Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Salah Pilih! Kenali Makna Dari Bunga-Bunga Berikut Ini.

Cinta, benci, kebahagiaan atau justru kesedihan?

Bunga sangat identik dengan hiasan dalam acara-acara tertentu atau hadiah yang dipersembahkan pada orang terkasih di hari-hari spesial seperti Hari Valentine, ulang tahun, dan anniversary. Selain karena bentuknya yang cantik dan wanginya yang harum, bunga juga memiliki makna tersendiri untuk mewakili perasaan sang pemberi.

Tentunya makna bunga tersebut perlu menjadi pertimbangan sebelum kamu memberikan bunga tertentu pada seseorang. Nah biar kamu tidak salah pilih, simak yuk makna bunga-bunga berikut ini!

Mawar

@waldemarbrandt67w via Unsplash

Bunga mawar tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Bunga yang satu ini juga sudah seperti barang wajib untuk melengkapi perayaan Hari Valentine bersama sang kekasih. Dengan aneka warnanya yang memanjakan mata, makna bunga mawar pun berbeda-beda sesuai dengan warnanya tersebut dan berikut ini adalah makna bunga tersebut:

  • Mawar merah sudah jelas melambangkan cinta dan romantisme.
  • Mawar merah muda melambangkan kelembutan, rasa syukur dan terima kasih.
  • Mawar putih identik dengan kemurnian cinta, kepolosan, dan simpati.
  • Mawar oranye memiliki makna semangat, gairah dan antusiasme.
  • Mawar kuning bisa berarti kegembiraan, persahabatan namun juga bermakna ketidaksetiaan.
  • Mawar hitam kerap kali dikaitkan dengan kematian, rasa benci, rasa sakit, balas dendam hingga berakhirnya karir atau hubungan.

 

Tulip

@irrabagon via Unsplash

Selain bunga mawar, bunga tulip juga memiliki makna yang berhubungan dengan percintaan. Persembahan bunga tulip merah pada orang terkasih menunjukkan rasa cinta mendalam serta kasih sayang.

Sementara itu, makna bunga tulip putih adalah kesucian, penghormatan serta kerendahan hati. Selain itu, ada juga juga tulip kuning yang menunjukkan keceriaan dan persahabatan, tulip ungu yang melambangkan kebangsawanan serta tulip biru yang menyiratkan ketenangan dan perdamaian.

 

Violet

via gardenerspath.com

Bunga violet adalah contoh lainnya dengan makna bunga yang baik. Jika kamu mempersembahkan bunga yang satu ini, artinya kamu menyampaikan kesetiaan serta rasa kasih sayang kamu. Varian warna ungu dari violet juga bisa menyimbolkan kebangsawanan serta keinginan untuk menyampaikan ketertarikan namun tanpa terlihat menonjol.

 

 

Lili

@sophiecde via Unsplash

Buket bunga lili dengan bentuknya yang seperti terompet serta warnanya yang beragam sudah tentu akan mencuri perhatian kamu. Sama halnya dengan bunga mawar, beda warna beda pula makna di balik bunga lili dan berikut ini adalah makna bunga tersebut:

  • Lili putih melambangkan kesucian, kemurnian serta kehidupan baru.
  • Lili merah dan merah muda bermakna kemakmuran.
  • Lili kuning berarti rasa terima kasih dan persahabatan
  • Lili oranye memiliki makna kebencian, penghinaan serta kebohongan

 

Baby’s Breath

@fsmurrayphotography via Unsplash

Kumpulan bunga-bunga kecil yang identik dengan dekorasi vintage ini kerap kali diasosiasikan denga kemurnian, ketulusan, dan cinta sejati. Dengan makna bunganya yang sangat dalam itu, tentu tak heran jika Baby’s Breath digunakan dalam pernikahan, baik sebagai dekorasi maupun buket bunga utama.

 

Bunga Kapas

@marianne_krohn via Unsplash

Bunga kapas mungkin tidak sepopuler bunga mawar. Namun, bunga dengan gumpalan kapas putih di atas ranting coklat ini juga tak kalah menarik dan mengesankan. Makna bunga ini sendiri adalah menyayangi orang terkasih serta janji akan kesejahteraan serta kekayaan. Tentunya bunga ini tepat banget untuk kamu berikan di hari-hari spesial seperti ulang tahun, lamaran, atau anniversary.

 

Hydrangea

@simone_dalmeri via Unsplash

Memiliki bentuk bunga seperti pom-pom dengan warna-warna kalem sesuai dengan sifat tanah yang ditumbuhinya, Hydrangea memiliki makna bunga yang baik sekaligus negatif. Bunga yang satu ini menjadi perlambang pernikahan, permintaan maaf, perasaan tulus, kelimpahan serta ungkapan rasa syukur.

Sebagai simbol pernikahan rasa  terima kasih, hydrangea ini juga dikenal sebagai bunga ulang tahun pernikahan ke-empat. Namun, di sisi lain, karena warnanya yang mewah serta jumlah bijinya yang irit, makna bunga ini juga kerap dikaitkan dengan kesombongan, hati yang dingin hingga penolakan.

 

Anyelir

@sifoo84 via Unsplash

Jika ingin menghadiahkan bunga anyelir atau carnation untuk hari spesial kamu, pastikan pilih bunga anyelir berwarna putih, merah atau merah muda. Bunga berwarna putih melambangkan cinta yang murni, kesetiaan dan keberuntungan sementara merah menunjukkan rasa cinta yang mendalam. Kalau yang merah muda artinya cinta abadi seorang ibu. Karena makna bunga tersebut, anyelir merah muda ini kerap kali digunakan sebagai hadiah di Hari Ibu atau Hari Guru.

Berbeda dengan makna bunga di atas, anyelir kuning atau ungu justru memberikan kesan negatif. Bunga terebut memiliki makna kebencian, penolakan serta kekecewaan sedangkan anyelir ungu berarti ketidakteraturan sehingga memberikan kesan mudah berubah.

 

Marigold

@goldencoastgrams via Unsplash

Warna oranyenya yang cerah tidak serta merta membuat makna bunga marigold dipenuhi kebahagiaan. Bunga yang satu ini nyatanya melambangkan kesedihan karena penolakan atau kehilangan cinta, kekejaman akibat rasa cemburu hingga duka atau mengingat orang yang telah meninggal. Selain itu, bunga ini juga dikaitkan dengan keinginan untuk memperoleh kekayaan, kerja keras dalam memenangkan cinta, serta pengorbanan suci.

 

Snapdragon

@ashkfor121 via Unsplash

Snapdragon atau mulut naga merupakan bunga yang cantik sekaligus mengerikan. Saat mekar, kamu pasti terbuai dengan keindahannya. Namun, saat layu, bunga ini justru terlihat seperti tengkorak manusia. Karena bentuk ukinya tersebut, di masa lalu bunga yang satu ini kerap kali diasosiasikan dengan kekuatan supranatural. Banyak yang percaya bunga ini bisa membuat awet muda serta melindungi dari kutukan dan kekuatan jahat. Karenanya, tak heran makna bunga ini kerap dikaitkan dengan kepalsuan atau penipuan.

 

Tansy

@elkscott via Unsplash

Selanjutnya, ada bunga tansy yang berbentuk bulat seperti bola kecil berwarna kuning. Meskipun bentuknya unik dan cantik, sebaiknya kamu mencoret bunga ini dari pilihan kado untuk orang terkasih kamu kecuali kalau kamu memang ingin mengakhiri hubungan dengannya.

Makna bunga ini sendiri adalah rasa muak, benci, dan perang. Bunga ini mungkin cocok kamu kirimkan pada orang yang kerap mengundang masalah dan membuat tensi kamu naik.

 

Buttercup

@floraf via Unsplash

Warna kuning bunga buttercup terlihat terang dan memukau layaknya cahaya matahari. Namun, makna bunga di baliknya ternyata tidak secerah warnanya. Bunga yang satu ini ternyata menyimbolkan rasa tidak tahu terima kasih serta kekanak-kanakan.

 

Aconite

@mcapellari via Unsplash

Memiliki sifat beracun, bunga aconite sudah tentu tidak layak kamu jadikan sebagai kado spesial. Selain itu, makna bunga ini juga tak kalah menakutkan, yakni kebencian dan peringatan.

 

Cyclamen

@pvproductions via Freepik

Dengan kelopak yang terangkat ke atas, bunga cyclamen bisa terlihat seperti kupu-kupu yang sedang terbang menukik. Cantik dan unik. Sayangnya, bunga ini ternyata bermakna perpisahan sehingga kurang cocok kamu berikan pada orang tercinta. Jika kamu merasa dikhianati, bunga ini mungkin dapat menjadi kado perpisahan yang tepat dan menunjukkan rasa senang kamu terlepas darinya.

 

Petunia

@vwalakte via Freepik

Tampilan cantik dan menyegarkan tidak membuat makna bunga petunia cukup mengesankan. Bunga yang identik dengan keranjang gantung dan jendela ini ternyata menyimbolkan kemarahan dan kebencian. Karena itu, berhati-hatilah jika kamu ingin menjadikan bunga satu ini sebagai hadiah jika tidak ingin berakhir dalam pertengkaran sengit.

 

Punya rencana liburan bersama dengan orang tercinta? Bobobox tentu menjadi pilihan yang tepat untuk merebahkan tubuh lelah kamu. Lokasinya yang strategis akan memudahkan kamu dalam menemukan tempat yang tepat agar semakin lekat.

Biar tidak ketinggalan informasi terbaru serta promo-promo dan giveaway menariknya, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store!

You might also like