Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Apa Itu Buah Kerben, Beri Asli Indonesia yang Nikmat dan Menyegarkan

Kamu sudah tahu apa itu buah kerben?

Apa itu buah kerben? Beri-berian adalah buah yang sering dikonsumsi banyak orang dan banyak tumbuh di berbagai negara, termasuk Indonesia. Buah kerben adalah salah satunya.

Ternyata, kerben adalah buah asli Indonesia lho. Sayangnya belum banyak yang mengetahui keberadaan buah ini. Pasalnya, kerben termasuk buah yang cukup sulit ditemukan meskipun tidak langka.

Lalu apa itu buah kerben sebenarnya? Nah, daripada penasaran, yuk kita cari tahu sama-sama.

Tumbuh liar di pegunungan

apa itu buah kerben
Photo by Ramona Kudure on Unsplash

Apa itu buah kerben tumbuh liar di daerah pegunungan. Tepatnya, buah ini bisa ditemukan di Desa Suko Pangkat, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Kerben tumbuh subur di hutan liar yang merupakan ladang penduduk di sana. Masyarakat lokal menanam apa itu buah kerben dengan cara wanatani (agroforestry).

Wanatani adalah cara mengelola sumber daya alam dengan memadukan penanaman pohon dan tanaman jangka pendek dalam area yang sama. Di Desa Suko Pangkat, apa itu buah kerben ditanam bersamaan dengan pohon kopi dan kayu manis.

BACA JUGA: Foodies Wajib Tahu! Ini Dia Asal Usul Nama Makanan Populer Di Dunia

Apa itu buah kerben? Tidak membutuhkan perawatan khusus

apa itu buah kerben
Photo by Niklas Hamann on Unsplash

Buah kerben tumbuh di area pegunungan dengan ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Karena liar dan tidak membutuhkan perawatan khusus, buah kerben kerap ditemukan di halaman rumah penduduk lokal.

Jika kamu berkunjung ke Desa Suko Pangkat, kamu akan menemukan apa itu buah kerben liar yang melimpah. Saking banyaknya, buah ini sering dibiarkan begitu saja dan jarang dikonsumsi warga.

Ketika kerben tidak dipetik, seiring berjalannya waktu buahnya akan jatuh ke tanah. Hal ini membuat buah menjadi bibit baru yang kemudian akan membuat ekosistem kerben yang baru.

Meskipun mirip secara penampilan, buah kerben berbeda dari stroberi. Apa itu buah kerben tidak mempunyai batang tegak yang dihiasi banyak duri.

Selain tumbuh dengan liar, apa itu buah kerben bisa tumbuh kapan saja dan tidak mengenal musim. Tak heran jika buah ini tumbuh dengan subur.

Memiliki bentuk yang mirip stroberi

apa itu buah kerben
Photo by Call Me Fred on Unsplash

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, apa itu buah kerben memiliki bentuk yang mirip dengan stroberi. Namun, dari segi warna, buah ini lebih mirip dengan rasberi.

Jika dibandingkan, kerben memiliki ukuran yang lebih kecil dan tekstur yang lebih lembut. Biasanya, jika kerben sudah matang, warnanya akan menjadi merah menyala dan rasanya manis dengan tambahan sedikit asam.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Ritual Makan Paling Unik Di Dunia Yang Aneh Dan Ekstrim!

Apa itu buah kerben? Bisa diolah menjadi banyak hal

apa itu buah kerben
Photo by Marian Hearne on Unsplash

Kerben adalah buah yang serbaguna. Selain dimakan langsung, kerben bisa diolah menjadi banyak hal. Misalnya, penduduk Desa Suko Pangkat kerap mengolah kerben menjadi selai dan ini telah dilakukan oleh mereka sebagai sumber ekonomi alternatif.

Selain itu, kerben juga bisa dibuat menjadi smoothies, jus, dessert, dan berbagai olahan lain. Kamu bisa mencobanya dan berkreasi sesuka hati.

Memiliki banyak manfaat kesehatan

apa itu buah kerben
Photo by Bozhin Karaivanov on Unsplash

Kerben merupakan buah asli Indonesia dan seperti beri-berian lain, buah ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dalam beri pada umumnya, termasuk apa itu buah kerben.

Buah beri dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu kamu mengelola gula darah, dan melawan efek penuaan pada otak.

Selain itu, ada manfaat buah kerben lain yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Apa itu buah kerben? Kaya akan antioksidan

Buah beri kaya akan antioksidan yang bisa membantu mengendalikan radikal bebas. Sumber antioksidan yang hebat seperti anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol juga bisa ditemukan di apa itu buah kerben.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang bermanfaat dalam jumlah kecil tetapi dapat merusak sel ketika jumlahnya terlalu tinggi.

Kaya akan serat

Buah beri adalah sumber serat yang baik, termasuk apa itu buah kerben. Jika kamu mengonsumsi buah ini, serat larut yang ada di dalamnya bisa memperlambat pergerakan makanan sehingga membuat kamu lebih cepat merasa kenyang.

BACA JUGA: Cari Tahu Fakta Foie Gras, Makanan Mewah Sisca Kohl Yang Banyak Mendapat Kecaman Pecinta Hewan

Apa itu buah kerben? Sumber nutrisi yang beragam

Buah beri seperti apa itu buah kerben memiliki kalori yang rendah dan kaya akan nutrisi. Tidak hanya antioksdian, kerben juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah rata-rata kandungan buah beri untuk sajian per 100 gram

Kalori: 42

Protein: 1 gram

Karbohidrat: 11 gram

Serat: 2 gram

Gula: 7 gram

Vitamin C: 10 miligram

Apa itu buah kerben? Mampu melawan peradangan

Buah beri memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Begitu pula apa itu buah kerben. Peradangan adalah cara tubuh mempertahankan diri dari infeksi atau cedera dan flavonoid yang adalam beri bisa membantu mengatasinya.

Flavonoid adalah berbagai senyawa yang ditemukan secara alami di banyak buah dan sayuran. Senyawa ini juga ada dalam produk tanaman seperti anggur, teh, dan cokelat. Flavonoid kaya akan antioksidan dan dapat membantu tubuh menangkal racun sehari-hari.

Ada enam jenis flavonoid yang ditemukan dalam makanan, dan masing-masing jenis dipecah oleh tubuh dengan cara yang berbeda.

Bisa dikonsumsi oleh hampir semua orang

apa itu buah kerben
Photo by Massimo Adami on Unsplash

Buah beri seperti apa itu buah kerben bisa dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali orang-orang yang menjalankan diet tertentu seperti diet paleo, vegetarian, atau vegan.

Meskipun orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat dan ketogenik sering menghindari buah, kamu bisa menikmati buah kerben dalam jumlah sedang.

Jika kamu juga sedang ingin menurunkan berat badan, kalori yang ada dalam buah beri bisa kamu masukkan ke dalam makanan, camilan, atau makanan penutup.

BACA JUGA: Tidak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Mau staycation di hotel kapsul yang anti mainstream? Menginap di Bobobox aja!

Bingung liburan mau ke mana? Staycation aja di Bobobox. Hotel capsule Jakarta yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like