Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Banyak Manfaatnya, Coba Konsumsi Rutin untuk Dapatkan 7 Khasiat Ginseng bagi Kesehatan Berikut Ini!

Tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin?

Bobobox.co.id — Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang sudah dikenal akan khasiatnya. Oleh sebab itu pulalah, banyak orang mengonsumsi rutin untuk dapatkan khasiat ginseng bagi kesehatan.

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi rutin ginseng, ada tips yang perlu diperhatikan. Anjuran konsumsi ginseng pada umumnya sekitar 100 sampai 200 mg dalam bentuk kapsul ataupun teh.

Konsumsilah sebanyak tiga kali dalam seminggu di pagi hari. Jangan sampai terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan beberapa efek samping seperti sakit perut, reaksi alergi, dan sakit kepala.

Jika kamu mengonsumsinya dengan benar, maka kamu akan mendapatkan setidaknya tujuh khasiat ginseng bagi kesehatan di bawah ini. Tertarik untuk mengonsumsi ginseng secara rutin?

Berikut adalah Khasiat Ginseng bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat ginseng bagi kesehatan pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Pada situasi seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh adalah sebuah kewajiban karena sebagai benteng terakhir tubuh.

Ginseng sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena berbagai kandungan yang ada dalam ginseng. Beberapa di antaranya antara lain kandungan antialergi, antioksidan, dan antimikroba.

Hal tersebut yang menjadikan khasiat ginseng bagi kesehatan adalah menguatnya daya tahan tubuh. Tubuh pun akhirnya mampu melawan berbagai jenis infeksi bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit.

Tak hanya itu, ginseng pun dapat mendukung serta mempercepat proses pemulihan tubuh. Untuk itu, mengonsumsi ginseng bisa jadi opsi yang bisa kamu pilih ketika kamu sedang sakit flu dan pilek.

Mencegah flu dan pilek khasiat ginseng bagi kesehatan
Mencegah flu dan pilek via pexels.com/@olly

2. Mengurangi Stres

Jika kamu sedang merasa stres akibat kerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk, cobalah konsumsi ginseng. Pasalnya, khasiat ginseng bagi kesehatan berikutnya adalah kemampuannya untuk mengurangi stres.

Peran senyawa adaptogen dalam ginseng berperan penting dalam meredakan stres. Senyawa tersebut dapat menggangu kadar hormon yang dihasilkan oleh tubuh saat seseorang mengalami stres.

Dengan begitu, kadar hormon dalam tubuh pun akan menurun. Saat kadar tubuh menurun, senyawa tersebut juga membantu tubuh dalam menciptakan suasana hati atau mood yang lebih baik.

Oleh karena itu juga, tak perlu ragu untuk mengonsumsi ginseng jika kamu sedang merasa stres atau cemas. Khasiat ginseng bagi kesehatan ini sudah terbukti untuk membuat suasana hati lebih baik.

Mengurangi stres khasiat ginseng bagi kesehatan
Mengurangi stres via pexels.com/@olly

Baca Juga: Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Kita


3. Mengurangi Peradangan

Mengurangi peradangan merupakan khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya. Kandungan ginsenosides yang terdapat ginseng ini menjadi ujung tombak dalam mengatasi masalah peradangan.

Kandungan tersebut diketahui memiliki efek antiradang. Efek tersebut sendiri menjadikan ginseng baik dikonsumsi jika seseorang mengalami peradangan atau keluhan tertentu akibat peradangan.

Selain itu, khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya adalah mampu merawat infeksi. Cara yang dilakukan oleh ginseng dalam merawat infeksi tersebut adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat ginseng bagi kesehatan untuk peradangan juga baik untuk saluran cerna. Walaupun begitu, efektivitas dan keamanan untuk pengobatan bagi saluran cerna perlu diteliti lebih lanjut.

Mengurangi Peradangan khasiat ginseng bagi kesehatan
Mengurangi peradangan via specialists.hk

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Faktor penuaan menyebabkan para lansia lebih rentan mengalami penurunan fungsi otak. Salah satu indikasi yang bisa terlihat adalah mudah sekali lupa atau pikun dan juga sulit untuk berkonsentrasi.

Untuk mengurangi risiko yang memungkinkan muncul pada otak, kamu bisa menganjurkan para lansia untuk mengonsumsi ginseng. Khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya adalah meningkatkan fungsi kognitif.

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak ginseng kaya akan antioksidan dan antiradang. Kedua sifat yang terkandung dalam ginseng berkhasiat untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak.

Tak heran jika ada beberapa khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya berkaitan dengan otak. Beberapa di antaranya adalah melawan radikal bebas, mencegah Alzheimer, demensia, dan gangguan kognitif lainnya.

Meningkatkan fungsi kognitif otak khasiat ginseng bagi kesehatan
Meningkatkan fungsi kognitif otak via unsplash.com/@averey

Baca Juga: Tak Hanya Pedas Dan Sedap, Ini Dia Beragam Manfaat Cabai Jalapenos Untuk Kesehatan Tubuhmu!


5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan diri bisa saja dialami oleh orang dewasa muda seperti generasi milenial. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi ginseng yang memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini.

Khasiat ginseng bagi kesehatan ini berkat kandungan antioksidan dalam ginseng. Kandungan tersebut bisa membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan serta mencegah efek negatif dari radikal bebas.

Ginseng pun mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke dalam sel kulit. Dengan begitu, khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya adalah membantu kulit tampak lebih lembap dan muda.

Dengan manfaat yang disebutkan tadi, tak heran jika salah satu bahan kecantikan adalah ginseng. Pasalnya, manfaatnya yang baik untuk kulit membuat produsen memilih ginseng sebagai salah satu bahan produk kecantikan.

Mencegah penuaan dini khasiat ginseng bagi kesehatan
Mencegah penuaan dini via unsplash.com/@speckfechta

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya adalah mengontrol kadar gula darah. Dengan terkontrolnya gula darah, hal tersebut menjadikan risiko diabetes pun berkurang bagi kamu yang konsumsi ginseng secara rutin.

Sebenarnya, tak hanya mengontrol kadar gula darah saja. Khasiat ginseng bagi kesehatan lainnya adalah mampu membantu dalam menurunkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh.

Kandungan senyawa ginsenoside berperan penting dalam hal ini. Senyawa tersebut dapat memengaruhi kadar insulin dalam tubuh seseorang dan juga mampu meningkatkan resistensi insulin.

Namun, ada baiknya jika konsultasikan terlebih dahulu ke dokter bagi penderita diabetes. Jika kamu sudah mengonsumsi obat anti diabetes, bisa saja kamu tidak perlu lagi mengonsumsi ginseng.

Mengontrol kadar gula darah khasiat ginseng bagi kesehatan
Mengontrol kadar gula darah via pexels.com/@wdnet

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan Tubuhmu!


7. Melawan Sel Kanker

Khasiat ginseng bagi kesehatan terakhir di daftar Bob kali ini adalah melawan sel kanker. Senyawa ginsenoside lagi-lagi berperan penting untuk kesehatan. Kali ini, ‘sasarannya’ adalah sel kanker.

Senyawa ginsenoside tersebut memiliki sifat anti tumor. Sifat tersebutlah yang menjadikan ginseng memiliki manfaat untuk kesehatan yakni mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ginseng mampu menurunkan risiko kanker sebanyak 16 persen. Beberapa jenis kanker tersebut antara lain kanker mulut, perut, esofagus, paru-paru, dan hati.

Di samping itu, khasiat ginseng bagi kesehatan adalah mampu meningkatkan kesehatan penderita kanker. Tak hanya itu, ginseng pun mampu mengurangi efek samping yang timbul dari pengobatan kemoterapi.

Melawan Sel Kanker khasiat ginseng bagi kesehatan
Melawan sel kanker via pexels.com/@padrinan

Manjakan Dirimu dengan Menginap di Bobobox

Stres dengan kerjaan yang menumpuk? Coba manjakan dirimu dengan menginap di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang bisa membuatmu melupakan penat yang ada di pikiranmu.

Untuk itu, tak usah ragu untuk unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan podnya sekarang juga!

You might also like