Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Apa Itu Uma Lengge, Bangunan Rumah Tradisional yang Sempat Dikunjungi Sandiaga

Apa itu Uma Lengge? Temukan jawabannya di sini!

Apa itu uma lengge? Mungkin pertanyaan itu melintas di benak kamu setelah mendengar berita tentang kunjungan Sandiaga Uno dan Atta Halilintar ke NTB. Ya, baru-baru ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Atta Halilintar mengunjungi Desa Wisata Maria di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunjungan ini kemudian membuat Desa Wisata Maria ini menjadi sorotan salah satunya karena keunikan bangunanannya.

Kunjungan Sandiaga Uno dan Atta Halilintar pada 13 Juni 2021 yang lalu ini pun membuat Desa Wisata Maria ini menjad semakin populer. Berada di situs budaya uma lengge merupakan sebuah pengalaman yang unik. Beberapa orang mengaku bahwa kesannya seperti sedang di Banten atau Pasundan. Apa itu uma lengge dan keistimewannya? Di sekitar desa tersebut terdapat sekitar 96 unit uma lengge yang berjajar mengelompok di satu tempat dan terpisah dari permukiman penduduk.

Apa itu uma lengge dan hubungannya dengan Banten? Uma lenggge merupakan sistem lumbung yang bisa dibilang mirip dengan sistem lumbung di Badui atau Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul di Banten. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang merasa desa ini memiliki kemiripan dengan suasana di Banten.

Apa itu uma lengge dan lumbung? Lumbung pada dasarnya adalah sebuah bangunan arsitektur umum dalam tradisi masyarakat agraris di Indonesia. Biasanya di setiap wilayah budaya terdapat lumbung atau lumbuang seperti rangkiang di Minangkabau, tongkonan di Toraja, dan juga leuit di Banten dan Pasundan. Pada kesempatan kali ini Bob akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat apa itu uma lengge dan berbagai fakta-fakta unik dibaliknya.

@Radar Lombok

Apa itu Uma Lenge: Pengaruh Budaya Bangunan Tradisional

Apa itu uma lengge dan apa yang mempengaruhi struktur bangunan tradisional ini? Terdapat fakta unik di balik bnagunan tradisional uma lengge yang berasal dari Nusa Tenggara Barat ini. Faktanya selain mendapat pengaruh budaya dari suku-suku lain di Pulau Sumbawa, Bima juga mendapat pengaruh budaya Bugis-Makassar dari Sulawesi Selatan. Bahkan konon katanya bangunan uma lengge pun juga mendapat pengaruh budaya Jawa di masa Majapahit pada abad ke-14 Masehi.

Pengaruh-pengaruh dari beberapa budaya di atas inilah yang kemudian menghasilkan bentuk masyarakat Bima modern yang kini mendiami kawasan administratif Kota Bima dan Kabupaten Bima. Akhirnya sampai saat ini masyarakat Bima sedikitnya mengenal dua rancang bangun arsitektur tradisional yang khas yaitu uma panggu atau rumah panggung dan uma lengge. Masih ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu uma lengge dan struktur bangunannya? Simak penjelasannya di bawah ini!


Baca Juga: 7 Permainan Anak Tradisional yang Pernah Bikin Kamu Lupa Waktu


Apa itu Uma Lengge: Bangunan Tradisional Tiga tingkat

@Indikator Bima

Apa itu uma lengge dan bagaimana struktur dari bangunan tradisional ini? Untuk menjawab mengenai pertanyaan apa itu uma lengge dan struktur bangunannya Bob akan merujuk sebuah penjelasan dari buku berjudul “Bima: Antara Padi dan Arsitektur”. Dalam buku tersebut dijelaskan mengenai apa itu uma lengge dan bagaimana bangunan tradsional ini ditempatkan di atas pohon besar dengan bentuk seperti gubuk beratap ilalang.

Apa itu uma lengge dan mengapa bangunan ini terdiri atas tiga tingkat? Uma lengge terdiri atas tiga lantai, lantai pertama di bagian bawah merupakan ruang terbuka yang umumnya dibentuk menjadi bale-bale. Kemudian di lantai kedua berfungsi sebagai tempat tidur sekaligus dapur keluarga. Sedangkan di lantai tiga uma lengge digunakan sebagai lumbung. Semakin memahami apa itu uma lengge semakin terpukau kita dibuatnya!

Apa itu Uma Lengge: Fungsi Bangunan

Apa itu uma lengge dan fungsi utamanya di tengah masyarakat Bima? Pada dasarnya lengge pada bangunan ini memiliki fungsi utama sebagai alas penopang bagian utama bangunan. Bangunan ini juga memiliki fungsi sebagai penghalang/penghalau tikus atau hewan lain yang ingin naik ke uma lengge. Lalu pada bagian tengah tiap lengge dilengkapi oleh empat tiang utama (disebut ri’i) dan membentuk rumah panggung.

Struktur bangunan inilah yang membuat uma lengge sulit dinaiki atau dipanjat kecuali menggunakan range atau tangga dan membuat bangunan ini ideal untuk menyimpan pangan. Pangan hasil bercocok tanam maupun makanan hasil berburu akan terjaga dari kemungkinan terjadinya banjir, serangan tikus, maupun gangguan eksternal lainnya. Bangunan uma lengge ini pun dilengkapi dengan teras di bagian bawah dan tangga yang bersandar di sana.

Apa itu Uma Lengge: Dibangun Secara Gotong Royong

Apa itu Uma Lengge
@kebudayaan.kemdikbud.go.id

Apa itu uma lengge dan bagaimana bangunan tradisional ini di bangun? Seperti yang kamu lihat bangunan tradisional uma lengge ini memiliki struktur bangunan yang terbilang unik sekaligus rumit. Selain itu proses pembangunan yang masih dilakukan secara manual tanpa banyak bantuan mesin. Tak hanya bentuk bangunannya saja yang unik, faktanya bangunan tradisional uma lengge ini pun dibangun secara unik dengan prinsip gotong royong.

Proses pembangunan uma lengge dimulai dengan proses peletakan batu fondasi dan pendirian empat tiang utama yang disebut ri’i. Apa itu uma lengge dan apakah bangunan ini cukup kuat mengingat dibangun dengan bahan baku seadanya? Faktanya meskipun bangunan tradisional uma lengge ini terlihat kuno tetapi konstruksi dasar yang hanya menggunakan batu dan tiang ini membuat uma lengge tahan guncangan gempa. Bagaimana, apakah rasa penasaran kamu tentang apa itu uma lengge sudah terjawab?


Baca Juga: Khusus Buat Kamu Para Pemberani! Ini Dia Daftar Rumah Paling Angker di Indonesia!


Tips Liburan Tanpa Stres? Menginap Saja di Bobobox

Untuk kamu yang tidak bisa liburan jauh, tips liburan yang satu ini cocok untukmu. Kamu bisa coba staycation di Bobobox, loh untuk sekedar refreshing dari padatnya jadwal pekerjaanmu. Di Bobobox kamu akan merasakan sensasi menginap yang unik, nyaman dan aman. Bobobox merupakan hotel kapsul yang sudah terintegrasi IoT dimana Bobobox sudah dilengkapi dengan wifi yang super kencang untuk menemanimu browsing.

Selama kamu menginap di Bobobox, kamu hanya akan bisa mengakses podsmu melalui telepon pintarmu saja sehingga menginap di Bobobox terjamin aman, deh. Bobobox juga memiliki konsep futuristik yang unik sehingga kamu akan merasa seperti sedang menginap di pesawat ruang angkasa selama kamu di dalam pods Bobobox. Di dalam pods juga kamu bisa mengubah warna-warna lampu hanya dengan sekali sentuh, loh.

Kamu juga bisa mengajak satu temanmu untuk menginap sama-sama di Bobobox, loh. Pods Bobobox yang nyaman dan cukup untuk dua orang akan menambah keseruan staycation kamu. Jadi, jangan lupa jadikan staycation di Bobobox menjadi salah satu tips liburan supaya tidak stress oleh pekerjaan. Kamu bisa  intip pods Bobobox lewat 360° virtual tour untuk gambaran yang lebih nyata. Bobobox juga menawarkan banyak promo, loh yang bisa kamu cek di sini.

Bobobox Alun-Alun

You might also like