khasiat susu kedelai

Nikmat dan Menyehatkan! Ini Dia Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali khasiat susu kedelai. Selain plant based milk seperti almon dan oat, susu kedelai kerap menjadi alternatif orang yang tidak bisa minum susu sapi.

Khasiat susu kedelai yang paling terasa tentunya bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Namun, masih ada khasiat susu kedelai lain yang bisa kamu dapatkan. Apa saja ya kira-kira? Simak terus di sini ya.

Apa itu susu kedelai?

khasiat susu kedelai

Photo by Thomas Kinto on Unsplash

Biasanya, susu kedelai dibuat dengan cara merendam kedelai dalam air semalaman. Kemudian, kacang yang sudah direndam digiling sambil ditambahkan air.

Air yang dihasilkan kemudian direbus dan diaduk untuk meningkatkan nilai gizi susu dan meningkatkan rasa. Pemanasan juga meningkatkan usia simpan susu dengan mengurangi beban mikroba.

Susu yang dipanaskan kemudian disaring melalui kain atau kantong nilon untuk memisahkan residu serat yang tidak terurai dari susu kedelai.

Susu kedelai yang dihasilkan kemudian dapat diberi rasa, dipasteurisasi, dihomogenisasi, atau disterilkan sebelum dikemas.

Karena berasal dari tumbuhan, susu kedelai secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa.

BACA JUGA: Mual Setelah Minum Susu? Yuk Kenali Apa Itu Intoleransi Laktosa

Berikut adalah nutrisi yang ada dalam satu gelas susu kedelai pada umumnya:

Kalori: 80

Lemak: 4 gram

Lemak jenuh: 0,5 gram

Karbohidrat: 3 gram

Serat: 2 gram

Gula: 1 gram

Protein: 7 gram

Nah, setelah mengetahui apa itu susu kedelai dan kandungan apa saja yang ada di dalamnya, sekarang saatnya kamu mencari tahu khasiat susu kedelai.

Khasiat susu kedelai: baik untuk otak

khasiat susu kedelai

Photo by Kitera Dent on Unsplash

Jika kamu ingin pintar, kesehatan otak juga perlu untuk dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Nah, kamu juga bisa mendapatkan lemak sehat yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh ini dari khasiat susu kedelai.

Selain itu, menurut situs WebMD, asam lemak omega-3 bisa mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer.
Kedelai secara umum adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani terbaik. Namun, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk khasiat susu kedelai terhadap kedua penyakit tadi.

Membantu kesehatan jantung

khasiat susu kedelai

Photo by Pin Adventure Map on Unsplash

Kesehatan jantung wajib untuk dijaga. Pasalnya, penyakit jantung adalah salah satu pembunuh paling banyak di dunia.
Nah, khasiat susu kedelai bisa kamu dapatkan untuk membuat jantung tetap sehat.

Pasalnya, susu kedelai bisa membantu sistem kardiovaskular karena kandungan potasium yang sangat baik yang ada di dalamnya.

Selain itu, isoflavon yang ada dalam khasiat susu kedelai juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, negara yang mengonsumsi makanan kaya isoflavon seperti di Cina dan Jepang, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Ini jika dibandingkan dengan negara lain yang makan lebih sedikit sayuran dan lebih banyak daging.

BACA JUGA: Rekomendasi Susu Yang Aman Bagi Pengidap Diabetes

Bisa membantu membangun otot

khasiat susu kedelai

Photo by Karsten Winegeart on Unsplash

Tidak seperti kebanyakan protein nabati lainnya, kedelai adalah sumber protein lengkap dan khasiat susu kedelai juga termasuk.
Khasiat susu kedelai, protein kedelai secara umum, mengandung semua asam amino penting yang tidak dapat dibuat dan dibutuhkan tubuh dari makanan.

Asam amino memiliki peran dalam sintesis protein otot, khususnya asam amino rantai cabang. Asam tersebut mengaktifkan jalur tertentu yang mendorong sintesis protein otot dan membantu membangun otot.

Meskipun protein kedelai yang ada dalam khasiat susu kedelai merupakan sumber protein yang lengkap dan bisa membantu pembentukan otot, khasiatnya tidak sebaik protein whey.

Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi khasiat susu kedelai karena secara keseluruhan, kedelai aman bagi kebanyakan orang. Selain itu, ada juga manfaat kesehatan lain yang bsia didapatkan.

Bisa membantu mencegah osteoporosis

khasiat susu kedelai

Photo by Nino Liverani on Unsplash

Menurut situs WebMD, mencegah osteoporosis juga merupakan salah satu khasiat susu kedelai, terutama bagi perempuan.

Pasalnya, perempuan lebih rentan untuk terkena osteoporosis yang membuat tulang lemah dan rapuh terutama setelah menopause.

Hal ini terjadi karena perempuan pada umumnya memproduksi lebih sedikit estrogen, hormone yang berfungsi sebagai pelindung dari pengeroposan tulang.

Sebagai jaringan hidup, tulang terus-menerus rusak dan dibangun kembali, dan hormon estrogen membantu menjaga kedua proses ini relatif seimbang untuk mempertahankan massa tulang.

Nah, mengonsumsi banyak protein dari kedelai adalah salah satu cara untuk mencegahnya. Khasiat susu kedelai ini juga bisa didapatkan dari makanan berbahan dasar kedelai lain yang mengandung isoflavon.

Isoflavon memiliki struktur dan fungsi yang mirip dengan estrogen dan bisa didapatkan dari khasiat susu kedelai.

BACA JUGA: Sempat Viral Dan Ramai Diborong, Ini Dia 10 Manfaat Susu Bear Brand

Mengurangi gejala menopause bagi perempuan

khasiat susu kedelai

Photo by Oana Cristina on Unsplash

Selain baik bagi kesehatan jantung dan mencegah osteoporosis, khasiat susu kedelai terutama kandung isoflavon juga bisa mengurangi gejala menopause.

Menopause disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon seks dalam tubuh. Hal ini terjadi seiring bertambahnya usia.

Menopause terjadi saat ovarium berhenti memproduksi hormon estrogen dan tidak lagi melepaskan sel telur setiap bulan.

Itulah mengapa susu kedelai sangat direkomendasikan untuk perempuan. Isoflavon bisa menjadi suplemen mirip estrogen yang baik bagi tubuh.

Apakah susu kedelai cocok untuk kamu?

Ketika membandingkan semua susu pengganti seperti almon dan oat, secara umum khasiat susu kedelai adalah yang paling mirip dengan susu sapi rendah lemak.

Selain manfaat susu kedelai di atas, minuman pengganti susu sapi ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi tubuh.

Contohnya, vitamin B yang ada dalam khasiat susu kedelai penting untuk membantu tubuh menjaga sel-sel saraf dan DNA.

Meskipun begitu, kamu harus tetap hati-hati untuk bisa mendapatkan khasiat susu kedelai yang maksimal. Pilih sebisa mungkin yang alami dan tanpa mengandung gula tambahan.

Dengan demikian, manfaatnya bisa kamu serap secara maksimal. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Waspada, Ini 3 Bahaya Es Kopi Susu Yang Mengintaimu!

Lagi cari tempat menginap yang nggak biasa? Di Bobobox aja!

Salah satu hal yang penting saat liburan adalah penginapan. Kamu enggak mau kan tidur di tempat yang biasa-biasa aja? Untung ada Bobobox.

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles