Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Masih Ragu Menginap di Hotel Kapsul? Ketahui Mitos-Mitos Hotel Kapsul yang Perlu Kita Telusuri Kebenarannya

Kebersihan hingga prvasi

Apa kamu pernah mendengar tentang hotel kapsul? Hotel kapsul ini merupakan salah satu pilihan akomodasi yang terbilang unik, canggih dan praktis. Karena itu, tidak heran jika kini hotel kapsul sudah mulai banyak bermunculan di berbagai destinasi wisata di dunia termasuk di Indonesia.

Hotel kapsul, capsule hotel atau pod hotel merupakan hotel dengan sejumlah kamar kecil berbentuk kapsul yang diposisikan tumpang tindih dan bersisian dalam satu bangunan atau gedung. Kapsul tersebut biasanya dilengkapi dengan tempat tidur, lampu dan jam alarm.

Hotel jenis ini pertama kali dikembangkan di Osaka, Jepang sekitar tahun 1979 dan didesain oleh Koshi Kurokawa. Awalnya hotel tersebut diperuntukkan sebagai penginapan para karyawan kantor dan pekerja kasar Jepang yang lembur atau terlambat pulang karena ketinggalan tranportasi terakhir menuju kediaman mereka.

Hotel kapsul pun kemudian semakin diminati dan menjadi pilihan terutama bagi para solo traveler atau sekelompok orang yang ingin memangkas budget akomodasi mereka saat berwisata. Meski banyak dimintai, tidak sedikit yang masih ragu untuk mencoba jenis penginapan satu ini karena beredarnya mitos-mitos tentang hotel kapsul secara umum? Apa saja mitos hotel kapsul tersebut? Simak di bawah ini!

Sempit

via first-cabin.jp

Salah satu mitos hotel kapsul yang membuat orang-orang ragu untuk menginap adalah ruangannya yang sempit dan pengap. Sesuai dengan namanya, hotel kapsul memang menyediakan penginapan berbentuk kapsul seukuran manusia sehingga ruangan umumnya terbatas untuk satu orang saja. Karena itu, hotel kapsul tidak dianjurkan bagi mereka yang punya fobia terhadap ruangan sempit dan tertutup (klaustrofobia).

Namun, sekarang ini, kamu memiliki lebih banyak pilihan hotel kapsul untuk diinapi. Ada yang khusus pria, khusus wanita, campuran namun berbeda lantai untuk pria dan wanita, dan ada juga hotel yang menyediakan lantai campuran sehingga memudahkan mereka yang berwisata dengan lawan jenis.

Begitu pula dengan ruangan, hotel kapsul yang identik dengan ruang sempit pun kini sudah memiliki banyak perkembangan. Untuk kamu yang ingin mencoba namun khawatir dengan mitos hotel kapsul satu ini, kamu memiliki pilihan pod dengan ruangan yang lebih luas. Meskipun tidak sebesar kamar hotel pada umumnya, pilihan hotel kapsul yang lebih luas bisa mengenyahkan kekhawatiran kamu tentang mitos hotel kapsul yang sempit. Sejumlah hotel bahkan menyediakan double bed dan office capsule.

Tidak Aman

via pheurontay.com

Mitos hotel kapsul lainnya yang ditakutkan orang-orang adalah masalah keamanan terutama barang bawaan. Mengingat hotel kapsul yang identik dengan ruangan kecil, kekhawatiran tersebut tentu tidak bisa diabaikan. Namun, kamu juga tidak perlu khawatir.

Hotel kapsul biasanya akan menyediakan loker untuk kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan tas. Kebanyakan loker memang disediakan untuk carry-on luggage, namun sejumlah hotel kapsul biasanya menyediakan ruang penyimpanan untuk ukuran tas yang lebih besar.

Jika kamu masih khawatir dengan keamanan terutama untuk barang-barang berharga kamu, kamu bisa bernafas lega. Banyak hotel kapsul yang sudah menyediakan safety box untuk menyimpan barang saat kamu sedang tidur atau pergi ke kamar mandi. Selain itu, sejumlah hotel juga kini telah dilengkapi dengan key card dan juga keyless access untuk menjamin keamanan pelanggan.

Tidak Ada Privasi

via japanguide.com

Mitos hotel kapsul lainnya yang mungkin membuat kamu ragu adalah masalah privasi. Hotel kapsul secara general mungkin terlihat seperti kamar asrama yang penuh dengan banyak orang orang asing yang berlalu lalang. Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat mereka akan menyerang area privasi kamu.

Untuk hotel-hotel kapsul konvensional seperti di Jepang, pod biasanya tidak memiliki pintu untuk alasan keamanan seperti saat kebakaran atau gempa bumi. Sebagai gantinya, hotel dilengkapi dengan gorden atau shutter tebal sebagai penutup. Penutup tersebut akan menjamin privasi kamu dan memastikan bahwa orang-orang yang berada di luar tidak akan bisa melihat aktivitas kamu saat di dalam pod.

Namun, hotel kapsul kini tidak hanya ada di Jepang saja. Beberapa negara sudah mencontoh konsep hotel kapsul dan mengembangkannya dengan standar yang mungkin berbeda-beda. Sejumlah hotel kapsul bahkan dilengkapi dengan pintu yang bisa diakses dengan menggunakan key card dan keyless access untuk keamanan dan privasi pengunjung.

Berisik

@cab20cabinhotel via Instagram

Hotel kapsul dengan konsep ruangannnya yang bersisian dan saling tumpang tindih memang membuatnya identik dengan kata berisik. Dinding yang tipis serta gorden sebagai penutup tidak cukup untuk menghalau segala macam suara dari berbagai sumber.

Hal ini tentu menjadi concern bagi kenyamanan para pelanggan. Karena itu, seiring dengan berkembangnya tren hotel kapsul, tidak sedikit hotel kapsul yang sudah didesain soundproof. Selain itu, hotel kapsul juga biasanya memiliki kebijakan quite time atau jam malam yang mengharuskan para pelanggan untuk meminimalisir kegaduhan. Hal ini tentu kembali lagi pada masing-masing pelanggan agar tetap mindful terhadap keberadaan pelanggan lain. Dengan begitu, pelanggan dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Kotor?

Mitos hotel kapsul lainnya yang menjadi concern para pelanggan adalah kebersihan. Banyaknya pelanggan dalam kluster yang sama mungkin membuat banyak orang meragukan kebersihan di hotel kapsul.

Untuk menjaga kebersihan dalam pod, hotel kapsul biasanya memiliki kebijakan pembersihan harian baik untuk pod maupun fasilitas lainnya seperti kamar mandi dan communal area. Dengan begitu, setiap ruangan akan bersih dan nyaman sebelum pelanggan datang. Selain itu, hotel kapsul juga memberlakukan aturan penggunaan sandal yang sudah disediakan pihak hotel kepada para pelanggan. Sementara itu, sepatu yang kamu gunakan bisa disimpan di loker yang umumnya terpisah dari pod.

Aturan ini memang dipraktikkan di hotel-hotel kapsul Jepang dan ikut diterapkan pada hotel-hotel kapsul di negara lainnya. Selain sebagai bentuk budaya, hal ini juga dilakukan untuk alasan kebersihan mengingat sepatu dari luar bisa saja membawa kotoran, kuman dan semacamnya yang akan mengontaminasi pod.

Cuma untuk Backpacker?

Dengan segala kepraktisannya mungkin memunculkan mitos hotel kapsul bahwa pod hanya untuk para backpacker. Tidak juga kok. Kamu memang bisa memangkas budget dengan memilih hotel kapsul sebagai tempat menginap kamu. Namun, bukan berarti hotel kapsul tidak mengedepankan kenyamanan untuk pelanggannya.

Pilihan hotel kapsul sendiri kini sudah beragam, selain bisa menjadi pilihan untuk para backpacker, hotel kapsul juga kini bisa menjadi alternatif untuk sekadar staycation atau penginapan dengan lokasi yang strategis. Meskipun umumnya menawarkan harga yang terjangkau, fasilitas di hotel kapsul bukan berarti asal-asalan.

Hotel kapsul umumnya sudah dilengkapi dengan air conditioner, kasur, bantal, selimut meja kecil, lampu, sandal, kamar mandi bersama, communal area, loker, USB port, sensor asap, televisi, headset, handuk hingga free Wi-Fi. Cukup nyaman bukan untuk harga yang tidak terlalu mahal.

AC di hotel kapsul biasanya menggunakan AC sentral di ruangan luar kapsul yang kemudian dibawa masuk ke dalam pod lewat alat seperti blower. Meski begitu, kamu tetap bisa menyesuaikan suhu dalam pod agar tidak pengap ataupun terlalu dingin.

Tepis Mitos-Mitos Hotel Kapsul Bersama Bobobox

Ingin coba menginap di hotel kapsul, namun masih ragu dengan mitos-mitos hotel kapsulnya? Tepis semua itu dengan menginap di Bobobox. Podnya cukup luas sehingga untuk pilihan dengan double bed, berdua pun tidak akan terasa sempit.

Untuk masalah kemanan dan privasi jangan ditanya. Bobobox merupakan hotel kapsul yang dilengkapi dengan pintu yang bisa dibuka dengan sistem keyless access. Kamu hanya tinggal memindai QR code di aplikasi Bobobox yang akan kamu dapatkan setelah check-in dan kode tersebut akan berbeda tiap orangnya. Eksklusif dan dijamin aman.

Fasilitas dalam pod mungkin terkesan minim namun praktis dan canggih. Kehadirannya sudah pasti untuk memanjakan kamu agar nyaman dan betah berlama-lama. Sebut saja fitur moodlamp yang didesain tidak hanya untuk unsur estetik, namun juga untuk kenyaman terutama saat terlelap sehingga pelanggan tetap mendapatak tidur berkualitas tidur meski jauh dari rumah.

Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox jika kamu sudah siap untuk booking dan merasakan kenyamanan hotel kapsul!

You might also like