Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati, Kegiatan Ini Bisa Memicu Darah Tinggi, Lho!

Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

Hipertensi atau darah tinggi merupakan suatu penyakit atau kondisi ketika darah mengalir dengan tekanan yang lebih tinggi dari batas tekanan normal sehingga menekan dinding arteri. Selain faktor usia, genetik, atau penyakit bawaan, ternyata ada pula berbagai kebiasaan atau kegiatan yang memicu darah tinggi. Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Merokok

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @BasilMK from Pexels)

Merokok memang merupakan salah satu gaya hidup tidak sehat yang seharusnya dihindari. Seperti yang sudah sangat diketahui, merokok dapat menimbulkan penyakit jantung. Maka, tak heran jika merokok juga merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi.

Dalam sebatang rokok, terkandung berbagai macam zat berbahaya yang merugikan tubuh. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan zat yang dapat memicu kenaikan tekanan darah. Selain itu, terdapat pula zat karbon monoksida yang dapat membuat kadar oksigen dalam darah menjadi berkurang.

Parahnya, kegiatan yang memicu darah tinggi satu ini tidak hanya merugikan perokoknya saja. Namun, orang-orang di sekitar yang menjadi perokok pasif pun berisiko terkena dampak buruknya. Belum lagi, risiko terkena komplikasi lainnya seperti stroke dan serangan jantung mendadak.

2. Tidak Berolahraga

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @KateTrifo from Pexels)

Kurang berolahraga atau bahkan tidak sama sekali tentu saja merupakan gaya hidup buruk dan juga menjadi salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya denyut jantung yang dikarenakan oleh kurangnya aktivitas fisik. Dengan begitu, jantung pun harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kondisi yang demikianlah yang menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Maka dari itu, mulailah untuk berolahraga setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu selama 30 menit saja. Hal ini bertujuan untuk melatih jantungmu agar lebih kuat, serta membuat peredaran darah menjadi semakin lancar dan terhindar dari hipertensi.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @LorenaMartínez from Pexels)

Jika kamu sangat suka dengan citarasa makanan yang asin dan selalu ingin menambahkan lagi garam pada setiap makananmu, maka sebaiknya mulailah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Sebab, terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi.

Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kadar natrium dalam tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi garam. Jika kadar natrium dalam tubuh terlalu banyak, maka ginjal akan kesulitan untuk membuang sisa cairan dalam tubuh. Hal tersebut otomatis akan mengakibatkan penumpukkan cairan, dan menyebabkan naiknya tekanan darah.

4. Mengonsumsi Alkohol Secara Berlebihan

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Selain memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi alkohol secara berlebihan ternyata merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi. Baik dikonsumsi secara rutin maupun hanya sekali, alkohol tetap mampu memberikan kontribusi terhadap kenaikan tekanan darah.

Menurut penelitian, alkohol dipercaya mampu membuat kadar lemak dalam darah menjadi meningkat. Naiknya kadar lemak dalam darah ini akan memicu penumpukkan lemak pada dinding arteri.

Jika dibiarkan, hal tersebut tentu saja akan memicu masalah jantung lainnya, seperti serangan jantung mendadak, stroke, dan lain-lain. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah kegiatan yang memicu darah tinggi ini mulai dari sekarang.

5. Tidak Mampu Mengelola Stress

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Selalu memikirkan hal-hal yang membuat stress tanpa mampu mengelolanya ternyata juga merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi. Sebab, tubuh biasanya akan melepaskan hormon-hormon bernama kortisol dan adrenalin saat stress sedang melanda.

Kedua hormon tersebut ternyata dapat memicu jantung untuk berdenyut lebih cepat. Tak hanya itu, hormon kortisol dan adrenalin juga ternyata dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit. Tentu saja hal ini akan berimbas pada naiknya tekanan darah.

Selain itu, stress berlebihan yang tidak segera ditangani berpotensi mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan yang memicu darah tinggi lainnya. Contohnya seperti minum minuman beralkohol, merokok, dan kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan hipertensi.

6. Begadang

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Meski sering kali masih dianggap sepele, begadang ternyata merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi, loh. Saat tidur, seluruh tubuh akan beristirahat dan memperbaiki sel-selnya sendiri, begitu pun sistem peredaran darah. Tekanan darah biasanya akan turun beberapa persen saat tubuh sedang tertidur.

Jika kamu begadang atau tidak cukup tidur, maka tubuh dan otak tidak dapat beristirahat dengan baik. Termasuk salah satu syaraf yang memicu tekanan darah tinggi, yaitu syaraf simpatik. Maka, sebaiknya hindarilah kegiatan yang memicu darah tinggi satu ini dan terapkanlah pola tidur yang teratur secara disiplin sejak dini.

7. Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @Lum3n from Pexels)

Tak hanya mengonsumsi minuman beralkohol saja, terlalu sering minum kopi yang tinggi akan kafein juga ternyata merupakan salah satu kegiatan yang memicu darah tinggi. Sebab, kafein dapat memicu jantung untuk memompa darah lebih cepat daripada biasanya. Hal ini tentunya akan berdampak pada kenaikan tekanan darah.

Oleh karena itu, batasilah konsumsi kafein harianmu mulai hari ini. Jika tidak bisa langsung menghentikan kebiasaan atau kegiatan yang memicu darah tinggi satu ini, setidaknya kamu bisa mengurangi jatah ngopi-mu maksimal dua cangkir sehari.

8. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @SuzyHazelwood from Pexels)

Ternyata, bukan hanya konsumsi garam berlebih saja yang bisa menjadi kegiatan yang memicu darah tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula pun dapat membuat tekanan darahmu meningkat.

Hal ini berkaitan dengan penyakit diabetes akibat kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebihan. Menurut penelitian, diabetes dapat membuat elastisitas pembuluh darah menurun dan juga mengacaukan kerja tubuh untuk mengatur kadar insulin. Hal tersebut tentu saja akan membuat tekanan darah meningkat.

Untuk mencegah hal tersebut, mulailah untuk mengurangi kebiasaan atau kegiatan yang memicu darah tinggi satu ini. Batasilah asupan gula harianmu sesuai anjuran para ahli, yakni tidak lebih dari 50 gram per hari.

9. Kurang Minum Air Putih

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @DariaShevtsova from Pexels)

Mungkin masih banyak orang yang sering lupa untuk minum air putih dengan cukup karena kesibukan sehari-hari yang sangat padat. Jika kamu salah satunya, maka ambillah segelas air putih dan minumlah sekarang juga. Sebab, kurang minum air putih juga ternyata merupakan kebiasaan atau kegiatan yang memicu darah tinggi.

Hal ini dikarenakan oleh terjadinya pengentalan darah dan sirkulasi darah yang tidak lancar akibat kurangnya cairan dalam tubuh. Sehingga, pembuluh darah akan menegang, dan tekanan darah pun meningkat. Maka, cukupilah kebutuhan air putihmu, minimal 2 liter sehari.

10. Membiarkan Rasa Kesepian Menyelimuti Hati

kegiatan yang memicu darah tinggi

(Photo by @KeenanConstance from Pexels)

Eits, jangan tertawa dulu melihat kegiatan yang memicu darah tinggi satu ini. Sebab, ada beberapa penelitian yang memang mengatakan bahwa kesepian dapat menjadi salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah seseorang.

Ini berhubungan dengan pelepasan hormon stress yang akan dilakukan tubuh saat hati merasa kesepian. Selain itu, rasa kesepian juga berpotensi untuk memicu depresi, berat badan bertambah, dan hal lainnya yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Mengelola stress merupakan salah satu upaya untuk mencegah darah tinggi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation.

Bingung mau pilih tempat staycation di mana? Datang aja langsung ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like