Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pilih Apartemen atau Rumah? Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Terlebih Dahulu!

Yang mana hunian ideal untukmu?

Memilih hunian yang tepat memang harus dipertimbangkan matang-matang agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu sedang bingung dalam memutuskan untuk memilih tinggal di rumah biasa atau apartemen, sebaiknya simak terlebih dahulu ulasan Bob berikut ini tentang beberapa kelebihan dan kekurangan apartemen sebagai hunian ideal.

Kelebihan Apartemen

1. Lokasi Strategis

kelebihan dan kekurangan apartemen

(Photo by @DinaraG. from Pexels)

Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan apartemen, faktor lokasi apartemen yang strategis sepertinya menjadi salah satu keuntungan utama dari tinggal di apartemen. Sebab, para developer biasanya akan memilih tempat-tempat yang dekat dengan pusat bisnis, perkantoran, rumah sakit, dan tempat-tempat penting lainnya sebagai lokasi pembangunan apartemen. Lokasi tersebut juga biasanya dekat dengan pusat transportasi, seperti jalan-jalan tol, sehingga aksesnya sangat mudah.

2. Keamanan Cukup Terjamin

Selain lokasinya yang strategis, kelebihan dan kekurangan apartemen selanjutnya adalah tingkat keamanannya yang cukup terjamin, juga merupakan keuntungan yang bisa kamu dapat jika memutuskan untuk tinggal di apartemen. Pengelola apartemen umumnya memasang CCTV di setiap sudut gedung apartemen, serta menyediakan sistem keamanan yang cukup ketat selama 24 jam penuh.

3. Fasilitas Lengkap

Kelebihan dan kekurangan apartemen selanjutnya adalah fasilitasnya yang cukup lengkap dan banyak. Fasilitas seperti kolam renang, lapangan untuk olahraga, arena bermain anak, hingga taman dan jogging track, mungkin tidak akan kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk membeli rumah di perumahan biasa pada umumnya.

BACA JUGA: Coba 5 Tips Dekorasi Rumah Menjadi Mewah Berikut Ini Agar Rumah Kamu Seperti Penthouse!

4. Minimalis dan Praktis

Untuk kamu kaum urban yang ingin hidup minimalis dan praktis, maka kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu untuk memilih apartemen sebagai tempat tinggal. Karena lahannya yang terbatas, mau tidak mau kamu harus meminimalisir barang-barang yang tidak perlu di apartemenmu.

kelebihan dan kekurangan apartemen

(Photo by @VecislavasPopa from Pexels)

Selain itu, tinggal di apartemen juga dirasa lebih praktis bagi sebagian orang karena kamu bisa mendapatkan macam-macam kebutuhanmu dengan cepat dan mudah. Contohnya seperti mencari makan atau belanja, apartemen pada umumnya biasanya memiliki fasilitas restoran dan minimarket, bahkan supermarket.

5. Dibanding Rumah, Harga Apartemen Cenderung Lebih Murah

Jika kamu memiliki budget yang terbatas, maka apartemen bisa menjadi alternatif tempat tinggal yang bisa kamu pertimbangkan. Sebab, harga apartemen biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan rumah pada umumnya (tentu saja tergantung faktor lokasi dan beberapa faktor lainnya). Kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu ini dikarenakan konsumen hanya membeli bangunan saja, tidak dengan lahan atau tanah.

6. Bernilai Investasi

Siapa bilang kalau hanya rumah yang memiliki nilai investasi yang menjanjikan? Apartemen pun memiliki nilai investasi yang cepat naik, loh. Kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu ini juga pasti menjadi salah satu pertimbangan bagi mereka yang memutuskan untuk membeli apartemen dibanding rumah sebagai aset atau investasi properti.

7. Privacy Lebih Terjamin

Kelebihan dan kekurangan apartemen lainnya adalah privacy-mu yang akan lebih terjamin jika tinggal di apartemen dibanding rumah biasa. Sebab, mereka yang tinggal di apartemen biasanya tidak terlalu sering, atau malah hampir tidak pernah bersosialisasi dengan para tetangga. So, kamu dijamin akan terhindar dari ancaman tetangga yang nyinyir atau yang selalu ingin tahu urusan orang lain.

8. Bebas Banjir

Salah satu kelebihan dan kekurangan apartemen berikutnya adalah jaminan bebas dari banjir. Meskipun mungkin apartemen tempat tinggalmu berada di kawasan rawan banjir sekalipun, biasanya unitmu tetap akan aman dari banjir karena berada di tingkat yang cukup tinggi. Sedangkan banjir biasanya hanya merendam bagian lantai dasar saja.

9. Bonus Pemandangan Indah

Bonus pemandangan indah tentu saja merupakan salah satu keuntungan yang akan kamu dapat jika tinggal di apartemen, terutama di lantai-lantai tertinggi. Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota dan city light di malam hari dari apartemenmu.

kelebihan dan kekurangan apartemen

(Photo by @DinaraG. from Pexels)

Jangan khawatir jika unit apartemenmu berada di tingkat yang tidak terlalu tinggi. Kamu masih bisa menikmati kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu ini dengan pergi ke rooftop apartemen tempatmu tinggal.

Kekurangan Apartemen

1. Maintenance Fee dan Biaya Lainnya yang Cukup Tinggi

Di balik segala fasilitas dan keuntungan yang bisa kamu dapat, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen. Salah satunya adalah mengenai biaya maintenance atau perawatan yang biasanya cukup tinggi.

Para pengelola biasanya membebankan berbagai macam biaya kepada para penghuni. Contohnya seperti biaya listrik, air, kebersihan, parkir kendaraan, serta iuran pemeliharaan lingkungan. Belum lagi jika ada pungutan biaya pemeliharaan fasilitas tambahan seperti kolam renang, jogging track, atau taman, yang tetap harus kamu bayar meskipun mungkin kamu tidak pernah menggunakannya.

2. Tak Punya Lahan Bebas Sendiri

kelebihan dan kekurangan apartemen

(Photo by @GeorgeBecker from Pexels)

Kelebihan dan kekurangan apartemen lainnya adalah bahwa kamu tidak akan punya lahan bebas sendiri. Kekurangan ini tentu saja harus dijadikan bahan pertimbangan bagi kamu yang gemar menata halaman, berkebun, atau menanam bunga di rumah. Lahan bebas yang tersedia untukmu biasanya hanya sebatas balkon kecil saja.

3. Lebih Sempit Daripada Rumah

Selain tak punya lahan bebas sendiri, kelebihan dan kekurangan apartemen lainnya adalah luas tempatnya yang terbatas atau biasanya lebih sempit daripada rumah biasa. Dengan ruang terbatas ini, kamu harus pintar-pintar untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin agar menjadi hunian yang nyaman.

BACA JUGA: Tiny House, Inspirasi Rumah Lahan Sempit Yang Jadi Solusi

4. Jarang Bersosialisasi

Bagi kamu yang gemar bersosialisasi dengan para tetangga, maka kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu ini juga mesti kamu pertimbangkan. Di apartemen, jangan harap bisa akrab dengan para tetangga. Sebab, para penghuni apartemen biasanya adalah kaum urban yang sibuk dengan kegiatan masing-masing, serta cenderung menghabiskan waktunya di dalam apartemen saja dan tidak punya waktu untuk bercengkrama dengan tetangga.

5. Kendala Akses Menuju Unit

Kelebihan dan kekurangan apartemen selanjutnya adalah akses yang bisa jadi cukup sulit untuk menuju unit masing-masing. Jika kamu bisa langsung berada di pintu masuk tempat tinggalmu jika tinggal di rumah biasa, maka tidak dengan apartemen.

kelebihan dan kekurangan apartemen

(Photo by @GeorgeBecker from Pexels)

Tinggal di apartemen, artinya kamu harus rela untuk menggunakan lift untuk turun-naik setiap hari. Jika lift sedang rusak? Mau tak mau naik tangga! Tentu hal ini akan sedikit menghambat mobilitasmu. Tak heran jika para penghuni apartemen biasanya berlomba-lomba mendapat unit yang berada di lantai-lantai bawah.

6. Risiko Saat Terjadi Bencana

Kelebihan dan kekurangan apartemen yang juga tak boleh ketinggalan sebagai bahan pertimbanganmu adalah risiko saat terjadi bencana. Menghadapi bencana seperti gempa atau kebakaran di apartemen tentu saja akan jauh berbeda dengan jika kamu tinggal di rumah biasa. Maka, sebaiknya pikirkanlah hal ini terlebih dahulu secara matang.

7. Gangguan Sinyal Telekomunikasi

Kelebihan dan kekurangan apartemen lainnya yang harus kamu pikirkan adalah gangguan sinyal telekomunikasi yang kerap dirasakan oleh para penghuni apartemen. Hal ini disebabkan oleh bangunan apartemen yang tinggi dan terbuat dari beton-beton tebal yang mengakibatkan jaringan telekomunikasi sulit dicapai di area-area tertentu.

8. Ada Beberapa Peraturan yang Harus Dipatuhi

Kelebihan dan kekurangan apartemen terakhir yang bisa jadi bahan pertimbanganmu adalah bahwa dengan tinggal di apartemen berarti kamu harus setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku. Peraturan yang harus dipatuhi biasanya lebih ketat dibanding jika kamu tinggal di perumahan biasa.

BACA JUGA: Ingin Punya Rumah Sendiri? Baca 7 Tips Membeli Rumah Pertama Ini!

Para pengelola apartemen biasanya tidak mengizinkan penghuninya memasang paku sembarangan yang berpotensi merusak dinding apartemen, melakukan hal-hal yang mengganggu tetangga sebelah, atau sekadar memelihara hewan peliharaan. Selain itu, jika kamu ingin memasukkan barang-barang besar seperti sofa atau lemari, kamu diharuskan melapor terlebih dahulu pada pihak apartemen dan membawa barang-barang tersebut dengan lift barang yang tersedia.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Lagi bosan dengan suasana rumahmu? Ingin refreshing atau me time sejenak di tempat yang nyaman dan unik? Cobain aja staycation di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like