Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Disangka, Ini Dia Kisah Kenapa Diberi Nama Pempek Kapal Selam

Jadi, ini dia alasannya!

Bobobox.co.id — Berbicara soal kuliner Indonesia, kamu tentu tak asing dengan pempek. Makanan khas Palembang tersebut kerap kali kamu jumpai dengan rasanya yang menggoyang lidah.

Dari menu yang ditawarkan, ada salah satu menu yang mungkin membuatmu bertanya-tanya. Pasalnya, menu tersebut memiliki nama unik dan bikin membuat banyak orang terheran-heran dengan penamaannya.

Menu tersebut adalah pempek kapal selam. Jenis pempek satu ini memiliki ukuran lebih besar dibanding jenis pempek lainnya dengan bentuk yang menyerupai kantung dengan isian telur di dalamnya.

Nah, penasaran dengan asal muasal kenapa diberi nama pempek kapal selam? Berikut ini merupakan sejarah dibalik salah satu jenis pempek yang menjadi favorit banyak orang tersebut.

Alasan Kenapa Diberi Nama Pempek Kapal Selam

Bukan Nama Awal

Pembahasan mengenai kenapa diberi nama pempek kapal selam pertama adalah soal nama awal dari jenis pempek tersebut. Pasalnya, jenis pempek ini awalnya bukan disebut dengan nama tersebut, lho.

Dilansir Kompas.com, nama dari pempek kapal selam tersebut terbilang baru. Hal tersebut merupakan tuturan dari salah satu pemerhati sejarah Palembang yakni KMS H. Andi Syarifuddin.

Pada zaman dulu, orang Palembang justru menyebut jenis pempek berkantung dengan isian telur tersebut dengan sebutan pempek telok besar.

kenapa diberi nama pempek kapal selam Bukan nama awal
Bukan nama awal via sarihusada.co.id

Sejarah Penamaan Pempek Kapal Selam

Pembahasan kenapa diberi nama pempek kapal selam berikutnya berkaitan dengan sejarah penamaannya. Ada dua pendapat asal muasal kenapa diberi nama pempek kapal selam untuk jenis pempek satu ini.

Masih dilansir dari Kompas.com, menurut Koki dari Aryaduta Hotel Palembang, M. Arifin Lubis, penamaannya berkaitan dengan salah satu proses pengolahan yang di mana mirip seperti kerja kapal selam.

Saat adonan pempek kapal selam sudah jadi, pempek tersebut harus direbus terlebih dahulu. Setelah di masukkan ke dalam air rebusan, pempek tersebut akan tenggelam dan mengapung ke permukaan saat matang.

Sedangkan, penuturan lain datang dari sejarahwan kota Palembang, RM Ali Hanafiah. Dilansir sumsel.suara.com, penamaan pempek kapal selam diyakini berdasarkan ukurannya yang besar dan akan tenggelam seperti kapal selam.

kenapa diberi nama pempek kapal selam sejarah
Sejarah penamaan pempek kapal selam via salimahfood.com

Butuh Ketelitian dalam Proses Pembuatan

Seperti yang sudah disinggung sebelum, pempek kapal selam sendiri berukuran paling besar dibanding jenis pempek lain. Hal tersebut tentu tak mengherankan mengingat jenis pempek ini memiliki isian telur.

Dengan ukuran dan cita rasanya yang begitu ngangenin, jenis pempek ini menjadi yang paling diincar. Harga yang cenderung lebih mahal dibanding jenis lainnya tak membuat para pencinta kuliner khas Palembang mundur.

Namun, dibalik kelezatan dari pempek kapal selam, terdapat proses yang membutuhkan ketelitian, lho. Untuk membuat pempek kapal selam ini, ketelitian tingkat tinggi benar-benar dibutuhkan oleh si pembuatnya.

Misalkan saja, kantung yang dibentuk setelah dimasukkan telur mentah dilakukan dengan cara tertentu. Di sisi lain, adonan pun memiliki peranan penting agar pempek kapal selam bisa selesai dengan sempurna.

Jika adonan pempek terlalu tipis atau tidak tertutup rapat, isian telur mentah justru akan bocor dan jenis pempek ini akan gagal. Oleh karenaya, pembuat jenis pempek ini biasanya telah terbiasa dalam membuat pempek.

kenapa diberi nama pempek kapal selam
Butuh ketelitian untuk pembuatannya via Shutterstock

Itulah sejarah serta alasan kenapa diberi nama pempek kapal selam yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

nginep di bobobox

You might also like