Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bartega, Kelas Melukis Online Untuk Mengekspresikan Dirimu

Kelas melukis online ini bukan hanya untuk berekspresi tapi juga baik untuk kesehatan mental lho

Di tengah pandemi seperti sekarang banyak kelas online bertebaran yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah kelas melukis online. Kamu bisa melakukannya di Bartega Studio di mana kamu akan dibimbing melukis hingga selesai. Penasaran seperti apa kelas melukis online ini? Yuk kita simak sama-sama.

Apa itu Bartega Studio?

kelas melukis online
Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Bartega Studio merupakan perusahaan yang menggabungkan seni melukis dan mencicipi wine. Kamu bisa belajar melukis akrilik sambil mencicipi wine sebagai opsi.

Studio kelas melukis ini didirikan pada bulan Februari tahun 2017 oleh Benson Putra, Jazz Pratama, dan Nadia Daniella. Mereka mencoba menggabungkan hobi mereka menjadi sesuatu yang unik dan memiliki dampak positif bagi orang lain.

Kelas yang diadakan di Bartega Studio adalah kelas melukis akrilik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas privat dan kelas publik. Kelas privat biasanya diadakan di coffee shop, co-working space, atau tempat lain yang sesuai. Untuk kelas privat, jadwal dan tempat bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Dengan menyatukan orang dari berbagai macam latar belakang, Bartega Studio bisa menjadi wadah bagi mereka untuk mengekspresikan diri.

Di sisi lain, melukis juga bisa menjadi kegiatan untuk rekreasi sekaligus memberikan pengalaman yang menenangkan. Soalnya, dengan bertemu orang baru, kamu bisa menambah teman dan beristirahat sejenak dari dunia maya.

Akan tetapi, selama pandemi Bartega Studio mengubah haluan. Dari kelas melukis yang biasanya diadakan bertatap muka, kini Bartega Studio menyediakan kelas melukis online yang bisa diakses melalui Zoom atau siaran langsung Instagram.

Kelas melukis online di Bartega Studio

kelas melukis online
bartega.com

Ada tiga paket kelas melukis online yang bisa kamu ikuti. Ada paket Zoom pass, Zoom dan kanvas, atau painting set.

Jika kamu mengikuti kelas melukis online Zoom pass, kamu hanya akan diberi akses untuk memasuki ruangan Zoom untuk mengikuti kelasnya. Untuk alat melukis, kamu perlu menyediakannya sendiri.

Untuk kelas melukis online Zoom dan kanvas, selain mendapatkan akses ke dalam ruangan Zoom, kamu juga akan dikirimi satu buah kanvas untuk melukis yang sudah diberi sketsa pensil lukisan yang akan kamu pelajari.

Kelas melukis online ini cocok untuk kamu yang belum pernah memiliki pengalaman melukis sebelumnya. Sketsa pensil yang ada akan membantu kamu dalam mengikuti kelas melukis online ini.

Terakhir, untuk paket kelas melukis online painting set, di samping akses ke ruangan Zoom dan kanvas melukis, kamu juga akan dikirimi satu set peralatan melukis. Setnya berisi kanvas lukis berukuran 30×40 cm, 5 botol cat akriliki dengan warna biru, merah, kuning, putih, dan hitam, 5 kuas dengan ukuran yang berbeda, palet lukis, dan apron sekali pakai.

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000 untuk paket Zoom pass, Rp150.000 untuk paket kanvas dan akses Zoom, dan Rp350.000 untuk paket akses Zoom, kanvas, dan set melukis.

Setiap kelas melukis online akan berlangsung selama sekitar 2,5-3 jam, tergantung dari tingkat kesulitan lukisan yang akan dipelajari.

Kelas melukis online ini ditujukan untuk para pemula. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kalau belum pernah melukis sebelumnya. Cukup ikuti instruksi dari pengajar dan ekspresikan jiwamu.

Selain melalui Zoom, Bartega Studio juga mengadakan kelas melukis online yang disiarkan langung di Instagram. Kamu bisa memberli set melukisnya secara terpisah lalu ikuti kelas melukis online tersebut setiap minggunya.

Selain untuk individu, Bartega Studio juga bisa mengadakan kelas melukis online untuk kelompok. Jika kamu dan teman-temanmu ingin mengadakan virtual gathering, kelas melukis yang satu ini pas banget untuk kamu coba, baik itu untuk merayakan hari penting atau hanya untuk bersenang-senang saja.

Manfaat kelas melukis online untuk kesehatan mental

kelas melukis online
Photo by Bench Accounting on Unsplash

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang mengalami stres selama pandemi ini berlangsung. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk berkompromi dengan situasi seperti memasak, menulis, bermain musik, dan lain sebagainya. Mengikuti kelas online juga menjadi pilihan banyak orang termasuk kelas melukis online.

Menurut artikel yang diterbitkan di Universitas Drexel, menghasilkan karya seni bisa membantu mengurangi hormon stres yang ada di dalam tubuh kamu.

Tiga puluh sembilan orang dewasa berusia 18 hingga 59 tahun diundang untuk berpartisipasi dalam kegiatan membuat karya seni selama 45 menit. Kadar kortisol, hormon penyebab stres, diambil sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung.

Alat yang disediakan untuk partisipan adalah kertas, spidol, malam, dan bahan untuk kolase. Tidak ada instruksi spesifik yang diberikan kepada para partisipan. Mereka pun boleh menggunakan alat apa saja yang disediakan untuk membuat karya seni yang mereka inginkan. Selama kegiatan berlangsung, terapis seni hadir mendampingi.

Dari semua partisipan hanya di bawah dari setengahnya yang memiliki pengalaman terbatas dalam mengasilkan karya seni.

Penelitian tersebut menemukan bahwa 75 persen kadar kortisol para partisipan menurun selama 45 menit kegiatan tersebut berlangsung. Meskipun kadarnya beragam, tidak ada hubungan antara pengalaman membuat karya seni dan penurunan kadar kortisol.

Para partisipan berkomentar bahwa selama mereka merasa lebih tenang. Bahkan, ada yang tidak sampai 5 menit sudah merasakan efeknya.

Bukan hanya membuat karya seni saja. Menikmati karya seni juga memiliki hasil yang positif bagi kesehatan mental. Menurut ahli neurobiologi Semir Zeki, memandangi lukisan menghasilkan perasaan bahagia sama seperti sensasi saat kita jatuh cinta.

Selain itu, memandangi karya seni juga membuat perasaan menjadi lega dari kelelahan mental sama seperti saat kamu sedang berjalan-jalan menikmati alam.

Oleh karena itu, kelas melukis online bukan hanya sekadar sarana untuk belajar melukis. Ada elemen-elemen lain yang bisa memberikan ketenangan batin. Di situasi seperti sekarang, kelas melukis online seperti yang ditawarkan Bartega Studio bisa membantu kamu untuk melepaskan stres.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Terlibat dengan karya seni baik itu membuat atau menikmati memiliki efek yang baik bagi kesehatan mental. Begitu pula dengan kelas melukis online. Jangan lupa untuk dicoba ya. Kalau sudah ada cara lain buat kamu supaya bisa terbebas dari stres.

Liburan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mental. Apalagi di saat pandemi seperti ini di mana kamu sulit untuk bepergian. Nah, kalau kamu nggak bisa pergi jauh-jauh atau ke tempat ramai, cobain deh staycation di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!