Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Apa Itu Birthday Blues, Fenomena Kesedihan dan Depresi Saat Hari Ulang Tahun

Jangan diabaikan, ada banyak cara untuk menyelesaikannya

Apa itu birthday blues? Banyak orang merayakan hari ulang tahun dengan penuh keceriaan. Hari bertambahnya usia ini biasanya diisi dengan pesta dan ucapan-ucapan doa. Akan tetapi, beberapa orang justru bersedih. Nah, fenomena ini dikenal juga sebagai birthday blues.

Kira-kira apa itu birthday blues ya? Sederhananya, ini adalah perasan sedih, cemas dan tidak bahagia yang muncul saat kamu berulang tahun karena keadaan mental yang kurang baik. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu birthday blues, kita simak di sini sama-sama yuk.

Bermula dari depresi

Apa itu birthday blues
Photo by Yuris Alhumaydy on Unsplash

Dikutip dari situs Verywell Mind, Menurut Dr. Ernesto Lira de la Rosa, seorang psikolog klinis, apa itu birthday blues bukanlah gangguan mental yang terpisah.

Seseorang yang mengalami kesedihan saat berulang tahun atau menjelang hari ulang tahun ternyata berakar dari satu masalah mental yaitu depresi dan gangguan kecemasan. Jika kamu memiliki riwayat depresi atau gangguan kecemasan, apa itu birthday blues akan lebih mudah menghampiri.

Orang yang mengalami apa itu birthday blues juga memiliki beberapa gejala. Seringkali, gejala ini sangat mirip dengan depresi. Diktuip dari situs Medical News Today, berikut adalah gejala yang dialami seseorang dengan birthday blues.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Perayaan Ulang Tahun Unik Di Berbagai Belahan Dunia

  • Lelah dan tidak bersemangat di hari-hari menjelang ulang tahun
  • Merasa sedih secara tiba-tiba
  • Merasa takut atau cemas sebelum dan pada hari ulang tahun
  • Kehilangan kepercayaan diri atau harga diri
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Menghindari interaksi dengan orang-orang, termasuk keluarga dan teman
  • Kesulitan tidur atau bangun
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mengalami sakit dan nyeri fisik
  • Memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri

Apa itu birthday blues juga datang bukan tanpa sebab. Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental tersebut.

Terjadi karena trauma masa kecil

Apa itu birthday blues
Photo by Zachary Kadolph on Unsplash

Kesedihan yang dirasakan pada saat berulang tahun bisa terjadi karena trauma masa kecil. Tidak semua keluarga bisa merayakan hari ulang tahun dengan meriah. Sebaliknya, beberapa orang justru mengalami kejadian menyeramkan di hari ulang tahun mereka.

Kejadian ini terbawa terus hingga dewasa sehingga meninggalkan trauma dan menyebabkan apa itu birthday blues. Oleh karena itu, setiap hari ulang tahun tiba, memori ini akan kembali dan memberikan perasaan yang buruk.

BACA JUGA: Punya Trauma Masa Kecil? Yuk Kenali Apa Itu Inner Child

Rasa takut menghadapi hari tua

Apa itu birthday blues
Photo by Rod Long on Unsplash

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak juga tantangan yang akan dihadapi. Beberapa orang menghadapinya dengan penuh keberanian. Akan tetapi, banyak juga orang yang ketakutan sehingga mengalami apa itu birthday blues.

Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan yang terjadi dalam hal fisik seperti keriput yang mulai muncul dan stamina yang tak lagi kuat. Selain itu, tanggung jawab yang diemban juga tak lagi sama dengan saat masih muda.

Kecemasan ini semakin bertambah seiring memasuki usia 30, 40, atau 50-an. Penyebab apa itu birthday blues ini dikenal juga dengan thanatophoibia yaitu ketakutan akan kematian.

Kecewa dengan diri sendiri karena tak berprestasi

Apa itu birthday blues
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Hari ulang tahun adalah hari untuk berefleksi dan bagi orang-orang dengan apa itu birthday blues, hari ini bisa menyebabkan tekanan besar.

Jika seseorang merasa bahwa ia tidak berada di kondisi yang ia harapkan dalam hidup, hari ulang tahun hanya kan menjadi pengingat bahwa ia tidak berhasil dalam hidup.

Kekecewaan dan perasaan tidak berharga dapat muncul jika orang tidak dapat memenuhi harapan dan perasaan ini mungkin sulit diatasi pada hari ulang tahun.

Cara mengatasi apa itu birthday blues

Apa itu birthday blues
Photo by Seyedeh Hamideh Kazemi on Unsplash

Ada berbagai macam cara yang dapat dilkakukan untuk membantu menyembuhkan apa itu birthday blues. Cara tersebut setidaknya bisa meredakan perasaan negatif yang kamu alami.

Untuk meringankan kondisi ini dan lebih memahami dari mana asalnya, kamu bisa mencoba salah satu cara yang diuraikan di bawah ini.

Berdamai dan terima kondisimu apa adanya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima kondisimu apa adanya. Jangan berusaha untuk melawan kesedihan yang menghampiri saat apa itu birthday blues datang. Pahami dengan baik perasaan tersebut dan cobalah untuk mengurainya.

Membiarkan diri kamu merasakan emosi tanpa dihakimi oleh siapa pun bisa membuat kamu memproses makna yang lebih dalam di balik apa itu birthday blues. Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan beberapa kesedihan yang sedang kamu rasakan.

Bicarakan apa itu birthday blues dengan orang kamu percaya

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengekspresikan perasaanmu kepada teman atau anggota keluarga. Seseorang yang kamu kenal mungkin mengalami juga apa itu birthday blues sehingga bisa menjadi pendengar yang baik karena kesamaan perasaan.

Dengan bersikap terbuka terhadap apa yang kamu rasakan dan mengomunikasikan tentang apa itu birthday blues yang kamu alami dengan orang lain bisa memberikan kelegaan.

Temukan cara terbaik untuk merayakan ulang tahunmu

Tidak ada aturan yang pasti untuk merayakan ulang tahun. Bahkan, tidak masalah jika kamu tidak mau merayakannya. Ulang tahun adalah hari di mana kamu bisa menjadi sedikit egois.

Jika kamu menyukai perayaan yang mewah, cobalah untuk mengadakan hari seperti itu. Jika kamu lebih suka waktu berkualitas bersama keluarga, lakukannlah hal tersebut.

Jika kamu memilih untuk berdiam diri di kamar dan bersantai sambil menonton film atau membaca buku, lakukannlah hal tersebut.

Mengalami apa itu birthday blues tidak membuat kamu jadi tidak bersyukur. Faktanya, banyak orang yang mengalami apa itu birthday blues menjalani kehidupan yang sehat dan produktif.

Kamu hanya perlu menelaah mengapa kamu merasa seperti ini dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala ini.

BACA JUGA: Cara Bangkit Dari Keterpurukan: Jangan Lakukan Hal Ini Kalau Mau Punya Mental Kuat!

Mau staycation dengan aman dan tenang? Ya cuma ada di Bobobox

Ingin merayakan hari ulang tahun sendirian? Yuk manjakan dirimu dengan staycation di Bobobox. Dijamin bakal tenang dan bikin nyaman lho.

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like