Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Langkah Wajib Saat Kehilangan Barang Ketika Travelling

Perhatikan langkah-langkahnya, ya!

Travelling adalah kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi, terkadang ada hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menimpa kamu, lho. Salah satunya adalah kehilangan barang.

Nah, kira-kira apa sih yang harus kamu lakukan jika kehilangan barang saat travelling? Berikut Bob kasih tahu kamu tipsnya. Simak terus di sini, ya!

Antisipasi Kehilangan Barang Saat Travelling

Tidak ada salahnya kamu mempersiapkan hal terburuk sebelum benar-benar terjadi. Soalnya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Betul?

Barang-barang yang harus kamu jaga betul-betul saat travelling adalah dokumen dan uang, termasuk kartu kredit dan debit. Jika koper, telepon genggam, atau oleh-oleh kamu hilang, masih belum seberapa dibandingkan dokumen tersebut yang hilang.

Maka dari itu, letakkan barang-barang tersebut di satu tempat yang mudah kamu jangkau dan mudah diawasi. Jika kamu menggunakan jaket, misalnya, pilih jaket yang memiliki saku dada di dalam dan letakkan paspor dan kartu-kartu di sana. Kesempatan barang-barang tersebut hilang lebih sedikit karena mudah diawasi, dijangkau, dan tidak menarik perhatian orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan barang-barang tersebut di tas pinggang atau tas selempang. Akan tetapi, tempatkan tas tersebut di depan karena lebih mudah diawasi. Namun jika sudah kehilangan apa boleh buat. Ikuti tips di bawah ini dan usahakan jangan sampai kejadian lagi ya!

1. Tetap Tenang

travelling
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Hal terakhir yang ingin kamu lakukan saat kehilangan barang ketika travelling adalah panik. Panik membuat kamu pikiran kamu kacau dan tidak bisa mengambil keputusan dengan baik.

Tarik napas dalam-dalam, lalu tenangkan diri kamu. Jika kamu sedang berada di keramaian, cari tempat yang tidak banyak orang sehingga kamu bisa mengkalkulasi keadaan dengan lebih baik.

2. Buat Reka Adegan

travelling
Photo by Jeremy Perkins on Unsplash

Hilangnya barang saat travelling bisa terjadi baik ketika kamu sadar atau tidak. Maka dari itu, setelah kamu bisa berpikir dengan tenang, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat reka adegan.

Ingat-ingat kembali di mana terakhir kali kamu masih bersama barang tersebut. Jika kamu mampu melakukannya, pergi ke tempat yang kamu rasa barang kamu akan di sana. Kalaupun masih tidak ada, coba telusuri jalan sampai kamu sadar bahwa kamu telah kehilangan barang.

3. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

travelling
Photo by ROBIN WORRALL on Unsplash

Internet adalah hal yang sangat membantu saat kamu kehilangan barang saat travelling. Jika kamu sudah berusaha untuk mencari barang kamu seorang diri, sebelum meminta bantuan orang lain ada baiknya kamu mencari tahu bagaimana daerah tempat kamu travelling memproses kehilangan barang.

Kamu akan menemukan informasinya di saat berselancar di dunia maya, terutama jika kejadiannya berlangsung di negara-negara maju seperti Jepang, Korea, atau Eropa.

Pantai Mbawana, Sumba: Pesona Alam Yang Mendunia

4. Jangan Malu untuk Meminta Bantuan saat Travelling

travelling
Photo by Alicia Steels on Unsplash

Meminta bantuan saat kehilangan barang ketika travelling kadang bisa membuat kita tidak tahu harus berbuat apa, bahkan untuk bertanya sekalipun. Hal ini biasa terjadi apabila kamu sedang travelling ke luar negeri.

Setelah kamu membuat reka adegan, jika barang kamu masih belum bisa ditemukan, coba untuk meminta tolong orang di sekitar kamu. Jelaskan pada mereka kejadian yang kamu ingat.

Akan lebih baik jika kamu meminta bantuan pada pihak yang berwajib. Karena mereka memiliki wewenang, barang yang hilang saat travelling akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk ditemukan.

5. Buat Laporan Kepolisian

travelling
Photo by fran hogan on Unsplash

Nah, setelah kamu tiba di pihak yang berwajib, seperti polisi atau petugas keamanan lainnya, buat laporan kehilangan. Hal ini perlu kamu lakukan jika barang yang hilang berupa dokumen penting seperti paspor atau dompet yang berisi KTP, SIM, kartu kredit, dan lain-lain.

Pihak kepolisian akan memberikan formulir yang harus kamu isi dan lengkapi dengan data dirimu. Kamu juga akan diminta menuliskan kronologi kejadian hilangnya paspor kamu dengan jelas.

Laporan ini pun bisa menjadi bukti bahwa kamu benar-benar kehilangan dokumen saat travelling. Jadi, kamu punya dasar hukum yang jelas saat kamu ingin mengganti dokumen-dokumen tersebut ketika tiba di tanah air.

Laporan kepolisian juga berfungsi jika kamu ingin melakukan klaim asuransi. Soalnya, laporan kepolisian adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi.

6. Ganti Paspor Kamu

travelling
Photo by Levi Ventura on Unsplash

Mengganti paspor wajib kamu lakukan jika kamu sedang travelling ke luar negeri. Soalnya, itu adalah nyawa kamu, identitas kamu. Kamu tidak bisa meninggalkan negara tempat kamu travelling tanpa paspor.

Urusan lain pun akan semakin ribet jika kamu kehilangan paspor seperti check in ke hotel lain atau menerima transfer uang.

Solusinya adalah kamu harus datang ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)/Konsulat Jenderal RI. Sebaiknya kamu menelepon kantornya terlebih dahulu saat masih ada di kantor polisi.

Di sana kamu bisa meminta paspor kamu yang hilang saat travelling. Kamu harus mengisi formulir dan membuktikan bahwa kamu adalah warga negara Indonesia. Setelah itu, kamu akan dikenai biaya denda kehilangan paspor sebesar 1 juta rupiah.

Selama menunggu proses penggantian paspor, kamu akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Ini adalah dokumen pengganti yang berfungsi sebagai paspor sementara.

7 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Di Kota Tua Jakarta

7. Blokir Kartu Kredit

travelling
Photo by Webaroo.com.au on Unsplash

Saat travelling, kartu kredit dan kartu debit adalah sumber uang kamu. Jika kamu kehilangan keduanya, kamu harus segera memblokir kartu-kartu tersebut. Di beberapa bank, kamu bisa memblokir kartu kamu melalui aplikasi. Caranya mudah. Buka aplikasi, masukan kode akses, lalu pilih pilihan blokir akses.

Kalau kamu tidak memiliki aplikasi, atau bank yang kamu gunakan tidak menyediakan, hubungi mereka melalui call center. Dari sana, customer service akan membimbing kamu apa yang harus kamu lakukan untuk memblokir kartu yang hilang saat travelling.

Jika kamu tidak memblokir kartu-kartu kamu, ada kemungkinan kartu-kartu tersebut bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menginap di Hotel Kapsul yang Modern saat Travelling

10 Tempat Wisata Gratis Yang Ada Di Bandung

Bobobox adalah hotel kapsul yang cocok untuk travelling. Desainnya yang futuristik seperti yang biasa kamu lihat di film-film tentang masa depan. Desain yang modern ini tentunya disertai dengan kenyamanan yang maksimal. Kasur berukuran king size-nya dijamin bikin tidur kamu nyenyak banget.

Untuk bisa memesan kamar di Bobobox, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi atau mengunduh aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk mengatur lampu LED dan sebagai kunci kamar kamu yang menggunakan QR code.

Jadi, tunggu apa lagi? Bob tunggu kehadiran kamu di Bobobox ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.