Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Keuntungan Mengisi Ban Kendaraan dengan Nitrogen

Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengisi ban dengan nitrogen

Bobobox.co.id — Ban menjadi salah satu elemen penting sebuah kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Pasanya, kendaraan tidak akan bisa bergerak maju tanpa kehadiran ban pada kendaraan tersebut.

Saat kurang angin, kebanyakan dari kita seringkali mengisi angin ban di tempat tambal ban di pinggir jalan. Walaupun terbilang murah, ban kendaraanmu sendiri sebenarnya lebih dianjurkan untuk diisi dengan nitrogen.

Mengisi ban dengan nitrogen nyatanya memiliki manfaat yang bisa dirasakan langsung baik itu dalam jangka pendek maupun panjang. Manfaat yang dirasakan tentu tidak akan didapat dari angin biasa di tempat tambal pinggir jalan.

Nah, berikut ini merupakan tujuh manfaat atau keuntungan saat kamu memutuskan untuk mengisi ban kendaraan milikmu dengan nitrogen alih-alih mengisinya dengan angin biasa.

Tarikan Gas Lebih Ringan

Keuntungan pertama yang bisa didapat dari mengisi ban kendaraan dengan nitrogen adalah  tarikan gas kendaraanmu nantinya jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan angin biasa.

Hal tersebut terjadi karena molekul nitrogen yang besar, padat, dan mudah dalam mengisi ruang yang membuat bentuk ban saat terisi oleh nitrogen akan berada dalam keadaan maksimal saat digunakan.

Selain itu, nitrogen menawarkan fitur pengisian yang lebih sempurna daripada angin biasa. Walaupun nantinya bentuk ban kendaraan sudah sempurna, ban yang tidak terlalu keras membuat tarikan akan lebih ringan.

Bagi kamu yang senang dengan tarikan gas motor yang lebih ringan, pastinya mengisi ban dengan nitrogen menjadi salah satu hal yang Bob sangat direkomendasikan untuk motor yang biasa kamu gunakan sehari-harinya.

Tekanan Ban Lebih Stabil

Salah satu kekurangan dari pengisian angin biasa di pinggir jalan adalah tidak stabilnya hasil angin yang diberikan oleh angin biasa ini. Hal ini tentu menjadi masalah besar saat kamu menggunakan kendaraan untuk perjalanan jauh.

Tekanan angin di dalam sendiri dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan ini biasanya terjadi dipengaruhi oleh faktor tertentu. Salah satunya adalah suhu. Pada titik suhu tertentu, ban bisa mudah kempis atau meletus.

Masalah tersebut tidak akan terjadi terhadap kendaraan yang kamu kendarai jika kamu mengisi ban kendaraanmu tersebut dengan gas nitrogen. Jadi, kamu tetap aman untuk melakukan perjalanan jauh.

Nitrogen sendiri termasuk unsur yang memiliki sifat yang stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh perubahan kondisi lingkungan di sekitarnya, Oleh karenanya, mengisi ban dengan nitrogen membuat tekanan dalam ban lebih stabil.

Lebih Tahan Lama

Sebelumnya, Bob sudah menerangkan bahwa nitrogen memberikan kestabilan untuk tekanan ban kendaraan yang kamu miliki. Tekanan ban yang stabil ini tentunya akan membuat ban kendaraanmu jauh lebih tahan lama dan awet.

Hal tersebut memberi indikasi bahwa nitrogen yang ada di dalam ban kendaraanmu akan memberikan keuntungan yang lumayan signifikan. Apalagi kita sekarang ini yang tinggal di Indonesia yang termasuk negara tropis.

Keuntungannya adalah kamu tidak perlu sering-sering mengisi ulang angin ban. Suhu tropis sendiri bisa menurunkan tekanan ban dalam waktu singkat jika hanya diisi dengan angin biasa saja.

Kelebihan nitrogen yang lebih awet ini membuatmu tidak perlu repot lagi dalam mengisi ulang angin ban dalam waktu yang relatif singkat dan cepat seperti saat mengisi dengan angin oksigen biasa saja.

Dijamin Anti Air

Genangan air biasanya menjadi salah satu musuh utama saat berkendara. Bagaimana tidak selama musim hujan, banyak kecelakaan yang terjadi akibat genangan air di jalan yang membuat ban slip.

Air pun tidak hanya bisa menjadi salah satu penyebab ban slip. Karat pada velg biasa terjadi akibat adanya reaksi yang ditimbulkan oleh air. Nah, ternyata air ini sendiri bisa datang dari ban kendaraan jika kamu mengisinya dengan angin biasa.

Kandungan angin oksigen biasa menjadi penyebab utamanya. Angin biasa mengandung 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen dan air. Hal tersebut yang nantinya menyebabkan adanya pemuaian massa.

Berbeda halnya dengan nitrogen. Kandungan dari angin nitrogen yang 95 persen nitrogen dan sisanya berupa oksigen memberikan jaminan bahwa velg ban kendaraanmu tidak akan terkena embun air.

Bentuk dan Ukuran Ban Lebih Terjaga

Sifat stabil dan tidak mudah bereaksi yang didapat dari nitrogen memberikan keuntungan lainnya untuk ban kendaraan. Salah satu keuntungannya adalah bentuk dan ukuran ban yang jauh lebih terjaga.

Tekanan angin yang tidak stabil membuat ban menjadi lebih mudah kempis atau mengembang. Jika dibiarkan dalam waktu yang relatif lama, hal tersebut akan mengubah bentuk ban.

Masalah tersebut tidak akan terjadi jika kamu mengisi ban kendaraan yang kamu miliki dengan angin nitrogen. Tekanan ban yang lebih stabil membuat pola ukuran dan bentuk ban menjadi lebih terjaga.

Jika dibandingkan, kamu pastinya setuju bahwa nitrogen memberikan manfaat untuk bentuk dan ukuran ban yang jauh lebih terjaga. Ban yang lebih terjaga membuatmu tidak perlu membeli ban dalam jangka waktu yang relatif cepat.

Handling jadi Lebih Aman

Selain menjadi jauh lebih ringan tarikan gas saat dipacu, kendali atau handling motor pun akan jauh lebih aman dan nyaman apabila kamu mengisi ban motormu dengan angin nitrogen di SPBU atau Bengkel terdekat.

Hal inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh pembalap motor. Beberapa pembalap motor mengklaim bahwa penggunaan nitrogen pada ban memberikan kestabilan saat dikendarai khususnys pada hal kendali.

Hal tersebut disebabkan oleh sifat yang dimiliki oleh nitrogen. Nitrogen memang dikenal lebih tahan lama yang menyebabkan tekanan ban yang lebih stabil dibandingkan angin biasa.

Walaupun kamu bukan seorang pembalap profesional, kondisi ban yang lebih stabil tentu merupakan kondisi yang diinginkan untuk kendaraan yang kamu kendarai sehari-hari.

kendaraan handling

Bahan Bakar jadi Lebih Irit

Keuntungan terakhir yang didapat jika kamu mengisi kendaraan yang kamu miliki dengan nitrogen adalah penggunaan bahan bakar yang lebih. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Seperti yang sudah Bob singgung sebelumnya, nitrogen memiliki ukuran yang besar dan tidak mengandung air sama sekali. Artinya, ban kendaraan yang diisi dengan nitrogen akan mengembang dengan sempurna.

Alhasil, cengkraman ban pun akhirnya menjadi stabil dan permukaan ban dapat menempel dengan sempurna pada aspal jalan. Hal tersebut nantinya akan membuat kerja mesin menjadi lebih ringan yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Menginap dengan Nyaman? Bobobox Ahlinya

Kesulitan dalam mencari penginapan yang nyaman? Sekarang, kamu tidak akan merasakan hal tersebut. Pasalnya, ada Bobobox yang siap memberikan kenyamanan yang kamu ingin saat menginap di sebuah penginapan.

Hotel kapsul ini dilengkapi dengan fasilitas mumpuni yang akan menjaga kualitas tidur yang dibutuhkan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain pod yang luas, lampu LED, dan masih banyak lainnya.

Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.