Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Apa Itu NFT, Investasi Digital yang Sedang Viral

Sudah siap jadi kolektor?

Bobobox.co.id – Apa itu NFT? Dunia investasi digital semakin hari semakin bervariasi. Tidak hanya berinvestasi dalam bentuk koin digital, kamu juga bisa membeli karya seni digital yang eksklusif hanya milikmu. Namanya adalah NFT.

Lalu apa itu NFT sebenarnya? Apa bedanya dengan investasi digital lainnya? Nah, daripada bingung kita cari tahu sama-sama yuk.

Apa itu NFT?

apa itu nft
Photo by Mo on Unsplash

NFT adalah singkatan dari non fungible token (token tidak sepadan). Artinya asset-aset digital yang dianggap sebagai NFT adalah unik dan tidak bisa digantikan oleh hal lain.

Sebagai contoh, bitcoin adalah aset digital sepadan. Jika kamu menukar sejumlah bitcoin dengan bitcoin lain, nilainya akan tetap sama.

Hal ini tidak berlaku untuk apa itu NFT. Anggap saja kamu memiliki kartu koleksi yang langka. Ketika kamu menukarnya dengan kartu lain, nilai dari kartu tersebut tidak lagi sepadan. Pasalnya, setiap kartu memiliki nilainya masing-masing.

Namun, sama seperti sebuah kartu koleksi, kamu bisa menjual NFT dengan harga tertentu sesuai dengan nilai dari aset tersebut.

BACA JUGA: Sudah Mulai Musim Hujan Nih, Ini Rekomendasi OOTD Musim Hujan

Mulai populer sejak tahun 2017

apa itu nft
Photo by Cristofer Maximilian on Unsplash

Apa itu NFT sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014. Namun, keberadaannya lebih dikenal sejak tahun 2017 sebagai salah satu cara untuk menjual karya seni digital. Lalu, apa yang membedakan apa itu NFT dengan aset digital lainnya?

Apa itu NFT merupakan teknologi kripto yang berfungsi sebagai sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan sah atas sebuah foto, video, atau aset digital lain.

Nah, sebuah karya yang terdaftar sebagai NFT akan tercatat dalam blockchain yang mendukung Etherum, Bitcoin, Dogecoin, atau jenis kripto lain.

Seperti yang umum diketahui, aset digital sangat mudah untuk direplikasi. Ketika seseorang membuat aset digital, aset tersebut bisa disalin dan dibagikan kepada siapa saja sehingga pemilik aslinya tidak bisa diketahui.

Nah, aset digital yang sudah menjadi apa itu NFT tidak akan memiliki masalah demikian. Ketika apa itu NFT sudah terenkripsi dalam blockchain, aset tersebut tidak bisa lagi disalin atau direplikasi.

Suatu karya digital NFT akan memiliki sebuah kode dan metadata unik yang hanya dimiliki aset NFT tersebut. Hal ini membuat NFT memiliki perlindungan lebih dibandingkan aset-aset digital lain.

Kode unik tersebut juga berfungsi sebagai alat pelacak. Jadi, pembuat token, pemilik awal, dan pemilik akhir apa itu NFT bisa diketahui dengan jelas.

BACA JUGA: Sulap Hunianmu Jadi Makin Aesthetic Ala Pedesaan Inggris Dengan Gaya Rumah Cottagecore

Apa saja yang bisa dijadikan NFT?

apa itu nft
Photo by Daddy Mohlala on Unsplash

Pada dasarnya, semua aset digital bisa disulap menjadi apa itu NFT. Contohnya adalah cuitan pertama CEO Twitter Jack Dorsey. Ia berhasil menjual cuitannya sebagai NFT dengan harga 2,9 juta dolar AS atau Rp 35 miliar.

Cuitan apa itu NFT tersebut dimenangkan oleh CEO Bridge Oracle Sina Estavi. Dengan dibelinya cuitan pertama Jack Dorsey tersebut, ia ingin menekankan peran penting NFT di masa depan.

Menurut Valuables, tempat dilelangnya NFT tersebut, cuitan Jack Dorsey akan tetap berada di Twitter. Hanya saj, pemenang lelang akan memiliki NFT yang asli yang ditandatangani dan diverifikasi oleh pembuatnya.

Selain cuitan Jack Dorsey yang menjadi apa itu NFT, berikut adalah beberapa NFT populer lain yang dibeli dengan harga fantastis.

Hashmasks, dijual 16 juta dolar AS

Doge NFT, dijual 4 juta dolar AS

Grimes NFT, dijual 6 juta dolar AS

Everydays: First 5000 Days, dijual 69 juta dolar AS

Rick and Morty NFT, dijual 1,6 juta dolar AS

Crossroads NFT, dijual 6,6 juta dolar AS

CryptoPunks #7804, dijual 7,5 juta dolar AS

Genesis estate NFT, dijual 1,5 juta dolar AS

World Wide Web Source Code NFT, dijual 5,4 juta dolar AS

Cara membuat, menjual, dan membeli NFT

apa itu nft
Photo by Executium on Unsplash

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat NFT. Namun, sebelumnya kamu harus memahami cara kerja jual beli NFT.

Pertama, kamu harus memiliki dompet digital untuk membeli kripto. Kedua, kamu harus menggunakan platform NFT seperti OpenSea, SuperRare, Nifty Gateway, Foundation, VIV3, BakerySwap, Axie Marketplace, atau NFT ShowRoom.

Kripto yang kamu beli melalui dompet digital akan digunakan untuk membayar salah satu platform di atas.

Buat dompet digital

Salah satu dompet digital yang cukup populer adalah MetaMask. Untuk membuat akun MetaMask, kamu harus mengunjungi situsnya lalu mengunduh aplikasinya yang bisa digunakan di laptop atau ponsel.

Setelah menyetujui persyaratan yang diperlukan, membuat kata sandi, dan melakukan beberapa langkah keamanan, akun dompet digital kamu siap digunakan.

Hubungkan dompet digital dengan platform NFT

Kamu bisa menggunakan salah satu platform apa itu NFT yang disebutkan di atas. Namun, sebagian besar dompet digital bekerja dengan cara yang sama.

Setelah kamu membeli ETH di dompet digital, kamu bisa menuju ke platform NFT untuk membuat NFT.

Setelah menghubungkan dompet digital dengan platform yang kamu pilih, kamu sekarang siap untuk membuat apa itu NFT.

Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengunggah file digital yang ingin kamu buat menjadi apa itu NFT. File yang bisa diunggah adalah tipe PNG, GIF, WEBP, MP4 dan MP3 berukuran hingga 30MB.

Sebelumnya, perhatikan bahwa kamu akan dikenakan biaya untuk memuat apa itu NFT dalam platform tersebut.

Selain membuat apa itu NFT, kamu juga bisa melelang dan membeli apa itu NFT yang ada di platform tersebut. Setiap NFT yang terjual akan dikenakan biaya potongan dari masing-masing platform.

BACA JUGA: Cocok Untuk Pemburu Sunrise, Kunjungilah 10 Spot Sunrise Di Bali Paling Indah Ini

Siap jadi kolektor NFT?

Wah, ternyata seru juga ya ngebahas apa itu NFT. Buat kamu para seniman digital, jangan khawatir karya kamu bakal dibajak lagi. Setidaknya dengan adanya blockchain di NFT, karya kamu akan semakin mudah dilacak.

Akan tetapi, jangan terburu-buru karena tren ya. Sebelum kamu terjun ke dunia NFT, sebaiknya pelajari dulu semua tentang NFT sampai benar-benar matang. Nah, kalau sudah siap tinggal koleksi deh. Selamat mencoba!

Mau menginap di hotel kapsul yang anti mainstream? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like