kebiasaan merusak gigi

Tanpa Disadari, Ini 10 Kebiasaan Merusak Gigi Sering Dilakukan

Bobobox.co.id — Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan tersebut ada benarnya mengingat masih banyak orang yang kerap melakukan berbagai kebiasaan merusak gigi yang dilakukan tanpa disadari.

Pasalnya, jika tidak mulai mengurangi kebiasaan merusak gigi tersebut, ada masalah yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang. Hal tersebut tentu tak ingin kamu alami jika kamu peduli dengan kesehatan gigimu.

Daripada penasaran, yuk, cari tahu ulasan berikut ini mengenai 10 kebiasaan merusak gigi yang mungkin seringkali dilakukan tanpa kamu sadari.

Kebiasaan Merusak Gigi Sering Dilakukan

1. Menggosok Gigi Terlalu Keras

Kebiasaan merusak gigi pertama adalah menggosok gigi terlalu keras dan kuat. Banyak orang salah kaprah dalam menyikat gigi mereka secara agresif karena dianggap mampu membuat gigi lebih bersih.

Padahal, efek yang dihasilkan justru sebaliknya. Pasalnya, kebiasaan tersebut justru berisiko dalam mengikis enamel gigi yang putih dan mengkilap serta berpotensi untuk menyebabkan penurunan abrasi pada gusi.

Oleh karenanya, tak usah terlalu keras dan gunakan bulu sikat halus untuk menyikat gigi. Tak hanya itu, lakukanlah paling tidak dua kali sehari dan pakailah benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigimu.

Menggosok gigi terlalu keras kebiasaan merusak gigi

Menggosok gigi terlalu keras via pexels.com/@olly

2. Terlalu Sering Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda kerap jadi pilihan utama dari menu paket yang ditawarkan kebanyakan restoran cepat saji. Namun, kamu tentu tahu bahwa mengonsumsi minuman bersoda berlebih tak baik untuk kesehatan.

Dari berbagai efek sampingnya, salah satunya adalah menjadi kebiasaan yang justruk merusak gigi. Risiko tersebut bisa meningkatkan akibat dari kandungan gula dan asam yang terlalu banyak di dalamnya.

Kebiasaan merusak gigi ini membuat enamel pada gigi mudah rusak dan mengundang pembusukan. Tak hanya itu, konsumsi minuman berosa berlebih justru membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Minuman bersoda kebiasaan merusak gigi

Minuman bersoda via pexels.com/@ron-lach

3. Mengunyah Es Batu

Mengunyah es batu sebenarnya merupakan kebiasaan yang aman-aman saja. Namun, siapa sangka jika kamu terlalu sering melakukannya, mengunyah es batu justru bakal menjadi kebiasaan merusak gigi.

Kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan gigi patah bahkan retak. Tak hanya itu, iritasi pada jaringan gigi lunak dalam gigi pun bisa saja terjadi. Iritasi ini yang biasanya menyebabkan seseorang sakit gigi.

Efek dari mengunyah es batu tak hanya itu saja. Enamel gigi pun bisa jadi korban dari kebiasan tersebut. Rusaknya enam gigi ini jika semakin besar dan lebar justru bakal mengakibatkan lubang pada gigi.

Es batu kebiasaan merusak gigi

Es batu via unsplash.com/@tomexx


Baca Juga: 7 Penyebab Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai Beserta Cara Menanganinya


4. Menggertakkan Gigi

Beberapa orang memiliki kebiasaan yang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satunya adalah menggertakkan gigi. Beberapa orang kerap kali melakukan kebiasaan itu dalam keadaan sadar atau saat tidur.

Menggertakkan gigi biasanya berhubungan dengan stres dan anxiety. Namun, ketika terlalu sering menggertakkan gigi, hal tersebut justru membuat rusaknya enamel dan bahkan, menimbulkan retakan gigi.

Kebiasaan merusak gigi tak hanya menimbulkan berbagai masalah lain untuk kesehatan gigi. Beberapa di antarnya adalah masalah pada rahang, kehilangan pendengaran, hingga gangguan sendi temporomandibular.

Menggertakkan gigi kebiasaan merusak gigi

Menggertakkan gigi via shutterstock

5. Membuka Kemasan dengan Gigi

Membuka botol atau kemasan plastik kerap lebih mudah dan praktis jika menggunakan gigi. Namun, menggunakan gigi untuk membuka kemasan atau botol justru merupakan ide buruk yang wajib dihindari.

Pasalnya, hal tersebut justru menjadi salah satu kebiasaan merusak gigi. Tekanan kuat ketika kamu menarik plastik justru akan membuat gigimu mudah retak dan lepas. Hal ini tak lepas dari fungsi gigi itu sendiri.

Secara harfiah, fungsi utama gigi adalah mengunyah dan memecah makanan agar makanan mudah dicerna. Namun, membebani gigi dengan yang tak seharusnya justru meningkatkan risiko gangguan sendi rahang.

Membuka kemasan dengan gigi kebiasaan merusak gigi

Membuka kemasan dengan gigi via klikdokter.com

6. Keseringan Ngemil

Untuk meningkatkan mood yang tak karuan, camilan adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan. Namun, beberapa orang kerap mengonsumsi camilan terlalu sering dibandingkan yang seharusnya.

Akibatnya, hal tersebut justru menjadi salah satu kebiasaan merusak gigi. Terlalu sering mengunyah camilan justru dapat menciptakan plak yang dalam jangka waktu yang lama dapat menggerogoti gusimu.

Tak hanya itu, semakin sering makan khususnya camilan dan makanan manis, gigi pun semakin sering terekspos oleh asam. Untuk itu, ada baiknya mulai jaga kesehatan gigi dengan konsumsi buah dan sayur.

Camilan kebiasaan merusak gigi

Camilan via pexels.com/@thatguycraig000


Baca Juga: Ampuh Turunkan Gula Darah, Ini Dia 10 Tanaman Obat Diabetes Alami


7. Merokok

Bukan rahasia lagi jika merokok adalah kebiasaan merusak gigi yang wajib dihindari. Tembakau sebagai salah satu bahan dasar rokok justru akan mengeringkan dan menempuk plak pada lapisan gigi.

Tak hanya itu, banyak lagi bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan merusak gigi ini. Di samping yang sudah Bob sebelumnya, kandungan di dalam rokok bisa menyebabkan diskolorasi gigi dan bau mulut tak sedap.

Bahkan, jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, risiko besar bisa saja menanti. Risiko penyakit yang lebih serius seperti radang kelenjar ludah, leukoplakia, hingga kanker mulut pun semakin meningkat.

Merokok kebiasaan merusak gigi

Merokok via cwfamilymed.com

8. Meminum Jus dengan Gula Tambahan

Mengonsumsi jus buah merupakan alternatif pilihan dalam memenuhi asupan vitamin dari buah sehari-hari. Namun, dampak baik yang diharapkan justru bakal sirna jika jus buahnya terlalu banyak zat pemanis.

Mengonsumsi jus buah dengan gula yang terlalu banyak malah menjadi kebiasaan merusak gigi. Pasalnya, saat membuatnya sebuah jus, kamu sebenarnya tak perlu untuk menambahkan gula.

Namun, banyak orang yang justru lebih senang dengan tambahan gula karena adanya gula tambahan. Padahal, asam yang diakibatkan bakteri dan asam justru meningkatkan risiko mengikisnya enamel gigi.

Jus buah kebiasaan merusak gigi

Jus buah via pexels.com/@naimbic

9. Menggigit Pensil

Saat merasa gelisah dan panik, kamu mungkin secara tidak sengaja menggigit-gigit ujung pensil yang ada di dekatmu. Padahal, kebiasaan ini justru memiliki efek yang sama seperti menggertakkan gigi.

Kebiasaan merusak gigi ini mampu membuat gigi retak dan bahkan menimbulkan gangguan persendian. Tak hanya itu, gigimu pun bisa saja patah ataupun rontok jika kamu terlalu sering melakukannya.

Sebenarnya, kebiasaan merusak gigi ini tak hanya terpaku pada pensil saja. Kerusakan gigi lainnya pun bisa saja terjadi jika kamu mengalihkan kebiasaan ini dengan menggigit kukumu secara terus menerus.

Pensil kebiasaan merusak gigi

Pensil via pexels.com/@pixabay


Baca Juga: 7 Cara Atasi Masuk Angin Alami. Terbukti Ampuh untuk Hilangkan Masuk Angin


10. Minum Kopi Terlalu Sering

Kebiasaan merusak gigi terakhir yang sebaiknya mulai ditinggalkan adalah meminum kopi terlalu sering. Kopi sendiri adalah minuman yang kerap dipilih untuk menemani banyak orang untuk bekerja.

Namun, terlalu sering mengonsumsi kopi justru tak baik untuk kesehatan gigi. Misalkan saja, senyawa tanin dalam kopi justru dapat mempengaruhi warna gigi yang di mana membuat tampilannya tak terlalu putih.

Di samping itu, sifat asam dalam kopi berperan dalam merusak enamel gigi. Untuk mengimbangi konsumsi kopi, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti meminum air putih dan rajin untuk menggosok gigi.

Kopi kebiasaan merusak gigi

Kopi via unsplash.com/@raimondklavins

Itulah tadi beberapa kebiasaan merusak gigi yang mulai dari sekarang sebaiknya kamu hindari.

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles