Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan Wajib Dihindari | Mungkin Sering Kamu Lakukan Tanpa Kamu Sadari!

Untuk masa depan tubuhmu sendiri, lho!

Bobobox.co.id — Pola makan dan olahraga merupakan hal yang biasa disorot jika berbicara soal kesehatan. Walaupun keduanya krusial, ada kebiasaan buruk untuk kesehatan yang mungkin secara tak sadar sering dilakukan.

Menghentikan kebiasaan buruk untuk kesehatan ini sendiri memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuhmu. Pasalnya, jika kamu tetap melakukan kebiasaan ini, olahraga dan pola makan sehat tidak ada gunanya.

Salah satu alasannya mungkin bisa jadi karenamu tak sadar jika kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari justru berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, Bob di sini akan mencoba mengulas soal hal ini.

Berikut ini merupakan 7 kebiasaan buruk untuk kesehatan yang wajib dihindari dan dihilangkan yang mungkin beberapa di antaranya seringkali kamu lakukan dalam keseharianmu tanpa kamu sadari.

Terlalu Sering Begadang

Kebiasaan buruk untuk kesehatan pertama yang wajib dihindari adalah begadang. Musisi legendaris Rhoma Irama pun mengingatkan untuk tidak begadang jika memang tidak ada artinya atau manfaatnya.

Membereskan pekerjaan ataupun sedang dalam masa mengerjakan tugas membuatmu seringkali ‘diharuskan’ untuk begadang. Namun, seperti yang kamu ketahui, begadang memiliki efek samping.

Efek sampingnya adalah daya tahan tubuhmu akan melemah dan tubuhmu jadi kurang fit di keesokan harinya. Tak hanya itu, masih ada kerugian yang bisa kamu dapat dari kebiasaan buruk untuk kesehatan ini.

Mulai dari konsentrasi yang menurun, stres, peningkatan berat badan, bahkan hingga hipertensi. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering begadang ya untuk hal-hal yang tak terlalu penting.

kebiasaan buruk untuk kesehatan begadang
@cottonbro via pexels.com

Tak Bisa Lepas dari Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu alat yang membantumu dalam berinteraksi dengan orang lain juga mendapatkan informasi terkini. Namun, sekarang ini penggunaannya media sosial justru sangat mengkhawatirkan.

Banyak orang yang justru tak bisa lepas dari media sosialnya setiap harinya. Fear of Missing Out (FOMO) nyatanya banyak diderita oleh kawula muda yang kerajingan dalam menggunakan media sosial setiap hari.

Kebiasaan buruk untuk kesehatan ini jika tak ditanggulangi secara serius, dampaknya bisa cukup fatal. Terlalu sering menunduk saat melihat media sosialmu bisa menyebabkan tekanan di struktur tulang lehermu.

Selain kesehatan fisik, kebiasaan buruk untuk kesehatan ini bisa menyerang kesehatan mental. Salah satunya adalah rasa kesal dan stres akibat postingan temanmu yang diupdate ke media sosial mereka.

@mikoto via pexels.com

Terlalu Lama Duduk

Kamu yang merupakan pekerja kantoran akan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan duduk dan menatap layar komputer atau laptop. Nah, duduk terlama ini termasuk kebiasaan buruk untuk kesehatan.

Duduk dalam waktu yang relatif lama dan dilakukan secara terus menerus justru dapat meningkatkan risikomu terkena berbagai penyakit seperti diabetes hingga penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Oleh karenanya, usahakan untuk melakukan streching beberapa menit sekali setiap satu jamnya. Hal tersebut demi mengurangi dampak buruk yang disebabkan oleh kebiasaan buruk untuk kesehatan yang satu ini.

Selain itu, cobalah untuk memastikan asupan minummu tercukupi. Minimal enam hingga delapan gelas sehari wajib kamu konsumsi. Hal ini untuk memudahkan ginjal dalam menyaring darahmu saat terus-terusan duduk.

@ekaterina-bolovtsova via pexels.com

Mendengarkan Musik Keras saat Menggunakan Earphone

Kebiasaan buruk untuk kesehatan yang relatif sepele namun seringkali kamu lakukan adalah mendengarkan musik keras-keras saat menggunakan earphone ataupun alat dengar sejenisnya seperti headphone.

Harus diakui, mendengarkan musik keras-keras dengan earphone sangatlah mengasyikkan. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pendengaran, lho!

Salah satu hasil penelitian memperkuat pernyataan tersebut. Pada penelitian tersebut, mendengarkan pop-rock selama satu jam dengan volume lebih dari 50 dapat menyebabkan kerusakan pendengaran temporer.

Nah, jika hal tersebut terlalu sering dilakukan, kebiasaan buruk untuk kesehatan tersebut akan berdampak fatal. Pendengaranmu bisa saja rusak secara permanen. Mengerikan, bukan?

@olly via pexels.com

Kurang atau Kebanyakan Tidur

Segala sesuatu yang berlebihan atau terlalu kurang memang tidaklah baik. Hal tersebut berlaku pada tidur. Kebiasaan buruk untuk kesehatan ini sendiri salah satu yang wajib dikurangi mulai dari sekarang.

Setiap orang memiliki durasi tidur optimal yang berbeda tergantung usia masing-masing. Nah, durasi tidur optimal inilah yang perlu kamu pertahankan demi menghindarkanmu dari bahaya yang mengintai.

Kurang tidur sendiri dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas. Kebanyakan tidur pun memiliki bahaya yang relatif sama dengan kurang tidur.

Selain beberapa penyakit yang tadi disebutkan, kebiasaan buruk untuk kesehatan tersebut bisa menyebabkanmu terkena penyakit berbahaya lainnya seperti sakit kepala, sakit punggung, hingga depresi.

@olly via pexels.com

Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk untuk kesehatan yang sudah barang tentu kamu hindari. Bahaya dari merokok ini sendiri sudah bisa kamu jumpai di kemasan berbagai produk rokok.

Walaupun begitu, masih saja banyak orang yang terus melakukan kebiasaan buruk untuk kesehatan ini. Padahal, kamu pasti setuju jika rokok tak memiliki manfaat apapun untuk kesehatan tubuhmu.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, merokok secara langsung dapat menyebabkan meningkatnya risikomu terkena penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit yang berhubungan dengan kesehatan pernapasan.

Meskipun terbilang sulit, dengan bahaya yang bisa sewaktu-waktu datang, tak ada salahnya untuk menghilangkan kebiasaan buruk untuk kesehatan ini. Hal ini demi masa depan tubuhmu nantinya juga.

@fotografierende via pexels.com

Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan buruk untuk kesehatan terakhir yang wajib dihindari adalah pola makan yang tidak sehat. Pola makan tidak sehat ini menyangkut berbagai hal yang tentunya berkaitan secara langsung soal makan.

Mulai dari menunda waktu makan, terbiasa memakan makan cepat saji, hingga tidak mengontrol asupan gula yang dikonsumsi. Semua hal yang disebutkan merupakan pola makan yang tidak sehat.

Dengan bahaya yang mengintai pada kesehatanmu seperti meningkatnya koletrol jahat dan lemak darah juga meningkatkan risiko serangan jantung dan diabetes, kamu wajib menguranginya.

Cobalah untuk memulai mengurangi dari hal sederhana. Misalkan saja, catat jam berapa saja kamu harus makan dan makanan dan minuman bergula apa saja yang sudah kamu konsumsi pada hari tertentu.

@robinstickel via pexels.com

Menginap dengan Pengalaman yang Dijamin Menyenangkan di Bobobox

Dalam mendapatkan liburan yang menyenangkan, liburanmu perlu ditunjang dengan akomodasi penginapan yang nyaman dan aman. Hal ini biasanya akan membuatmu tetap senang saat menikmati liburanmu.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan dan pastinya menyenangkan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya dan untuk menikmati virtual tour Bobobox bisa dengan mengakses link ini.

Bobobox Pods Juanda

You might also like