Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Temukan Alasan Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal Di Sini!

Alasan kenapa gigitan nyamuk gatal ini ternyata di luar dugaan!

Kenapa gigitan nyamuk gatal? Pertayaan ini mungkin sempat muncul di benak kamu tatkala seekor nyamuk hinggap di kulit dan menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan. Nyamuk memang seringkali ditemukan di kehidupan kita sehari-hari terutama di musim hujan saat di sekeliling tempat kamu beraktivitas banyak ditemui air yang menggenang. Belum lagi nyamuk yang sering berterbangan dan berdengung saat tidur dan tiba-tiba kamu merasakan sengatan tajam di tubuh.

Jika sudah begini selain tidur lelap terganggu kamu pun akan merasa gatal dan kemudian muncul bentol kemerahan di kulit. Tak lama kemudian kamu pun secara naluriah akan mengeluarkan respon berupa menggaruk. Akhirnya pertanyaan kamu bertamabah, kenapa gigitan nyamuk dan gata dan kenapa menggaruk merupakan respon yang secara alami dilakukan manusia saat digigit nyamuk?

Kenapa gigitan nyamuk gatal? Kenapa kulit muncul bentol karena gatal? Kenapa gigitan nyamuk gatal dan menggaruk merupakan respon yang biasanya dilakukan setelah digigit nyamuk? Pertanyaan seputar kenapa gigitan nyamuk gatal ini akan mengantarkan kamu ke beberapa pertanyaan menarik lainnya.Yuk temukan jawaban tentang kenapa gigitan nyamuk gatal lewat penjelasan di bawah ini!

Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal: Apa yang Terjadi Dalam Tubuh saat Digigit Nyamuk?

Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal
@Kabar6.com

Kenapa gigitan nyamuk gatak dan apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh? Faktanya nyamuk betina menggunakan mulutnya yang berbentuk seperti jarum untuk menusuk ke dalam kulit mangsanya untuk mengisap darah. Kulit manusia hanya memiliki kurang dari lima persen pembuluh darah. Kenapa gigitan nyamuk gatal? Hal ini dipicu oleh nyamuk yang mencari pembuluh darah di kulit.

Saat nyamuk akan mengisap darah, tabung pembungkus di tubuhnya akan membuka dan memperlihatkan enam bagian mulut (filamen) yang menusuk masuk ke dalam kulit. Setelah itu nyamuk akan mengisap begitu keras hingga pembuluh darah mulai goyah. Air liur yang dilepaskan nyamuk mengandung agen anti-koagulan yang menjaga darah supaya tidak menggumpal agar nyamuk bisa dengan mudah menghisap darah. Hal inilah yang menjadi pemicu kenapa gigitan nyamuk gatal.

Alasan Utama Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal

@Blog TribunJualBeli

Ini adalah alasan utama kenapa gigitan nyamuk gatal. Gatal dan bentol dari bekas gigitan nyamuk ini merupakan respon dari sistem imun tubuh terhadap air liur tersebut. Air liur nyamuk mengandung kadar enzim dan protein yang melewati sistem pembekuan darah alami pada tubuh.

Sistem kekebalan tubuh manusia merespon alergen tersebut dengan melepaskan histamin sehingga area bekas gigitan nyamuk meradang sehingga kemudian timbul bentol merah di kulit dan rasa gatal. Wah sekarang jadi tahu deh alasan kenapa gigitan nyamuk gatal!

Baca Juga: Tanda Sudah Sembuh dari DBD! Semoga Cepat Pulih Kembali, Ya.

Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal dan Kenapa Menggaruk Gatal Rasanya Menyenangkan?

Menggaruk merupakan salah satu bentuk yang relatif kecil dari rasa sakit. Saat kamu menggaruk, gerakan ini akan memblokir sensasi gatal akibat rasa sakit yang muncul dan sementara akan mengalihkan perhatian otak dari rasa gatal. Konsep ini bisa dibilang sama dengan pemberian kompres dingin atau panas.

Sinyal rasa sakit ini kemudian dikirim ke otak oleh kumpulan saraf sama seperti sensasi gatal yang juga dikirimkan oleh kumpulan saraf yang berbeda. Selain itu garukan singkat juga lebih efektif untuk menumpas nyamuk yang merangkak di tubuh daripada menjauhinya.

Menggaruk adalah cara yang baik tidak hanya untuk menyingkirkan serangga dan parasit, namun juga residu tanaman dan benda asing lainnya yang menempel di kulit Anda. Selain itu, otak Anda menilai aktivitas menggaruk gatal untuk meringankan rasa sakit atau stres dari gigitan nyamuk dengan melepaskan dopamin ke seluruh otak.

Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal dan Bagaimana Cara Meredakan Gatal

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@meggyn via Unsplash

Kenapa gigitan nyamuk gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Umumnya banyak orang tidak sadar saat dirinya digigit nyamuk dan baru tersadar ketika bentol di tubuh dan rasa gatal muncul. Beberapa orang bisa menahan dan mengabaikan rasa gatal gigitan nyamuk ini dan sebagian orang lainnya mungkin merasa kerepotan dalam mengatasi rasa gatal ini. Kenapa gigitan nyamuk gatal dan mengapa ada yang tidak bisa menahannya? Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki toleransi yang berbeda.

Lewat penjelasan kenapa gigitan nyamuk gatal di atas kamu bisa menilai seberapa besar toleransi kamu terhadap gigitan nyamuk. Jika kamu merasa gatal gigitan nyamuk tak tertahankan kamu bisa coba manfaatkan bahan alam seperti madu untuk mengatasinya. Madu terbukti memilki sifat antibakteri dan antiradang yang nyatanya juga dapat membantu meredakan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk.

Baca Juga: Tidak Hanya Cantik, Ini Dia 10 Tanaman Hias Anti Nyamuk Cocok untuk Ditempatkan di Rumah

Kenapa Gigitan Nyamuk Gatal dan Bagaimana Cara Agar Gigitan Nyamuk Tidak Berbekas

Setelah rasa penasaran kamu terjawab atas kenapa gigitan nyamuk gatal di atas kini kamu sudah mulai lega. Tapi rasanya kelegaan kamu belum selesai jika bentol karena gigitan nyamuk masih juga belum hilang. Umumnya bentol gigitan nyamuk ini bisa bertahan hingga beberapa hari tergantung sistem kekebalan tubuh dan ukuran bentol. Agar gigitan nyamuk tidak berbekas hitam kamu bisa coba oleskan krim yang mengandung vitamin C, E, atau niacinamide pada bekas gigitan. Semoga informasi mengenai kenapa gigitan nyamuk gatal ini bisa membantu kamu ya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan alasan kenapa gigitan nyamuk gatal selama menginap di Bobobox karena ruangannya yang nyaman dan terbebas dari serangga.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like