Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Salurkan Emosimu dengan Kegiatan Positif Berikut Ini Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Jangan sampai kamu memendam emosi terlalu lama, ya.

Sering kali kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan ketika sedang emosi. Ada orang yang biasa memendamnya saja, ada pula yang melampiaskannya secara blak-blakan tanpa melihat situasi dan kondisi sekitar. Lalu, bagaimana sebaiknya menyalurkan emosi yang tepat agar kualitas hidupmu lebih baik? Simak langsung saja berbagai kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang bisa kamu coba di bawah ini!

1. Bernyanyi dan Mendengarkan Musik

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Bernyanyi dan mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang bisa kamu lakukan. Dengan bernyanyi kamu bisa mengeluarkan atau meluapkan emosimu yang bahkan mungkin sudah terpendam sejak lama.

Selain itu, mendengarkan musik dengan genre yang sedang sesuai dengan suasana hatimu juga akan membantu melepaskan segala tekanan emosi dalam diri. Dengan kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini, kamu bisa dengan bebas meluapkan segala perasaanmu tanpa takut dihakimi orang lain.

BACA JUGA: Cara Mengendalikan Emosi A La Filosofi Teras Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri

Kamu bahkan bisa bernyanyi sambil berteriak untuk mengekspresikan perasaan marah, sedih, atau kecewamu. Selain itu, mungkin kamu juga bisa mendengarkan musik-musik yang menenangkan untuk membantu meredam emosimu.

2. Berolahraga

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @ElinaFairytale from Pexels)

Selain bermusik, berolahraga juga menjadi salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang wajib kamu coba. Olahraga dengan gerakan-gerakan yang ringan dan membuatmu rileks tentu dapat membantu kamu dalam me-manage emosi.

Kamu bisa melakukan olahraga seperti yoga jiga ingin pikiranmu lebih tenang dan rileks. Selain baik untuk kesehatan jiwa, kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini juga tentunya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. So, mulailah berolahraga minimal 30 menit sehari.

3. Melukis

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @JadsonThomas from Pexels)

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi selanjutnya adalah melukis. Saat melukis, kamu akan bisa bebas berekspresi dan mengungkapkan segala emosi dan perasaanmu dalam bentuk media gambar. Warna-warna yang kamu pilih dalam lukisanmu pun biasanya akan mencerminkan perasaan apa yang sedang kamu rasakan di dalam hatimu.

Selain itu, kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini juga sangat baik untuk diterapkan sebagai kegiatan self-healing. Ini bertujuan agar semua beban di hatimu dapat pelan-pelan terangkat.

BACA JUGA: Hindari Penyebab Stres Di Pagi Hari Berikut Agar Kamu Bahagia

Nah, kamu tidak perlu khawatir jika kamu merasa tak memiliki bakat dalam bidang melukis. Sebab, sekarang sudah ada banyak kelas melukis virtual yang bisa kamu coba dari rumah.

4. Menulis

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @ElinaFairytale from Pexels)

Seni mengekspresikan perasaan tidak harus melulu dalam bentuk seni rupa atau seni musik. Merangkai kata-kata untuk mengekspresikan perasaanmu juga bisa menjadi salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang sedang kamu rasakan.

Dengan menulis kamu bisa menguraikan semua emosimu ke dalam tulisan hingga pikiran serta hatimu berangsur tenang. Tulisan yang kamu buat pun tidak perlu seberat puisi-puisi para penyair. Tuliskanlah saja semua yang ada di hatimu dengan menggunakan gaya bahasamu sendiri.

5. Memasak

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menambah skill, salah satunya yaitu memasak. Kegiatan yang satu ini tentunya cukup mudah untuk dicoba oleh siapapun. Kuncinya hanyalah dengan memiliki niat untuk melakukannya.

Kamu bisa explore berbagai macam resep, mulai dari yang sederhana hingga menantang. Dengan melakukan kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini, kamu pun jadi bisa menghemat biaya makan di luar.

6. Menonton Film

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Menonton film ternyata juga bisa menjadi salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi. Seperti halnya mendengarkan musik, menonton film dengan genre yang sesuai dengan emosi yang sedang kamu rasakan ternyata juga mampu membantu kamu untuk meluapkan perasaanmu.

Maka, tidak usah ragu untuk mengekspresikan semuanya. Menangislah jika film tersebut membuatmu sedih, juga tertawalah dengan lepas jika film tersebut betul-betul menghiburmu.

7. Urban Farming

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi selanjutnya adalah urban farming. Kegiatan ini akan sangat cocok untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan namun ingin mencoba bercocok tanam.

Urban farming atau pertanian urban ini merupakan kegiatan bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kecil di ruang terbuka rumah. Kamu bisa menanam berbagai tanaman seperti pohon cabai, pohon tomat, sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan lain-lain. Dengan melakukan kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini, kamu bisa lebih berhemat uang belanja karena sebagian bahan panganmu telah bisa kamu hasilkan sendiri.

8. Membaca Buku

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @PolinaTankilevitch from Pexels)

Kabar baik bagi kamu para kutu buku! Membaca ternyata merupakan salah satu kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang juga bisa kamu coba. Tak hanya dapat membantu melepaskan emosi dan bermanfaat untuk kesehatan mentalmu, membaca juga dapat meredakan stress yang sedang melanda.

BACA JUGA: Rekomendasi Buku Self-Healing Untuk Membantu Memulihkan Hati

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapat dari kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang satu ini. Contohnya antara lain adalah dapat memperluas wawasanmu, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan rasa empati, bahkan mampu mengasah kemampuan berbahasa yang kamu miliki.

So, mulailah biasakan membaca buku dari sekarang. Kamu bisa membaca buku apapun yang kamu suka, baik itu buku fiksi maupun non-fiksi.

9. Menata Ulang Rumah

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @BlueBird from Pexels)

Emosi terkadang dipancing oleh rasa jenuh yang telah menumpuk di kepala. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu sedikit mengganti suasana dengan cara menata ulang rumahmu. Untuk melakukan kegiatan positif untuk menyalurkan emosi satu ini, kamu bisa mencontek beberapa inspirasi tentang interior atau dekor rumah di internet.

Selain itu, membersihkan dan merapikan setiap sudut rumahmu juga tak kalah penting. Sebab, mood-mu akan mudah kacau jika terlalu sering melihat rumah yang berantakan, kotor, dan tidak teratur.

So, mulailah untuk menata ulang serta membersihkan seluruh sudut rumahmu. Dijamin, kegiatan satu ini pasti akan membuatmu lebih ceria dan bersemangat menjalani hari!

10. Belajar Hal Baru

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi

(Photo by @ZenChung from Pexels)

Kegiatan positif untuk menyalurkan emosi yang terakhir adalah dengan belajar hal-hal baru. Apapun! Misalnya, jika kamu sebelumnya tidak bisa menjahit, maka cobalah belajar menjahit untuk menambah keterampilan.

Tak perlu bingung jika kamu tidak memungkinkan untuk belajar di luar rumah. Kamu bisa mengikuti berbagai kelas keterampilan online gratis yang ada di internet. Dengan begitu, pikiran dan hatimu bisa sedikit teralihkan dari emosi yang sedang melanda.

So, jangan pernah ragu atau malu untuk menyalurkan dan melepaskan emosi yang sedang kamu rasakan. Jika terlalu lama dipendam, malah akan menambah beban dan masalah di hatimu serta menjadi bom waktu yang bisa meledak sewaktu-waktu.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain melakukan berbagai kegiatan positif untuk menyalurkan emosi seperti di atas, kamu juga bisa meredakan emosimu dengan cara me time di tempat yang nyaman dan seru, agar pikiranmu lebih rileks.

Kalau gitu, cobain deh menginap di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama me time dan staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

nginep di bobobox

You might also like