Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ketahui Apa Itu Analysis Paralysis, Banyak Analisa Tanpa Langkah Nyata!

Apa itu analysis paralysis? Bersama Bob yuk kita cari jawabannya!

Apa itu analysis paralysis? Pertanyaan ini mungkin terlintas di benak kamu saat membaca judul tulisan ini di atas? Untuk menjawab pertanyaan tentang apa itu analysis paralysis Bob akan menjelaskannya dalam beberapa kategori. Secara singkat, analysis paralysis adalah salah satu kondisi saat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu dalam menganalisa. Seperti yang kamu ketahui, di era teknologi yang serba dinamis ini setiap orang terutama pekerja dituntut untuk dapat bekerja dengan tanggap.

Bekerja dengan cepat dan tepat merupakan salah satu kemampuan dasar yang banyak perusahaan butuhkan saat mencari kandidat pegawai yang perusahaan harapkan. Namun faktanya tidak setiap orang dapat memenuhi kriteria ini salah satunya karena memiliki kesulitan dalam mengambil keputusan.

Kesulitan dalam mengambil keputussan ini bukan berarti seseorang tidak kompeten dalam bidangnya, bisa saja ia terlalu larut dalam pikirannya dan melakukan observasi berlebihan. Kondisi inilah yang menggambarkan apa itu analysis parlysis yang akan Bob jelaskan lebih lengkap seperti berikut ini!

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@punttim via Unsplash

Apa itu Analysis Paralysis dan Apa Hubunganyna dengan Produktivitas?

Apa itu analysis paralysis dan apa hubungannya dengan produktivitas? Salah satu kunci dalam mencapai produktivitas saat bekerja atau melakukan sesuatu adalah terhindar dari stres dan burnout. Kondisi analysis paralysis ini umumnya membuat seseorang secara mental akan mudah stres dan burnout. Saat seseorang terlalu banyak berpikir dan stres maka tak bisa dipungkiri hal ini akan memengaruhi proses bekerja sehingga menjadi terganggu.

Apa Itu Analysis Paralysis: Penyebab Seseorang Terlalu Banyak Menganalisa

Apa itu analysis paralysis dan mengapa kondisi ini bisa terjadi? Terdapat dua penyebab utama mengapa seseorang dapat mengalami hal ini. Kondisi pertama adalah karena seseorang merasa dilema saat dihadapkan dengan lebih dari satu pilihan atau keputusan yang bisa diambil. Kondisi yang kedua adalah karena seseorang terlalu fokus dengan hasil yang sempurna sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berpikir tanpa tindakan yang nyata.

Dalam mengatasi hal ini kamu bisa mencoba untuk untuk benar-benar memahami apa yang sebenarnya kamu ingin raih atau dapatkan. Hal ini akan membantu kamu agar dapat lebih fokus dalam berpikir dan mengambil keputusan. Seseorang bisa jadi  terlalu banyak berpikir karena takut atau khawatir melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Jika demikian maka kamu bisa mencoba untuk tidak terlalu memikirkan hasil yang didapatkan dari pengambilan sebuah keputusan.

Untuk mengurangi rasa kecemasan tersebut, kamu bisa mulai menetapkan deadline dalam setiap pekerjaan yang kamu miliki. Dengan memiliki deadline yang terjadwal dengan baik maka kamu bisa lebih leluasa dalam berpikir dan menyelesaikan sesuatu tanpa merasa terbebani oleh waktu. Saat kamu terlalu banyak menghabiskan waktu berpikir hal ini tidak hanya membuat kamu stres tetapi juga menghambat kamu dalam mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana.

Apa itu analysis paralysis
Netflix via Pop Sugar

Apa Itu Analysis Paralysis: Sering Terjebak dalam Hubungan yang Tidak Kamu Sukai

Apa itu analysis paralysis dan bagaimana kondisi ini memengaruhi hubungan seseorang? Kondisi analysis paralysis ini bukanlah kondisi yang bisa kamu anggap enteng. Kondisi ini tak hanya akan menghambat kamu dalam membangun produktivitas bekerja dan mengambil keputusan tetapi juga menghambat hubungan seseorang. Seperti yang kamu ketahui dalam bersosialisasi kita akan dihadapkan dengan berbagai situasi berbeda yang di antaranya bahkan tak pernah kamu duga.

Dalam membangun sebuah hubungan baik itu keluarga, sahabat, ataupun pasangan, kita membutuhkan apa yang disebut dengan komitmen. Memertahankan komitmen dengan orang-orang di sekeliling kita tentunya bukanlah hal yang mudah terutama jika seseorang memiliki kondisi analysis paralysis ini. Kesulitan dalam mengambil keputusan akan membuat seseorang mudah terjebak dalam hubungan yang seseorang tidak sukai.

Lambannya seseorang dalam berpikir, mengambil keputusan, dan melakukan aksi nyata akan menjadi masalah. Kondisi ini akan menjadi jauh lebih buruk jika seseorang menghadapi situasi tersebut secara sensitif. Salah satu contohnya saat memilih pasangan, mungkin kamu tahu dia bukan orang yang tepat, tetapi di sisi lain kamu berpikir kalian sudah saling mengenal. Kamu tahu segala keburukan yang pasangan kamu miliki, tapi kamu tetap berusaha selalu nyaman dalam hubungan tersebut.

Apa Itu Analysis Paralysis: Kewalahan dengan Pekerjaan Jangka Panjang

Apa itu analysis paralysis dan apakah itu memengaruhi pekerjaan seseorang? Selain menghambat seseorang dalam memertahankan produktivitas kerja, kondisi analysis paralysis ini pun dapat membuat seseorang merasa kesulitan melakukan pekerjaan jangka panjang.

Hal ini bukan dikarenakan ia mengalami masalah dalam hal kreativitas. Bisa jadi ia sebenarnya memiliki banyak ide kreatif. Masalahnya terletak pada jumlah opsi yang tersedia yang membuat ia merasa ragu dan terlalu banyak berpikir. Hal ini kemudian membuat ia cenderung memilih arah yang salah dan terlalu fokus pada detail kecil.

Apa Itu Analysis Paralysis: Kamu Kesulitan untuk Tidur Nyenyak

Apa itu analysis paralysis dan hubungannya dengan kualitas tidur? Saat seseorang menghabiskan waktunya untuk berpikir, meskipun ia sudah lelah sangat besar kemungkinan ia kesulitan untuk tidur. Bayangan akan pekerjaan dan rentetan memori juga masalah yang bercabang dalam pikiran akan membuat seseorang terjaga semalaman dan sulit tidur.

Apa Itu Analysis Paralysis: Kamu Kesulitan Berkomitmen Pada Satu Orang

Apa itu analysis paralysis dan bagaimana kondisi ini memengaruhi seseorang saat bersosialisasi? Kondisi ini selain membuat seseorang seringkali terjebak dalam hubungan yang salah juga membuat seseorang mengalami kesulitan berkomitmen pada satu orang. Hal ini tentunya berbahaya terhadap kesehatan sebuah hubungan karena komitmen merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dalam sebuah hubungan.

Apa Itu Analysis Paralysis: Kamu Terlalu Khawatir tentang Konsekuensi

Apa itu analysis paralysis dan hubungannya dengan konsekuensi? Seseorang yang mengalami kondisi ini cenderung overthinking dan mengalami anxiety yang bisa dibilang cukup parah. Terlalu banyak berpikir dan kekhawatiran yang tinggi ini salah satunya diakibatkan karena ketakutan akan konsekuensi yang harus ia terima saat ia mengambil sebuah keputusan. Tentunya setelah kamu mengetahui seberapa tinggi konsekuensi yang mungkin timbul membuat kamu berpikir lama. Namun kamu harus tenang dan mencoba berpikir perlahan agar kamu bisa bijaksana mengambil keputusan.

Apa Itu Analysis Paralysis: Coba Lakukan Meditasi

Untuk menjawab pertanyaan apa itu analysis paralysis dan bagaimana solusi dalam menanganinya kamu bisa coba meditasi. Selain itu penuhi kebutuhan kamu beristirahat dengan menyiapkan suasana yang tenang. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan cara tempat istirahat alternatif, seperti di Bobobox.

Teknologi kekinian yang memudahkan seperti kunci kamar QR code dan pemesanan kamar melalui aplikasi adalah contohnya. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir tidak nyaman saat menginap di Bobobox. Kasur king size-nya dijamin bikin tidur kamu lelap tanpa gangguan. Semoga informasi mengenai apa itu analysis paralysis dapat membantu kamu ya! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like