Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget!

Tips aktivitas wisata alam untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak.

Kecanduan gadget menyerang siapa saja dengan umur berapa saja. Saat ini mudah kita temukan orang dewasa bahkan anak-anak yang kecanduan gadget. Tidak jarang kecanduan gadget ini membuat anak cenderung tantrum ketika kamu mencoba untuk menghindarkan gadget dari gengamannya.

Jika sudah seperti ini akan menjadi sulit untuk kamu mengajak anak untuk makan, belajar, bersosialsi dengan orang lain, dan melakukan aktivitas lainnya karena anak kecanduan gadget. Si keil sudah terlanjur larut dalam dunianya sendiri. Untuk membantu mengurangi kecanduan gadget pada anak terdapat beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan.

Salah satu pendekatan yang terbukti cukup ampuh dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan mengenalkannya pada alam semesta. Wisata alam menjadi salah satu opsi yang bisa kamu coba agar anak bisa terlepas dari kecanduan gadget dan banyak melakukan aktivitas fisik yang baik untuk tubuhnya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan saat wisata alam? Ini tipsnya!

Mengurangi Kecanduan Gadget dengan Bermain di Luar Ruangan

anak

Banyak orangtua yang cenderung protektif terhadap anak sehingga mereka tidak mengizinkan anak untuk bermain di luar rumah atas dasar khawatir. Kekhawatiran ini timbul karena ketakutan sang anak meniru banyak hal yang kurang baik juga tidak sopan yang bisa anak contoh saat melihatnya di luar rumah. Selain itu sebagian orangtua memiliki kekhawatiran anak menjadi rentan terkena penyakit saat bermain di luar rumah.

Ada baiknya orangtua mulai memahami bahwa anak memerlukan eksplorasi untuk tumbuh kembangnya. Dampingi anak dan lakukan pengawasan saat anak pertama mencoba untuk bermain di luar rumah untuk mengurangi kecanduan gadget. Jangan sampai kamu langsung melepaskan anak dari gadget dan memaksanya untuk bermain di luar.

Lakukan secara perlahan dengan sedikit demi sedikit mengurangi waktu anak bermain gadget. Lakukan interaksi yang meyenangkan saat mendampingi anak bermain di luar. Kamu bisa sesekali jelaskan nama-nama tanaman yang ada di sekitar rumah, bermain dengan kucing liar, bermain dengan media tanah, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Luangkan Waktu untuk Bermain dengan Anak

Sudah meminta anak untuk bermain di luar namun tidak berhasil? Sudahkan kamu melibatkan diri di dalam usaha mengurangi kecanduan gadget pada anak? Keterlibatan orang-orang di sekitarnya memberikan peran yang sangat penting. Hindarkan anak dari kecanduan gadget dengan cara meluangkan waktu bersama si kecil di luar ruangan.

Salah satu alasan mengapa anak sangat tertarik dengan gadget dikarenakan kurangnya perhatian juga merasa bosan akibat tidak ada teman untuk berbicara atau bermain. Luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak agar mereka tidak merasa bosan dan kesepian. Orangtua perlu mengajarkan anak bagaimana teknologi sebaiknya digunakan dengan bijak.

anak

Tak hanya orang dewasa, kini anak-anak pun sudah mulai cukup terbiasa menggunakan gadget di aktivitas keseharian mereka. Terlalu sering bermain gadget akan membuat anak menjadi semakin kecanduan gadget. Hindari memberikan gadget pada anak saat anak rewel atau merenggek sebagai solusi menenangkan si kecil. Hal ini akan menjadi kebiasaan sehingga anak kecanduan gadget.

Jika anak sudah rewel baiknya kamu menemaninya bermain dan mengajaknya berbicara. Kamu bisa mengajak anak berjalan di luar rumah, bermain dengan mainan lain bersama, mengajaknya bermain di tempat wisata alam, atau membacakan buku mengenai macam-macam hal tentang alam seperti binatang, buah-buahan, tanaman, luar angkasa, dan lainnya.

Ajak Anak Mengunjungi Kebun Binatang

Dengan mengajak anak bermain di kebun binatang, si kecil bisa bermain dan mengenal kehidupan satwa liar. Bayangkan betapa bahagianya si kecil saat ia bisa melihat binatang-binatang favoritnya yang biasa hanya ia saksikan lewat buku atau video saja. Ia juga bisa menemukan berbagai hewan liar yang pastinya belum pernah ia lihat sebelumnya.

Keberagaman satwa ini tentu membuat si kecil takjub dan melupakan waktunya untuk bermain gadget. Dibandingkan bemain gadget si kecil bisa jadi lebih terarik melihat tingkah-tingkah lucu satwa liar di kebun binatang. Libatkan diri kamu dalam mendampingi si kecil menjelaskan beberapa satwa yang ada di kebun binatang. Kamu bisa jelaskan habitatnya, makanan kesukaannya, atau menirukan suara binatangnya.

kecanduan gadget dengan wisata alam

Dengan informasi yang kamu jelaskan dan apa yang anak lihat akan menjadi pembelajaran secara langsung bagi si kecil. Aktivitas ini pasti akan membuat si kecil senang dan lupa akan kebutuhannya bermain gadget. Membuat anak tidak kecanduan gadget tidak harus melalui paksaan. Justru melalui kegiatan yang bisa dilakukan bersama seperti mengunjungi kebun binatang akan jauh lebih efektif dalam mengurangi kecanduan gadget pada anak.

Sambil berjalan-jalan di kebun binatang, kamu bisa membantunya menyebutkan nama-nama binatang yang ia lihat. Dengan melihat wujud binatangnya secara langsung akan memudahkan anak untuk menghafal berbagai kosa kata dan nama-nama binatang. Jika anak sudah bisa membaca, maka ia bisa membaca berbagai informasi yang tertulis di tiap sudut kebun binatang yang menjelaskan tentang hewan tersebut.

Mengunjungi Taman

Terdapat beragam pilihan taman yang bisa kamu kunjungi bersama anak dalam misi mengurangi kecanduan gadget si kecil. Kamu bisa menemukan taman dengan beberapa tempat bermain yang bisa si kecil eksplor. Awasi anak saat bermain dengan mengajaknya berinteraksi seperti menanyakan perasaannya, berbicara mengenai cuaca hari itu, atau sekedar melemparkan candaan-candaan.

Hal ini akan membuat anak bersemangat bermain karena kehadiran kamu di sana menjadi momen bermain kian menyenangkan! Kamu juga bisa menemukan taman lalu lintas yang ada di beberapa kota di Indonesia. Taman Lalu Lintas merupakan sebuah konsep taman yang menawarkan wisata alam yang mengedukasi anak terkait peraturan lalu lintas yang ada di Indonesia serta dunia.

Kamu bisa jelaskan anak mengenai perbedaan tiap warna lampu lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, dan jenis-jenis kendaraan. Banyak sekali taman-taman yang memiliki konsep berbeda. Kamu bisa eksplor taman-taman yang ada di sekelilingmu dan mengajak si kecil untuk bermain di taman untuk mengurangi kecanduan gadget. kegiatan seperti ini akan emmbuat anak senang dan belajar banyak hal yang baru.

Kebersamaan dengan Orang-Orang yang Dikasihinya adalah Koentji!

Melihat apa yang sudah Bob jelaskan di atas kamu pun bisa mengambil kesimpulan bahwa kunci utama mengurangi kecanduan gadget pada anak adalah keterlibatan orang-orang di sekitarnya. Penting bagi orang-orang di sekitarnya bisa meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan anak. Hal ini akan banyak membantu dalam mengurangi kecanduan gadget pada anak.

hotel kapsul bobobo

Untuk mempererat hubungan antara kamu dan anak, wisata alam di atas bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba untuk mengurangi kecanduan gadget dengan Saat berwisata, pastikan kamu memilih tempat penginapan yang seru yang bisa kamu dan si kecil eksplor. Bobobox adalah salah satu penginapan yang memiliki konsep unik. Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Comments
Loading...