Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mumet di Rumah? Ini Dia 5 Kebun Teh di Jawa Barat untuk Kamu Pencinta Pemandangan Hijau

Melepas penat dari kesibukan hiruk pikuk perkotaan.

Bobobox.co.id — Jawa Barat termasuk salah satu provinsi yang menjadi destinasi wisata liburan bagi orang Jakarta. Udara yang sejuk dengan banyaknya dataran tinggi dan kebun teh adalah beberapa alasan utamanya.

Berbeda halnya dengan Jakarta yang terkenal relatif panas, beberapa daerah di Jawa Barat seperti Bogor dan Bandung terkenal akan dataran tinggi yang mampu memberikan udara yang segar dan menyejukkan.

Selain menawarkan hawa sejuk khas dataran tinggi, kebun teh kota-kota tersebut sendiri memiliki pemandangan yang begitu indah. Apalagi jika kamu mengunjungi perkebunan tehnya saat sunrise atau terbitnya matahari.

Nah, bagi kamu yang ingin rekomendasi perkebunan mana saja yang cocok untuk dikunjungi, berikut ini merupakan 5 kebun teh di Jawa Barat bagi kamu para pencinta pemandangan hijau. Biar tidak mumet berdiam di rumah saja!

Kebun Teh Rancabali (Ciwidey, Bandung)

Kebun teh pertama yang recommended untuk kamu kunjungi adalah Kebun Teh Rancabali. Perkebunan teh ini sendiri termasuk satu dari beberapa perkebunan teh terkenal yang ada di Bandung selain Sukawana, Malabar, dan lainnya.

Bagi kamu yang belum tahu, perkebunan teh ini terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Dengan lokasinya yang berada pada ketinggi 1.628 mdpl, cuaca akan sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan dekat alam.

Termasuk perkebunan tertua di Jawa Barat, Kebun Teh Rancabali terkenal akan hamparan pepohonan yang berbukit-bukti. Tak hanya itu, adanya air terjun kecil membuat tempat wisata Bandung Selatan semakin mengasyikan.

Nah, hal menyenangkan lainnya saat datang ke perkebunan teh ini adalah kamu bisa mengunjungi tempat wisata Bandung lainnya yang tak jauh lokasinya. Beberapa di antaranya adalah Kawah Putih dan Ranca Upas.

Balik lagi ke Perkebunan Teh Rancabali, kamu harus membeli tiket masuk untuk bisa jalan di tempat ini. Harganya sendiri tidak mahal kok hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya dan terbuka untuk akses ke pabrik teh sesuai perjanjian.

kebun teh rancabali
@Kerildoank via id.wikipedia.org

Kebun Teh Sukawana (Parongpong, Bandung)

Saat berbicara soal daerah Bandung Barat, kebanyakan para wisatawan akan lebih mengingat Gunung Tangkuban Perahu ataupun tempat wisata Lembang. Padahal, ada kebun teh menarik yang wajib dikunjungi.

Perkebunan teh tersebut adalah Kebun Teh Sukawana. Berada di daerah Parangpong, Bandung Barat, bersiaplah untuk terkagum-kagum dengan pemandangan asri nan menyejukkan yang ditawarkan tempat wisata ini.

Selain kegiatan menyusuri perkebunan teh, kamu pun bisa melakukan kegiatan yang mengasyikkan lainnya di Kebun Teh Sukawana. Mulai dari bersepeda di trek yang ada, datang ke pakbrik teh, hingga berkemah.

Khususnya untuk berkemah, tenang saja jika kamu tidak membawa tenda untuk berkemah. Pasalnya, ada yang menyediakan jasa sewa tenda. Biaya per tendanya sendiri hanya dibanderol seharga Rp10.000 saja.

Untuk bisa masuk ke perkebunan teh, ada tiket masuk yang harus kamu bayar. Harganya pun cukup terjangkau yakni Rp10.000. Biaya ini tentu worth it dengan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang.

@Raskita Wira via tourbandung.id

Kebun Teh Malabar (Pangalengan, Bandung)

Kembali lagi ke daerah Bandung Selatan, ada perkebunan teh lainnya yang pas sebagai destinasi liburan bagi kamu para pencinta pemandangan hijau. Perkebunan teh yang dimaksud adalah Kebun Teh Malabar di Pangalengan.

Berada di ketinggian 1.550 mdpl, jangan heran jika suhu di sekitaran area perkbunannya akan berkisar antara 16 hingga 26 derajat Celcius saja. Jadi, jangan lupa untuk membawa pakaian hangat saat akan ke sini.

Jika titik berangkatmu dari Kota Bandung, kamu akan menempuh perjalanan sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 45 kilometer. Terhitung jauh dan cukup lama namun akan worth it sesampainya di Kebun Teh Malabar.

Keindahan dari alam sekitarnya tentu menjadi daya tarik utama dari perkebunan di Pangalengan ini. Namun, siapa sangka jika ada sejarah yang menyelimuti perkebunan dengan luas 2.022 hektar yang perlu kamu ketahui.

Perkebunan ini menjadi saksi bisu kehidupan seorang Karel Albert Robert Bosscha. Bosscha sendiri merupakan sosok yang berperan penting dalam pembangunan teknologi di Bandung pada masa penjajahan Belanda.

@Djuli Pamungkas via beritabaik.id

Kebun Teh Gunung Mas (Bogor)

Kebun teh selanjutnya ini berada di kota hujan, Bogor. Perkebunan teh ini terletak di daerah Puncak. Bagi sebagian orang Jakarta, mungkin perkebunan teh yang Bob rekomendasikan ini lebih dekat dan mudah dicapai.

Dengan lokasi yang cukup dekat dijangkau dibandingkan harus ke kebun teh lainnya yang ada di daftar ini, weekend getaway pun bisa dengan mudah didapat. Perkebunan yang ada di daerah Puncak ini Kebun Teh Gunung Mas.

Kamu bisa menyusuri perkebunan teh sambil berjalan-jalan santai di jalan setapak yang ada. Tak hanya itu, kamu pun bisa menikmati pengalaman menarik dengan menunggang kuda saat akan menyusuri perkebunan tehnya.

Berbicara soal menyusuri kebun tehnya, pihak pengelola menyediakan jasa guide yang terbagi ke dalam empat rute yakni 4, 6, 8, dan 10 kilometer. Kegiatan akan lebih menyenangkan karena bisa mendapatkan informasi lebih lagi.

Soal pemandangan, tak usah ditanya lagi. Pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede mampu terlihat dari Kebun Teh Gunung Mas. Untuk menikmati semua ini, kamu hanya perlu membayar Rp15.000 tapi belum termasuk tur.

@Akhmad Dody Firmansyah via pegipegi.com

Kebun Teh Kecapi (Tasikmalaya)

Rekomendasi soal kebun teh di Jawa Barat yang patut dikunjungi dari Bob ditutup oleh Kebun Teh Kecapi. Jika sebelumnya, Bandung dan Bogor saja yang dihiglight, Tasikmalaya pun tak mau kalah dari kedua kota itu.

Lokasi perkebunan teh ini terletak 45 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya. Walaupun terbilang jauh, pemandngan hijau perkebunan teh dengan suasana yang begitu menenangkan akan menghapus semua rasa lelahmu.

Kamu pun akan bisa kembali merefresh lagi pikiran yang sedang tak karuan. Aktivitas bersantaimu di sini akan semakin seru dan menyenangkan tatkala kamu mengunjungi kolam renang yang tak jauh dari Kebun Teh Kecapi.

Tak hanya bisa berenang santai sambil bercengkrama bersama teman, kamu bisa menyaksikan secara langsung keindahan pemandangan alam berlatan perbukitan dan perkebunan teh dari kolam renangnya.

Jika sudah beres berenang, kamu pun bisa nongkrong sambil bercanda gurau di gazebo dekat kolam renang. Ada juga ayunan kayu yang siap menemani momen liburan yang jarang didapat bersama teman-teman terdekatmu.

 

Menginap Sehabis Eksplorasi Kebun Teh Rancabali? Ya di Bobobox

Nah, jika kamu sudah mengunjungi beberapa kebun teh yang ada di Bandung dan membutuhkan tempat untuk menginap, langsung saja datang ke Bobobox.

Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas mumpuni yang pas untuk menemani momen beristirahatmu. Tak perlu khawatir lagi karena energimu akan benar-benar terisi kembali dengan kenyamanan tiada lawan dari Bobobox.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasi Bobobox di sini. Jadi, tunggu apalagi? Bob tunggu di Bobobox ya!

You might also like