Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ngantuk Saat Jam Kerja? Kembali Segar dan Produktif dengan Power Nap, Yuk!

Luangkan waktu sejenak agar badan dan pikiran tetap enak

Rasa kantuk tak tertahankan seringkali melanda di saat yang kurang tepat sehingga tidak sedikit yang melakukan power nap untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini seringkali dirasakan para pekerja terutama di jam-jam setelah makan siang.

Banyaknya pekerjaan yang menunuggu akan memaksa mereka untuk mengusir rasa kantuk tersebut dengan secangkir kopi atau sebisa mungkin menghalaunya dengan terus berfokus pada pekerjaan. Namun, jika rasa kantuk tersebut diabaikan, hal itu justru membuat mereka malah kehilangan fokus.

Di sinilah power nap diperlukan. Power nap sendiri bisa diartikan sebagai tidur siang singkat namun berkualitas. Dengan kamu melakukan tidur siang singkat tersebut, otak dan tubuh kamu pun memiliki waktu untuk beristirahat. Karenanya, saat kamu terbangun kamu akan merasa lebih segar, berenergi, dan tentunya bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan kamu.

Mau tahu lebih lanjut tentang apa itu power nap beserta manfaat dari jenis tidur tersebut? Simak informasinya berikut ini!

Apa itu Power Nap?

freepik shutter2u

Waktu masih kecil, kamu mungkin terbiasa tidur di siang hari sepulang sekolah lalu terbangun sore harinya. Setelah tidur untuk beberapa jam, tubuh kamu kembali segar sehingga kamu bisa melanjutkan aktivitas seperti mengerjakan PR, bermain, atau membantu orang tua.

Hanya saja, setelah kamu dewasa dan memiliki tanggung jawab dalam pekerjaan kamu, kamu tidak bisa lagi tidur siang hingga berjam-jam. Meski begitu, kamu masih bisa kok recharge energi kamu dengan tidur. Cukup dengan 20-30 menit saja, tubuh dan pikiran kamu akan kembali segar dan kamu akan bersemangat untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan yang maish tersisa.

Nah, tidur siang singkat dengan durasi 20-30 menit ini disebut dengan istilah power nap. Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas yang merupakan seorang psikolog sosial dari Cornel University.

Jenis tidur ini berbeda dengan tidur biasa. Selain karena durasinya lebih singkat, proses tidur ini umumnya hanya memasuki dua tahap dari keseluruhan proses tidur dan memutusnya sebelum memasuki fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS).

Sementara itu, tidur malam yang biasa kamu lakukan sudah melalui keseluruhan siklus tidur yakni sampai REM (rapid eye movement) sleep. REM sleep adalah tahap terakhir dalam siklus tidur seseorang. Untuk berada di fase tersebut, kamu biasanya membutuhkan waktu 90-120 menit.

Jenis-Jenis Tidur Siang

freepik yanalya

Tidur siang terdiri dari beberapa jenis tergantung pada durasi waktu tidurnya. Yang pertama, ada nano nap yakni tidur siang yang hanya berdurasi sekitar dua sampai lima menit. Tidur siang super singkat ini bisa kamu lakukan jika kamu memiliki waktu yang sangat terbatas di sela aktivitas pekerjaan kamu yang cukup padat.

Selanjutnya, ada juga jenis tidur mini nap yang berdurasi selama 5-20 menit saja. Nah, setelah ini ada power nap, jenis tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Jenis tidur siang ini dinilai paling ideal karena bisa memberikan manfaat tidur yang optimal.

Nah, yang terakhir ada lazy man’s nap. Dari namanya sudah ketahuan bahwa tidur siang ini berdurasi lebih panjang dari jenis-jenis tidur siang lainnya. Lazy man’s nap ini bisa dilakukan selama 50 sampai 90 menit.

Jenis tidur ini bisa dilakukan jika kamu memiliki waktu luang sehingga tidak disarankan bagi kamu yang sangat sibuk. Selain itu, jenis tidur siang ini juga kurang efektif. Ketika kamu terbangun, kamu justru merasa pusing, linglung, lesu dan justru tidak produktif. Selain itu, tidur siang lebih dari 40 menit juga dinilai dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat Power Nap

freepik drobotdean

Berdasarkan beberapa studi, power nap dapat membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan stamina tubuh kamu. Setelah kamu melakukan tidur siang tersebut, tubuh kamu yang penat serta otak kamu yang sempat melambat akibat rasa kantuk juga akan menjadi lebih relaks. Selain itu, power nap juga dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, serta menajamkan keterampilan motorik.

Lebih lanjut, tidur siang ini juga bermanfaat bagi kamu yang harus berkendara di siang hari karena tuntutan pekerjaan. Dengan beristirahat sejenak, kamu bisa menghindari risiko kecelakaan saat mengemudikan kendaraan karena power nap dapat membantu mengingkatkan kewaspadaan.

Meskipun sebagian orang mungkin menganggap tidur siang sebagai kebiasaan orang malas, nyatanya dampak positif dari power nap sangat diperlukan oleh banyak karyawan kantor yang harus berkutat dengan pekerjaan mereka dari pagi hingga sore hari. Belum lagi banyak tekanan yang harus mereka terima dalam lingkungan pekerjaan mereka.

Karenanya, kebiasaan power nap ini telah diterapkan di beberapa perusahaan besar dunia. Sebut saja Google, Nike, hingga NASA (National Aeronautics and Space Administration). Perusahaan-perusahaan tersebut sudah menyediakan tempat bagi karyawannya untuk melakukan power nap sehingga produktivitas dan kreativitas mereka tetap terjaga dan malah meningkat.

Tips Melakukan Power Nap

freepik zavalishina

Agar kamu dapat merasakan manfaat optimal dari power nap, kamu tidak boleh asal-asalan dalam melakukannya. Sebelum memulai, kamu harus memperhatikan waktu luang yang kamu punya selama bekerja. Dengan begitu, kamu bisa mengatur berapa lama tidur siang yang akan kamu gunakan.

Perlu diingat, sangat tidak disarankan untuk tidur lebih dari 30 menit karena malah akan membuat kamu lesu dan tidak produktif. Hal ini tentu harus dihindari dan sangat berbahaya bagi karyawan kantoran yang harus selalu berpikir dan bertindak cepat. Maka dari itu, ada baiknya kamu memasang alarm agar terhindar dari tidur berlebihan.

Selanjutnya, tentukan waktu untuk power nap. Waktu yang paling ideal untuk melakukannya adalah antara pukul 13.00 hingga 15.00. Di jam-jam tersebut, suhu tubuh akan menurun dan hormon tidur melatonin kamu sedang meningkat.

Selanjutnya kamu perlu menemukan tempat yang ideal untuk power nap mengingat tidak semua perusahaan sudah menydiakan tempat untuk tidur siang singkat. Ruangan yang sejuk, gelap, dan teentunya tidak berisik adalah tempat ideal untuk power nap.

Kamu mungkin kesulitan untuk menemukan tempat seperti itu. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan penutup mata sambil menggunakan aplikasi white noise (suara yang dihasilkan dari kondisi sekitar untuk menyamarkan kebisingan seperti suara hujan angin laut, dsb).

Selama tidur, sebaiknya kamu mematikan notifikasi ponsel kamu agar tidur tetap nyaman dan tanpa gangguan. Sebelum melakukan power nap, kamu juga bisa meminum kopi terlebih dahulu agar kamu terbangun dalam keadaan penuh konsentrasi dan tetap waspada. Kopi sendiri akan bereaksi 20-30 menit setelah diminum. Pas banget kan sama durasi power nap!

Tidur Nyenyak di Bobobox

bobobox hotel kapsul

Selain memanfaatkan power nap, tubuh kamu akan kembali segar jika kamu tidur dalam waktu yang cukup. Untuk lebih menyegarkan pikiran kamu, kamu bisa atur waktu untuk melakukan staycation di hotel. Tidak usah pusing-pusing, ke Bobobox saja!

Hiraukan segala prasangka bahwa hotel kapsul itu pengap, tidak nyaman, dan mahal. Meskipun memiliki desain minimalis, pod di Bobobox tidak sempit kok. Minimalis di sini adalah pemanfaatan luas ruangan yang sedemikian rupa sehingga tidak banyak memakan tempat untuk aksesori atau furnitur yang tidak perlu.

Sirkulasi udaranya juga sangat nyaman karena pod Bobobox memiliki katup air conditioner yang suhunya bisa kamu atur. Selain itu, kamu juga akan menjumpai fitur Bluetooth speaker agar kamu bisa mendengarkan alunan musik yang kamu suka agar tidur kamu semakin nyaman.

Lalu, ada juga moodlamp yang membuat kamu bisa mengatur warna cahaya kamar sesuai mood agar tidur kamu makin nyenyak. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai latar foto agar hasilnya semakin instragammable.

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan dapatkan pengalaman menginap nyaman dan menyenangkan!

You might also like