kebiasaan yang merusak gigi

Hindari Kebiasaan Kebiasaan Yang Merusak Gigi Ini Agar Mulutmu Jadi Lebih Sehat

Bobobox.co.id – Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang kuat. Namun, banyak yang belum menyadari kebiasaan yang merusak gigi.

Sama seperti anggota tubuh lain, gigi juga perlu dijaga kesehatannya. Selain dirawat, kamu juga harus menghindari kebiasaan yang merusak gigi.

Lalu, apa aja sih kira-kira kebiasaan yang merusak gigi tersebut? Nah, daripada penasaran, langsung simak aja di sini ya.

Menggigit kuku

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Sammy Williams on Unsplash

Saat sedang gugup, ada orang yang sering menggigit kuku. Meski bisa membantu mengatasi kegugupan, menggigit kuku adalah kebiasaan yang merusak gigi.

Pasalnya, menggigit kuku secara terus-menerus bisa menyebabkan gigi depan terkelupas atau patah. Gigi kamu juga bisa patah atau bahkan rontok.

Selain itu, kebiasaan yang merusak gigi ini juga tidak baik bagi rahang. Saat menggigit kuku, rahang akan terbuka lebar dan jika terlalu lama dalam posisi tersebut, kamu bisa mengalami disfungsi rahang.

BACA JUGA: Berani Coba? Inilah 7 Rasa Kit Kat Terunik Di Dunia!

Menggosok gigi terlalu kencang

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Diana Polekhina on Unsplash

Menggosok gigi baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, jika melakukannya terlalu kencang, ini bisa jadi kebiasaan yang merusak gigi.

Idealnya, kamu boleh menyikat gigi selama dua menit dua kali sehari. Namun, lakukan dengan perlahan. Menyikat gigi terlalu kencang dan keras bisa merusak gigi dan mengiritasi gusi.

Salah satu cara mengatasi kebiasaan yang merusak gigi ini bisa dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Mengunyah es batu

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Vidit Goswami on Unsplash

Enamel gigi merupakan lapisan terluar yang melindungi gigi dari bagian-bagian laim. Lapisan ini sangatlah keras. Bisa dibilang, enamel merupakan jaringan terkuat pada tubuh manusia.

Meskipun begitu, enamel gigi juga dengan rusak. Salah satunya dengan sering mengunyah es batu.

Ini merupakan kebiasaan yang merusak gigi. Pasalnya, es batu adalah kristal. Begitu pula enamel gigi. Ketika kamu membenturkan dua kristal satu sama lain, salah satu akan pecah.

Memang seringkali es yang pecah. Namun, jika kamu tidak beruntung, enamel gigi kamu yang akan hancur gara-gara kebiasaan yang merusak gigi ini.

Oleh karena itu, stop kebiasaan yang merusak gigi ini. Meski terasa menyenangkan, mengunyah bisa bahaya bagi gigi.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu NFT, Investasi Digital Yang Sedang Viral

Membuka plastik makanan dengan gigi

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Diana Polekhina on Unsplash

Kamu pasti pernah kan membuka plastik makanan dengan gigi? Meskipun praktis, ternyata ini adalah kebiasaan yang merusak gigi.

Gigi diciptakan untuk mengunyah makanan, bukan pengganti gunting. Ketika kamu membuka plastik makanan dengan gigi, risikomu alami gigi patah akan lebih tinggi.

Selain itu, kamu juga berpotensi melukai rahang dan secara tidak sengaja menelan serpihan plastik yang tidak seharusnya kamu telan.

Oleh karena itu, meskipun sedang buru-buru, jangan lakukan kebiasaan yang merusak gigi ini. Sebisa mungkin sediakan gunting atau benda tajam lain untuk membuka plastik.

Jarang mengganti sikat gigi

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Superkitina on Unsplash

Alat yang paling sering digunakan untuk membersihkan gigi adalah sikat gigi. Oleh karena itu, kebersihan sikat gigi juga perlu kamu perhatikan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebaiknya sikat gigi diganti setiap tiga hingga empat bulan.
Jika tidak, ini akan menjadi kebiasaan yang merusak gigi.

Pasalnya, apabila lebih lama dari jangka waktu tersebut, bulu sikat akan mulai berjumbai dan aus. Sikatnya juga tidak akan seefektif saat pertama beli saat membersihkan plak.

Untuk mengatasi kebiasaan yang merusak gigi ini, kamu bisa menyiapkan stok sikat gigi di lemari. Usahakan belanja sikat gigi dalam jumlah banyak. Jadi, jangan malas untuk ganti sikat gigi ya.

BACA JUGA: Tidak Hanya Terjadi Di Film Fiksi, Ini Dia Butterfly Effect Terbesar Di Dunia Yang Mengubah Arah Sejarah Dunia

Terlalu sering minum soda

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Blake Wisz on Unsplash

Minum soda di siang hari saat sedang panas-panasnya memang bikin segar. Namun, jangan keseringan ya. Soalnya, minum soda, walaupun tak sering, termasuk kebiasaan yang merusak gigi.

Soda dan minuman tinggi gula lainnya tidak baik untuk kesehatan gigi. Minuman bersoda dapat mengikis enamel gigi sebelum waktunya.

Selain itu, minum soda berlebihan bisa membuat kamu terkene risiko erosi gigi lebih tinggi. Jadi, lebih baik dengarkan kata Cristiano Ronaldo. Minum air putih!

Tidak rutin ke dokter, kebiasaan yang merusak gigi

kebiasaan yang merusak gigi

Photo by Yusuf Belek on Unsplash

Selain menghindari kebiasaan yang merusak gigi di atas, kamu juga harus rutin periksakan gigi ke dokter. Umumnya, orang dewasa harus mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan pembersihan dan mulut.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengecek apakah kemu memiliki penyakit gigi atau tidak. Pasalnya, mulut adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan.

BACA JUGA: Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini

Coba hitung, berapa kali kamu makan dalam sehari? Belum lagi camilan dan minuman-minuman manis. Sesudah itu, kamu lupa untuk menggosok gigi dan melakukan kebiasaan yang merusak gigi di atas.

Wah, nggak kebayang seperti apa kotornya gigi jika tidak rutin dibersihkan dan diperiksa. Jadi jangan tunggu gigimu rusak dulu ya sebelum diperiksa ke dokter.

Rutin mengecek gigi ke dokter juga bisa dilakukan untuk mendeteksi gigi berlubang. Hal ini penting diketahui sebelum lubang di gigimu membesar.

Selain itu, memeriksakan gigi ke dokter juga bisa untuk mendeteksi penyakit gusi, risiko kanker mulut, bau mulut, dan membersihkan mulut secara umum.

Yuk hindari kebiasaan kebiasaan yang merusak gigi

Ternyata banyak juga ya kebiasaan yang merusak gigi. Bob jadi makin sadar pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi. Apalagi Bob suka minum kopi dan makan yang manis-manis. Yuk bangun dan pelihara kebiasaan merawat gigi yang baik. Lindungi kesehatanmu sejak dini dimulai dari mulut!

BACA JUGA: Jangan Disepelekan! Ini Dia Jenis-Jenis Eating Disorder Yang Perlu Kamu Waspadai

Mau menginap di hotel kapsul yang kekinian? Di Bobobox aja!

Mau liburan tapi bingun menginap di mana? Tenang, kan ada Bobobox yang siap jadi persinggahan kamu saat jalan-jalan.

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles