Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Kesalahan Fatal ketika Olahraga di Tengah Wabah Corona

Harus diingat baik-baik ya!

Bobobox.co.id — Selama berdiam diri di rumah sesuai anjuran pemerintah guna menghindari wabah corona, terkadang kamu merasa kebingungan dengan aktivitas yang itu-itu saja.

Hal tersebut sangat lumrah mengingat kamu sudah berdiam di rumah dalam waktu yang relatif lama. Dari sekian banyak kegiatan yang direkomendasikan, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan.

Olahraga sendiri bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh yang menjadi elemen penting di tengah wabah corona. Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan dalam berolahraga yang justru mengakibatkan daya tahan tubuh menurun.

Nah, dari sekian banyak kesalahan fatal yang mungkin terjadi, berikut ini merupakan 7 kesalahan fatal yang harus kamu hindari ketika berolahraga di tengah wabah corona.

Latihan Fisik dengan Intensitas Tinggi

Kesalahan fatal pertama ketika berolahraga di tengah wabah corona adalah melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi. Pasti kamu bertanya-tanya, mengapa intensitas tinggi justru tidak baik dilakukan di saat seperti ini?

Setelah melakukan latihan fisik dengan intensitas yang tinggi, tubuhmu justru akan berada dalam tingkat imunitas yang rendah dan sangat rentan diserang oleh penyakit. Dalam situasi ini, wabah corona menjadi penyakit yang siap menyerang tubuh kamu.

Oleh karena itu, latihan fisik dengan intensitas rendah hingga sedang sangat dianjurkan jika kamu ingin berolahraga. Ada satu cara yang membedakan antara intensitas sedang dan tinggi.

Caranya adalah dengan mengecek apakah kamu masih bisa berbicara saat terengah-engah sehabis berolahraga. Jika bisa, maka olahraga tersebut termasuk intensitas sedang. Beberapa olahraga dengan intensitas sedang antara lain aerobik dan berlari.

Melakukan Olahraga yang Bersentuhan Langsung

Seperti yang sudah kamu ketahui, penyebaran virus corona sendiri berasal dari sentuhan langsung. Nah, salah satu kesalahan fatal ketika berolahraga adalah melakukan olahraga yang justru diharuskan untuk bersentuhan langsung.

Beberapa olahraga beregu seperti basket, futsal, dan sepakbola merupakan olahraga yang harus dihindari saat wabah corona masih belum menunjukkan perkembangan yang baik untuk saat ini.

Olahraga-olahraga tersebut sendiri memaksamu untuk melakukan kontak fisik saat melakukannya. Kamu pun tentu tidak tahu apakah lawan mainmu termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bisa jadi membawa virus corona.

Adanya kontak fisik barusan bisa jadi justru malah membuatmu akhirnya tertular virus corona dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang melakukan kontak fisik denganmu. Kamu tentu tidak ingin kesalahan fatal tersebut menimpamu.

Latihan Aerobik Melebihi Batas

Senam aerobik menjadi salah satu olahraga yang Bob sarankan sebelumnya untuk dilakukan di tengah wabah corona ini. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna mendapatkan hasil maksimal dari aerobik.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah durasi saat melakukan senam aerobik. Pasalnya, ada perbedaan soal durasi bagi seorang atlet dan yang bukan atlet.

Bagi kamu yang memang bukan seorang atlet, batas durasi senam aerobik yang dilakukan berkisar antara 30 hingga 45 menit. Sedangkan untuk atlet, kamu boleh melakukan senam aerobik hingga 60 menit.

Jika kamu memang ingin melakukan senam aerobik di luar rumah, jangan lupa untuk menerapkan physical distancing ya! Pastikan juga tubuhmu dalam kondisi prima dan fit saat akan melakukan senam aerobik.

Kurang Asupan Air Putih

Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan air putih yang mencukupi walaupun kamu tidak melakukan kegiatan yang melelahkan. Sudah pasti jika kamu membutuhkan asupan air putih yang tidak sedikit saat berolahraga.

Pasalnya, berolahraga akan menguras tenaga yang tidak sedikit. Dengan terkurasnya banyak tenaga, tubuhmu akan membutuhkan asupan air yang lebih dari biasanya.

Oleh karena itu, pastikanlah untuk mencukupi asupan cairan sebelum, saat, dan sesudah berolahraga di tengah wabah corona ini. Usahakan pula untuk memakai baju yang tipis agar keringat yang keluar tidak terlalu banyak.

Selain air putih, kamu pun bisa mengonsumsi berbagai jenis minuman lainnya yang berguna untuk memulihkan otot dan menghidrasi kembali tubuh kamu. Susu cokelat dan air kelapa menjadi beberapa jenis minuman yang direkomendasikan.

Latihan Kekuatan Otot dengan Intensitas Tinggi

Tidak hanya latihan fisik dengan intensitas tinggi saja yang patut dihindari di tengah wabah corona ini. Latihan kekuatan otot yang biasa dilakukan di gym pun tidak boleh dilakukan dengan intensitas yang tinggi.

Seperti halnya latihan fisik dengan intensitas tinggi, latihan kekuatan otot seperti angkat beban membutuhkan tenaga yang super banyak dan membuat tubuhmu lebih cepat mengalami kelelahan.

Tubuh yang kelelahan kelelahan justru memperlemah daya tahan tubuhmu. Oleh karenanya, cobalah untuk menghindari latihan kekuatan otot yang mengharuskan intensitas yang tinggi sekarang ini.

Alangkah baiknya jika kamu melakukan latihan kekuatan otot yang relatif ringan saja seperti squat, push up, dan lunges. Jika nanti wabah corona sudah usai, kamu bisa kembali latihan kekuatan otot seperti yang kamu mau.

latihan otot wabah corona

Terlalu Sering Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika merokok memberi efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi sebagian orang, merokok sudah menjadi bagian dari hidup dan sulit untuk dilepas begitu saja.

Salah satu efek buruk dari merorok sendiri adalah menurunkan sistem pertahanan tubuh. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih merokok, usahakanlah untuk menguranginya saat akan berolahraga di tengah wabah corona ini.

Walaupun tidak disarankan untuk terus-terusan merokok, jika kamu memang tidak tahan untuk tidak merokok, cobalah untuk tidak merokok satu jam sebelum dan dua jam setelah melakukan latihan fisik.

Intensitas Olahraga yang Sangat Kurang

Kesalahan fatal terakhir dari berolahraga di tengah wabah corona adalah intesitasnya yang sangat kurang. Seperti yang sudah Bob singgung sebelunya jika kamu harus melakukan olahraga minimal 30 hingga 40 menit.

Durasi tersebut merupakan durasi yang cukup untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah wabah corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan cepat berakhir ini.

Oleh karena itu, Bob mengingatkan kembali untuk jangan sampai kamu tidak melakukan olahraga sama sekali. Kamu cukup melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Kamu bisa meluangkan waktumu di sela-sela kerja di rumah ataupun hanya sekadar bermain video games saja. Durasi yang cepat dengan hanya dilakukan tidak lebih dari tiga kali rasanya cukup mudah untuk dilakukan.

Menginap dengan Nyaman di Tengah Wabah Corona? Datang aja ke Bobobox

Rasa bosan mungkin sedang kamu rasakan akhir-akhir ini. Pasalnya, kamu sudah tidak keluar rumah setelah hampir berminggu-minggu karena wabah corona yang belum juga mereda.

Nah, dengan diberlakukannya New Normal sekarang ini, kamu pun sudah bisa sedikit demi sedikit melakukan kegiatan di luar rumah. Salah satu yang pasti kamu tunggu-tunggu adalah menginap kembali di Bobobox.

Hotel kapsul ini memang terkenal membuat orang yang sudah menginap akan kangen dengan suasana podnya yang bikin nyaman. Bagi kamu yang ingin memesan podnya, bisa langsung dilakukan melalui aplikasi Bobobox.