@Valley Creek Dental Care

Kenali Apa Itu Invisalign dan Kegunaanya Bagi Gigimu!

Apa itu invisalign? Mungkin pertanyaan tersebut melintas di benak kamu setelah membaca judul di atas. SIngkatnya invisalign adalah salah satu metode yang bisa kamu pilih dan lakuka untuk membuat gigi kamu berjejer dengan rapi. Memiliki jejeran gigi yang sehat dan rapi tentunya merupakan impian setiap orang. Selain metode behel atau kawat gigi yang umum, faktanya kamu juga bisa merapikan gigi kamu dengan metode invisalign.

Invisalign bisa dibilang merupakan salah satu cara merapikan gigi yang banyak digunakan dan cukup populer saat ini. Sebenarnya invisalign merupakan sebuah merek dagang dari alat perawatan gigi lepasan produksi Amerika Serikat yang berbentuk “jaket gigi” untuk mencegah dan memperbaiki struktur gigi yang berantakan yang terbuat dari plastik. Mirip seperti jenis retainer bening yang biasa dipakai untuk mempertahankan bentuk jejeran gigi setelah lepas behel, invisalign ini lebih lentur dibanding retainer biasa.

Apa Itu Invisalign: Memahami Cara Kerja Invisalign

Apa itu invisalign dan bagaimana cara kerjanya? Kamu tentu sudah paham dengan bagaimana cara behel merapikan gigi yang berantakan dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat. Di sisi lain, invisalign merapikan gigi dengan memberikannya tekanan dari luar dan dalam.

Cara kerja invisalign adalah dengan memasukkan cetakan bening serupa bentuk jajaran gigi kamu di rahang atas dan bawah. Selama proses tersebut tekanan dari alat invasalign akan secara perlahan menekan setiap gigi kamu yang kemudian akan mengubah posisinya dan meratakan alur gigi.

Apa Itu Invisalign: Keuntungan Pakai Invisalign

1. Apa Itu Invisalign: Tidak Menyebabkan Luka

Apa itu invisalign dan apa saja keuntungannya? Salah satu keuntungan yang paling umum dari pemakaian alat ini adalah tidak adanya kawat untuk mengikat gigi kamu. Hal ini membuat kamu tak perlu khawatir lidah atau gusi berdarah karena tergesek-gesek dengan alat ini.

2. Apa Itu Invisalign: Tidak Terlalu Mencolok

@Edwardolive/Getty Images

Seperti gambar di atas alat ini tak memiliki warna atau memiliki tampilan bening. Hal ini membuat kamu seperti tak memiliki apapun di atas gigi kamu karena hampir tidak terlihat.

3. Apa Itu Invisalign: Mudah Dibersihkan

Meskipun warnanya bening alat ini termasuk mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu menyikatnya menggunakan sikat gigi berbulu halus secara perlahan.

4. Apa Itu Invisalign: Bisa Lepas Pasang

Apa itu invisalign dan apakah alat ini bisa dilepas pasang? Jawabannya adalah bisa. Alat ini boleh dilepas saat kamu makan, menggosok gigi, dan berkumur. Hal ini membuat kamu bisa menikmati makanan kesukaan dengan nyaman.

Apa Itu Invisalign: Risiko Pakai Invisalign

1. Apa Itu Invisalign: Tidak Nyaman Pada Awalnya

Apa itu invisalign dan apa saja risikonya? Salah satu risiko paling umum yang mungkin kamu rasakan sesaat menggunakan alat ini adalah adanya rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini dikarenakan adanya persaaan penuh di bagian mulut atau agak sakit ketika digerakkan.

2. Apa Itu Invisalign: Biayanya Lebih Mahal

@KlikDokter

Selain risiko di atas, salah satu hal yang banyak oran keluhkan dari pemasangan alat ini adalah biayanya yang mahal. Hal ini dikarenakan tidak semua dokter gigi mampu melakukan perawatan ini dan memiliki fasilitas atau sumber daya untuk melakukannya. Selain itu proses pembuatan alat ini juga melibatkan teknologi digital yang canggih.

3. Apa Itu Invisalign: Reaksi Alergi

Apa itu invisalign dana apakah alat ini bisa menimbulkan reaksi alergi? Bagi beberapa orang, beberapa bahan material yang digunakan untuk membuat alat ini bisa saja memicu alergi. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk berkonsultasi terlebih dulu ke dokter gigi sebelum melakukan perawatan ini.

Baca Juga: Gigi Kuning? Ini Dia Penyebabnya dan Cara Terbaik untuk Memutihkan Gigi Secara Alami!

4. Apa Itu Invisalign: Risiko Pecah atau Rusak

Meski terbuat dari 100 plastik, alat ini juga bisa pecah atau bahkan rusak bila tidak dirawat dengan baik. Biasanya kerusakan terjadi akibat alat ini tidak rutin dibersihkan.

5. Apa Itu Invisalign: Butuh Waktu Lebih Lama

Karena terbuat dari plastik yang fleksibel, daya tarik alat ini tidak sekuat ketika Anda pakai kawat gigi. Akibatnya, Anda mungkin butuh waktu lebih lama untuk pakai invisalign dibanding dengan kawat gigi biasa.

6. Apa Itu Invisalign: Agak Rumit Ketika Digunakan

Apa Itu Invisalign

@Guesehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus melepas alat ini ketika sedang makan atau minum lalu menggunakannya lagi setelahnya. Sebelum menggunakannya kembali, Anda pun diharuskan untuk membersihkan gigi terlebih dulu.

Apa Itu Invisalign: Tidak Semua Orang Bisa dan Cocok Menggunakan Alat Ini

Apa iyu invisalign dan apakah metode ini bisa dilakukan oleh semua orang? Faktanya invisalign bisa digunakan untuk mengatasi sebagian besar masalah struktur dan jajaran gigi seperti gigi berantakan, gigi tumbuh bengkok, gigi kecil di atas, di bawah, atau ada celah.

Namun penting untuk diketahui jika tidak semua kasus gigi berantakan dapat diatasi dengan pemasangan alat ini. Alat ini hanya efektif untuk menangani kasus gigi berantakan yang ringan seperti gigi terlalu rapat atau agak renggang, dan overbite ringan karena rahang bawah tidak sejajar dengan rahang atas.

Baca Juga: Kenali Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles