para pemula yang datang di awal-awal masa pembukaan merasa senang dengan kolam ini.

Jerzy Nowacki, seorang petugas kehutanan, mengatakan bahwa pengalaman diving di Deepspot merupakan momen pertama kalinya di mana saat ia turun sejauh lima meter dan masih bisa melihat dasar dari kolam.

Selain itu, seorang instruktur selam bernama Przemyslaw Kacprzak pun mengakui hal yang sama. Ia berujar bahwa Deepspot menjadi tempat yang tepat untuk belajar dan berlatih menyelam bagi pemula.

Selain menawarkan kedalaman yang begitu dalam, Deepspot pun berencana untuk membangun sebuah hotel. Hotel tersebut nantinya berada di kedalaman lima meter di mana tamu dapat menonton penyelam.

AFP/Wojtek Radwanski via thejakartapost.com

Rekor Kolam Renang Terdalam di Dunia Kemungkinan Beralih di Tahun 2021

Seperti yang disinggung sebelumnya, awal tujuan dari pembangunan Deepspot sendiri untuk bisa mengalahkan rekor yang dipegang oleh Y-40 Deep Joy. Y-40 Deep Joy sendiri berada di Motehrotto Terme, Italia.

Rekor kolam renang terdalam di dunia yang dipegang oleh Y-40 Deep Joy sendiri adalah 42 meter. Hal tersebut tentunya berhasil dipecahkan oleh Deepspot dengan kedalaman mencapai 45,5 meter.

Namun, rekor tersebut tidak akan bertahan terlalu lama. Pasalnya, saat ini sendiri, calon pemegang rekor kolam renang terdalam di dunia sedang dibangun di kawasan Colchester, Inggris bernama Blue Abyss.

Blue Abyss sendiri memiliki kedalaman 50 meter. Bahkan, menurut pendiri Blue Abyss, John Vickers, ia mengharapkan bahwa kolam renang miliknya tersebut mampu melampaui batasan yang ada.

Dengan kata lain, ia juga berharap bahwa Blue Abyss menjadi inspirasi di masa yang akan datang. Soal pembukaannya, Blue Abyss direncanakan untuk dibuka untuk umum pada musim semi tahun 2021.

Blue Abyss via engadget.com

Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Setelah menikmati liburan di waterboom yang menguras tenagamu dan keluarga kecilmu, pastinya kamu membutuhkan akomodasi penginapan yang tepat guna mengisi kembali energi yang telah habis barusan.

Nah, Bob mempunyai satu akomodasi penginapan yang sesuai dengan kriteria tersebut yakni Bobobox. Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas-fasilitas keren bagi para pengunjung yang menginap di Bobobox.

Pemesanan tiap podnya sendiri terbilang mudah dan praktis. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox yang bisa diunduh secara gratis oleh pengguna Android dan iOS melalui link ini.

Bobobox Pods Kebayoran Baru

You might also like