Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kebiasaan di Kantor yang Bisa Memperparah Diabetes

Hindari kebiasaan buruk di kantor berikut agar tubuh lebih sehat!

Kantor kini menjadi rumah kedua bagi para pekerja karena sebagian besar pekerja akan menghabiskan banyak waktu di kantor. Hal ini dapat membuat para pekerja sulit untuk menghindari beberapa kebiasaan di kantor yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Agar tubuh kamu menjadi lebih sehat dan dapat beraktivitas secara maksimal tentu ada baiknya kamu untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di kantor.

Kebiasaan buruk di kantor ini bisa memperburuk kondisi kesehatan terutama diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit dengan pengidap yang cukup banyak jumlahnya dan bertambah naik setiap tahunnya. Sejumlah ahli bahkan memperkirakan bahwa angka pengidap diabetes tipe 2 akan terus melonjak naik hingga 21,3 juta orang pada tahun 2030!

Setelah penelusuran diketahui bahwa mayoritas pengidap diabetes adalah mereka yang berada di usia produktif dan yang bekerja di di tengah perkotaan. Untuk dapat menjaga kesehatan kamu dan terhindar dari risiko terkena penyakit terutama diabetes dan agar tidak memperparah keadaannya, yuk simak penjelasan dari Bob berikut ini!

Kebiasaan Buruk di Kantor yang Bikin Orang Terkena Diabetes

Faktor risiko utama diabetes berasal dari gaya hidup yang buruk. Gaya hidup buruk ini melingkupi pola makan yang tidak sehat dan juga kurangnya aktivitas fisik. Inilah mengapa mayoritas pengidap diabetes datang dari mereka yang tinggal di perkotaan dan bekerja di kantor.

Sibuk menjadi banyak alasan yang digunakan banyak orang untuk tidak menerapkan gaya hidup yang sehat. Padahal gaya hidup sehat ini bisa kamu terapkan dengan mulai menghindari beberapa kebiasaan buruk kamu di kantor. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sering Jajan Makanan dan Minuman Manis

makanan di kantor

Ngemil ketika lapar di kantor itu sah-sah saja untuk kamu lakukan. Namun kamu tetap harus pilih-pilih urusan jajanan atau makanan yang kamu santap bersama teman di kantor. Dibandingkan makan makanan yang digoreng pilihlah camilan dan makanan yang lebih sehat dengan porsi yang harus dibatasi.

Selain camilan dan makanan, minuman yang mengandung tambahan gula pun mampu menaikkan kadar gula darah dan berat badan kamu. Oleh karena itu pertimbangkanlah dengan baik pilihan makanan kamu saat di kantor. Kamu bisa ganti minuman soda, permen, donat, atau kue manis lainnya dengan buah, biskuit, atau susu rendah gula.

2. Melewatkan Sarapan di Rumah atau Kantor

Bekerja di tengah kota membuat kamu sulit untuk meluangkan waktu untuk sarapan. Padahal sarapan membawa banyak manfaat penting bagi tubuh, lho. Kebiasaan melewatkan sarapan saat di rumah atau di kantor akan membawa masalah bagi tubuh kamu.

Saat kamu melewatkan sarapan maka tubuh tidak memiliki cadangan gula sehingga membuat kamu terkena hipoglikemia. Apa itu hipoglikemia? Hipoglikemia adalah kondisi menurunnya level gula darah pada tubuh sehingga menjadi sangat rendah. Hal ini akan membuat tubuh kamu tidak berenergi, lemas, dan membuat kamu tidak bersemngat saat bekerja di kantor.

Di kasus yang buruk hal ini bisa membuat kamu jatuh pingsan. Oleh karena itu pastikan tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang baik di pagi hari dengan tidak melewatkan sarapan. Kamu bisa mengkonsumsi setidaknya telur rebus atau beberapa potong roti gandum saat di perjalanan menuju kantor.

3. Berada di Sekitar Rekan Kerja yang Merokok

merokok di kantor

Saat berada di kantor atau tempat bekerja lainnya tidak jarang kamu akan dihadapi situasi bertemu dengan orang yang merokok. Entah itu saat jamuan makan sang atau saat bekerja di lapangan. Gaya hidup sehat kamu tidak hanya sekedar melingkupi makanan yang sehat namun juga lingkungan yang sehat. Berada di lingkungan yang tidak sehat seperti lingkungan yang dipenuhi asap rokok tentu akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Untuk kamu yang merupakan seorang perokok Bob sarankan kamu untuk mulai mengurangi frekuensi kamu merokok. Asap rokok yang kamu hirup tidak hanya membahayakan kamu sebagai seorang perokok tapi juga bagi sekitar kamu. Lalu apa hubungannya dengan diabetes seperti topik utama kali ini?

Faktanya asap rokok dapat membuat banyak orang rentan terkena risiko diabetes, lho! Asap rokok pun memiliki potensi yang dapat memperparah peradangan dan stres oksidatif pada tubuh kamu sehingga memperparah diabetes yang mungkin kamu miliki.

4. Sering Kerja Lembur

kerja lembur di kantor

Pekerjaan yang menumpuk di kantor terkadang menuntut kamu untuk bekerja hingga larut malam. Pekerjaan memang menjadi cepat terselesaikan dengan lembur namun tentu ada harga yang harus kamu bayar untuk itu. Kamu harus mengorbankan waktu istirahat kamu untuk bekerja lembur di kantor yang memberikan dapak buruk pada kesehatan. Sejatinya setiap manusia membutuhkan waktu istiahat setidaknya 8 jam dalam satu hari.

Tubuh secara otomatis akan memperbaiki jaringan tubuh saat malam hari di saat kamu terlelap. Bayangkan saja jika kamu melewati waktu istirahat di malam hari maka tubuh kamu pun akan melewati proses regenerasi jaringan dan sel-sel di tubuh kamu. Selain kurang berisitirahat bisa dipastikan juga kamu akan cenderung melewatkan jam makan dan juga minum sehingga tubuh kamu lemas dan dehidrasi.

Menurut tenaga ahli, stres yang kamu alami saat kamu bekerja lembur dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu menjadi faktor yang dapat memicu risiko munculnya penyakit bernama diabetes ataupun memeprparah kondisi diabetes yang kamu miliki.

5. Malas Bergerak

Sebagai pegawai kantoran Bob paham banget deh kamu pasti akan banyak menghabiskan waktu bekerja di kursi kerja kamu. Jika iya begitu adanya bisa dipastikan bahwa kamu pun akan cenderng lebih sedikit beraktivitas secara fisik. Gak ada lagi alasan tidak punya waktu untuk berolahraga atau tidak punya cukup uang untuk membayar keanggotaan di gym. Kamu bisa inisiasikan dengan lebih banyak beraktivitas secara fisik di kehiduapan sehari-hari kamu.

Contoh hal yang sederhana adalah sesimpel memilih menggunakan tangga dibandingkan menggunakan lift ataupun eskalator. Selain itu perbanyaklah untuk melakukan senam ringan untuk sekedar melemaskan otot-otot tubuh yang mulai kaku karena terlalu lama duduk. Saat jam makan siang hindari untuk makan di atas meja kantor kamu dan makanlah di ruang makan yang tersedia.

malas bergerak di kantor

Selain membuat kamu menjadi lebih fokus untuk makan tanpa terganggu pekerjaan kamu pun secara tidak langsung memperbanyak aktivitas fisik kamu. Mengapa memperbanyak aktivitas fisik itu penting? Kebiasaan malas bergerak ini terbukti berdampak buruk pada kesehatan dan akan membuat kamu lebih berisko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk dapat mengolah kelebihan glukosa pada darah menjadi energi.

Ayo Hidup Sehat!

Setelah mengetahui informasi di atas tidak ada lagi alasan untuk kamu tidak menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai uang gajian hasil kerja keras kamu malah habis untuk berobat. Yuk ajak teman kantor kamu jga untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat sambil menginap seru di Bobobox. Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk informasi dan promo menariknya!

kualitas tidur

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.