khasiat kunyit untuk kesehatan

Ini Dia Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuhmu. Salah Satunya dapat Melawan Infeksi Lho!

Kunyit adalah rempah yang sering digunakan sebagai bahan makanan baik untuk pewarna maupun rasa. Di samping itu, khasiat kunyit untuk kesehatan ternyata sangat banyak lho. Berbagai penelitian bahkan dilakukan untuk mencari tahu manfaatnya. Penasaran dengan khasiat kunyit untuk kesehatan? Simak terus di sini ya.

Meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh

khasiat kunyit untuk kesehatan

Photo by Eli DeFaria on Unsplash

Radikal bebas merupakan istilah untuk sel-sel rusak penyebab kondisi negatif pada tubuh. Sel-sel tersebut dapat merusak sel lain dan DNA yang menjadi sumber penyakit.

Pada dasarnya, radikal bebas adalah proses alami pada tubuh. Akan tetapi, sel ini harus diimbangi dengan antioksidan. Nah, khasiat kunyit untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Kandungan kurkumin dalam kunyitlah yang mampu menetralkan radikal bebas tersebut.

Khasiat kunyit untuk kesehatan: meningkatkan kemampuan otak

Photo by Glen Carrie on Unsplash

Banyak penyakit otak yang menyerang dikaitkan dengan kurangnya hormon brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Hormon tersebut merupakan hormon yang membantu pertumbuhan otak. Penyakit-penyakit seperti Alzheimer, depresi dan penyakit otak lain diduga diakibatkan oleh kurangnya hormon ini.

Menurut situs Healthline, khasiat kunyit untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan hormon BDNF. Kandungan kurkumin dalam kunyit dinilai bisa memperlambat bahkan menyembuhkan penyakit otak. Kunyit juga bisa meningkatkan kemampuan memori dan membuat kamu semakin pintar.

10 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Patut Kamu Ketahui

Mengurangi resiko penyakit jantung

Photo by Ryan ‘O’ Niel on Unsplash

Menurut World Health Organization, penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia adalah penyakit Jantung. Meskipun telah dilakukan penelitian yang banyak, tidak ditemukan faktor tunggal penyebab penyakit jantung. Ada banyak hal yang berkontribusi dari serangan jantung.

Menurut jurnal yang diterbitkan di National Library of Medicine, kandungan kurkumin pada kunyit bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Khasiat kunyit untuk kesehatan ini dinilai mampu meningkatkan fungsi endotel, yaitu sel lapisan pembuluh darah.

Umum diketahui bahwa disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung. Hal ini diakibatkan oleh ketidakmampuan endotel untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Khasiat kunyit untuk kesehatan dalam melawan infeksi

Photo by Matteo Fusco on Unsplash

Khasiat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah untuk melawan peradangan. Dalam kadar yang kecil, peradangan dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Tanpa peradangan, batkeri di dalam tubuh akan lebih mudah untuk menyerang badan.

Akan tetapi, peradangan sudah semakin parah, hal ini justru berbahaya bagi tubuh. Nah, jika sudah demikian zat anti-radang sangat dibutuhkan. Kurkumin memiliki zat anti-radang yang sangat kuat. Menurut beberapa penelitian yang ditulis di artikel Healthline, zat anti-radang pada kunyit memiliki efek yang setara dengan obat anti-radang.

Khasiat kunyit untuk kesehatan sebagai antidepresan alami

Photo by Kristina Tripkovic on Unsplash

Selain untuk kesehatan fisik, khasiat kunyit untuk kesehatan juga bisa untuk mental. Pasalnya, kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit berfungsi sebagai antidepresan alami.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine menguji 60 orang yang mengalami depresi dengan memberikan kurkumin, Prozac, dan keduanya, dengan membaginya ke dalam tiga kelompok. Hasilnya, kurkumin menunjukkan efek yang serupa dengan Prozac.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami gangguan kesehatan mental, khasiat kunyit untuk kesehatan ini bisa kamu pertimbangkan.

Apa Itu Kunyit Putih, Kandungannya Dan 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Khasiat kunyit untuk kesehatan kulit

Photo by Noah Buscher on Unsplash

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kunyit mengandung komponen antioksidan dan anti-radang. Ternyata khasiat kunyit untuk kesehatan ini juga berguna untuk kulit. Dua karakteristik tersebut dapat memberikan kilau pada kulit. Tak hanya sekadar kilau, kunyit juga dapat menyegarkan kulit kamu dengan menonjolkan kilau alami.

Kamu bisa mendapatkan khasiat kunyit untuk kesehatan ini dengan mengolahnya menjadi masker yaitu dengan mencampurkannya dengan yoghurt dan madu. Dalam jumlah kecil dan oleskan ke wajah lalu biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air.

Memiliki sifat antiaging

Photo by Christopher Campbell on Unsplash

Khasiat kunyit untuk kesehatan sangat beragam. Jika kurkumin pada kunyit dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer, khasiat kunyit untuk kesehatan juga memiliki manfaat untuk usia. Untuk alasan ini, kurkumin menjadi sangat populer sebagai suplemen anti penuaan seperti menurut penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine.

Cara mendapatkan khasiat kunyit untuk kesehatan

Photo by Hilary Hahn on Unsplash

Konsumsi 7 Ramuan Herbal Ini Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai khasiat kunyit untuk kesehatan, kurkumin memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan. Akan tetapi, kandungan tersebut tidak terlalu banyak. Hanya ada sekitar 3% kurkumin di setiap gram kunyit.

Oleh karena itu, untuk bisa memaksimalkan khasiat kunyit untuk kesehatan kamu tidak bisa hanya mengonsumsi kunyit saja.

Selain itu, kurkumin juga tidak begitu mudah diserap oleh darah. Untuk meningkatkan penyerapannya, kamu bisa menggabungkan kunyit dengan lada hitam yang mengandung piperine, zat alami yang meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2.000%.

Nah, ada banyak cara untuk mendapatkan khasiat kunyit untuk kesehatan. Kamu bisa membuatnya menjadi minuman atau bahkan masker. Jika kamu menyukai turmeric latte, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

  • 350 ml susu almond (atau susu pilihan kamu)
  • ¼ sendok teh kunyit bubuk
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk
  • ¼ sendok teh jahe bubuk
  • ½ sendok teh ekstrak vanili
  • 1 sendok teh madu
  • Bubuk lada hitam

Cara membuat

Masukkan semua bahan ke dalam panci dan aduk terus dengan api kecil. Kamu bisa menggunakan milk froher (pembuih susu) jika punya. Setelah panas, tuang ke dalam cangkir dan taburi dengan sedikit kayu manis lagi untuk disajikan.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Menjaga kesehatan itu tidak cukup dengan makan makanan sehat, berolahraga, atau minum vitamin lho. Keadaan tubuh kamu juga bisa dipengaruhi oleh mental. Oleh karena itu, di sela-sela sibuknya hari-hari kamu, jangan lupa untuk berlibur ya. Nggak perlu yang mahal. Kamu bisa kok staycation di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka berfoto.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles