Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ayo Jaga Kesehatan Jantung secara Efektif dengan 7 Tips Berikut!

Tips simpel nan efektif buat menjaga kesehatan jantung kamu!

Sebagai titipan dari Tuhan, kesehatan tubuh kita perlu dirawat dengan baik. Kalau kita sakit, tentunya ngapa-ngapain pun jadi sulit dong! Beraktivitas lebih seru saat tubuh kita sehat. Apalagi di kondisi seperti sekarang, ada banyak penyakit yang siap mengancam tubuh kita. Dari COVID-19 hingga risiko penyakit jantung, duh, kita harus mempersiapkan fisik dan mental untuk melawan ancaman bagi kesehatan kita deh!

Nah, bicara soal penyakit jantung, kita tentunya sudah nggak asing mendengar penyakit ini. Ngerinya lagi, siapa pun berisiko mengalami penyakit jantung. Kasus meninggal akibat penyakit ini pun jumlahnya nggak bisa kita sepelekan. Menurut Halodoc, ada beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok, dan kurangnya olahraga. Selain itu, penyakit jantung juga bisa merupakan turunan.

kesehatan jantung
Sumber: Complete Care

Baca Juga: Yuk Pelajari Apa itu CPR, Pertolongan Pertama untuk Korban Tenggelam atau Serangan Jantung Ini


Sebetulnya, ada banyak hal sederhana yang kita bisa lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dari penyesuaian gaya hidup hingga konsumsi jenis makanan tertentu, merawat kesehatan jantung sebetulnya nggak susah, kok! Bob akan share 7 tips simpel nan efektif buat merawat jantungmu. Apa aja sih yang kita bisa lakukan buat menjaga kondisi jantung? Simak tips-tips berikut, ya!

1. Rajin Berolahraga

Kaum rebahan, ayo bangun! Di hari libur, daripada leyeh-leyeh, yuk mulai gerakan badan kamu. Olahraga rutin adalah salah satu langkah yang kamu bisa ambil untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut Hellosehat, olahraga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, dan mengendalikan berat badanmu. Manfaat olahraga pun bisa kamu rasakan pada tubuh dan pikiranmu, lho!

Credit: Andres Ayrton (Pexels)

Nah, ada beberapa jenis olahraga yang baik untuk jantungmu. Menurut Hopkins Medicine, latihan aerobik seperti berjalan cepat, berenang, berlari, bersepeda, hingga lompat tali adalah pilihan yang disarankan. Kamu juga bisa mencoba latihan ketahanan, termasuk push-up dan squat jump. Idealnya, kamu perlu berolahraga selama minimal 30 menit, setidaknya lima hari sekali.

2. Perbanyakan Konsumsi Ikan

Siapa yang suka makan ikan? Jenis makanan yang satu ini nggak hanya lezat disantap. Ikan juga ternyata baik untuk kesehatan jantung kamu, lho! Menurut Mayo Clinic, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, hingga mencegah penggumpalan darah. Zat ini juga mengurangi peradangan di seluruh tubuh, lho.

kesehatan jantung
Credit: RODNAE Production

Untuk menjaga kesehatan jantungmu, kamu baiknya mengonsumsi dua sajian ikan per minggu. Pilih ikan-ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Menurut Healthline, jenis ikan yang disarankan mencakup ikan cod, salmon, mackerel, sarden, tuna, hingga striped bass. Buat kamu yang suka sushi, menu yang mengandung salmon dan tuna bisa jadi pilihan nih!


Baca Juga: Mulai Pola Makan Sehat dengan Tips Makan Sehat untuk Jantung Ini!


3. Rajin Minum Air

Kamu jarang minum air putih? Duh! Dari sekarang, yuk coba ubah kebiasaanmu. Rajin minum air nggak hanya baik untuk ginjal, tetapi juga kesehatan jantung kamu. Menurut RS PKU Muhammadiyah Solo, rajin minum air putih bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 54% pada pria dan 41% pada wanita. Asupan air berfungsi melarutkan garam pada darah sehingga kerja jantung pun lebih ringan.

Credit: Andrea Piacquadio (Pexels)

Mungkin kamu juga pernah baca soal asupan air harian yang disarankan. Namun, terlalu banyak air juga nggak selalu baik untuk kesehatanmu. Menurut Everyday Health, pria disarankan meminum 3,7 liter air setiap hari. Untuk wanita, jumlah yang disarankan adalah 2,7 liter air. Yang jelas, jika kamu beraktivitas berat atau mulai menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, kamu harus lebih banyak minum air.

4. Berhenti Merokok

Bob paham kebiasaan merokok memang sulit dihentikan, apalagi kalau kamu memang sudah merokok cukup lama. Namun, demi kesehatan jantung kamu, yuk secara bertahap mulai mengurangi kebiasaan ini. Pasalnya, menurut US FDA, ada lebih dari 7.000 zat kimia dalam rokok yang bisa mengganggu fungsi tubuh. Darahmu juga akan terkontaminasi dengan toksin-toksin dari asap rokok.

kesehatan jantung
Credit: Jessica Ticozzelli (Pexels)

Merokok juga nggak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Kebiasaan ini bisa memicu hipertensi, serangan jantung, gangguan arteri periferal, hingga stroke. Buat kamu yang nggak merokok, kamu pun tetap perlu waspada. Pasalnya, menjadi perokok pasif pun tetap memberikan dampak negatif yang sama seriusnya. Jadi, demi kesehatan jantung, yuk mulai berhenti merokok dan menghindarinya.


Baca Juga: Coba 7 Tips Ampuh Berikut untuk Berhenti Merokok


5. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Masih nggak suka makan sayur? Bob juga masih suka pilih-pilih makanan nih! Namun, kandungan serat dalam sayur ternyata sangat baik buat kesehatan jantungmu, lho! Menurut Klik Dokter, asupan 7 gram serat per hari dapat mengikat lemak dalam usus. Serat juga akan mengikat garam empedu dan akhirnya menurunkan kadar kolesterol jahat pemicu penyakit jantung koroner.

Credit: alleksana (Pexels)

Bicara makanan berserat, sayur-sayuran biasanya jadi jenis makanan pertama yang muncul di pikiranmu. Namun, serat juga bisa kamu dapatkan dari gandum utuh, beras merah, biji-bijian, dan buah-buahan. Kamu bisa membuat salad sayur dan buah dengan minyak zaitun sebagai dressing. Yoghurt dengan biji-bijian seperti chia seed juga bisa kamu jadikan camilan sehat. Ada banyak deh kreasi menu kaya serat yang bisa kamu coba!

6. Tidur Cukup

Kamu mungkin tahu kalau kurang tidur atau istirahat memberikan banyak dampak negatif bagi tubuhmu. Ya, tak terkecuali kesehatan jantungmu. Menurut Sleep Foundation, orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam memiliki risiko terkena serangan jantung 20% lebih tinggi. Selain itu, kurang tidur juga turut meningkatkan tekanan darah yang dapat memicu stroke. Aduh! Jangan sampai deh!

kesehatan jantung
Credit: cottonbro (Pexels)

Untuk mencegah risiko penyakit jantung dan gangguan lainnya, mulai dari sekarang istirahatlah dengan cukup. Menurut RS An-Nisa Tangerang, ada baiknya kamu tidur selama 7-8 jam setiap malam. Supaya tidur lebih nyenyak, ciptakan suasana yang nyaman di kamarmu. Kamu juga bisa memanfaatkan aromaterapi untuk merilekskan pikiran dan tubuhmu. Atur juga suhu ruangan supaya sejuk dan kamu tidak kegerahan.


Baca Juga: Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia


7. Jaga Kesehatan Mulut

Kamu mungkin bingung apa kaitannya kesehatan mulut dengan kesehatan jantung. Memangnya bisa sakit gigi atau gusi berdampak ke kesehatan jantungmu? Menurut Alodokter, gangguan gigi dan gusi bisa memicu penyakit serius, termasuk diabetes dan jantung. Pasalnya, peradangan pada gingivitis dan ateroskelosis bisa menyumbat pembuluh darah dan memengaruhi kerja jantungmu.

Credit: Kampus Production (Pexels)

Selain itu, penumpukan plak memicu sakit gusi akibat bakteri. Nah, bakteri tersebut bisa menyebabkan peradangan yang dalam jangka panjang dapat membahayakan pembuluh darah, jantung, dan otak. Mulai dari sekarang, rajin-rajin menggosok gigi dan merawat kesehatan mulut. Periksakan gigi dan gusimu setiap enam bulan sekali, dan gunakan obat kumur atau dental floss sebagai pelengkap rutinitas sikat gigimu.

Yuk Lindungi Kesehatan Jantung Kamu dari Sekarang!

Nggak perlu menunggu hingga gejala-gejala penyakit jantung muncul untuk menjaga kesehatan jantungmu! Dari sekarang, yuk ubah gaya hidup dan perbaiki pola makanmu. Dengan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat, serta rajin berolahraga, kamu bisa merawat jantungmu. Yang jelas, jangan lupa untuk tetap mengendalikan tingkat stres sehari-hari. Jadi, kesehatan fisik dan mentalmu tetap terjaga!

Kamu pun nggak perlu menunggu lama untuk memanjakan diri dan menikmati liburan singkat! Di Bobobox, kamu bisa mencoba staycation seru dengan biaya terjangkau! Apalagi, di setiap pod sudah dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Dengan adjustable lighting, Bluetooth speaker, dan koneksi WiFi yang mumpuni, liburan di Bobobox nggak akan membosankan!

Download juga aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang. Aplikasi ini tersedia secara gratis dari App Store dan Google Play Store. Kamu bisa memesan pod secara langsung, berinteraksi dengan para staf dan tamu lain, hingga mendapatkan promo seru. Ayo download aplikasinya sekarang dan nikmati liburan serumu di Bobobox!

You might also like