Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Stress Karena Puppy Kesayangan Lagi Hobby Gigit-Gigit? Simak Tips Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah!

Jangan sampai rumah jadi kacau

Kebiasaan anjing menggigit barang merupakan perilaku yang wajar sebab mereka berusaha mengenali dunia sekitar dengan menggigit, menjilat dan mengendus. Selain itu, kebiasaan anjing menggigit barang umumnya disebabkan oleh beberapa hal.

Anjing menggigit barang, terutama pada anjing muda, biasanya berkaitan dengan proses tumbuh gigi. Dengan menggigit atau mengunyah sesuatu, rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi bisa berkurang. Sementara itu, pada anjing yang lebih tua, menggigit barang dapat membantu memperkuat rahang dan gigi sekaligus melonggarkan kotoran dari gigi.

Penyebab kebiasaan anjing menggigit gigi berikutnya adalah untuk memeriksa sesuatu. Seperti halnya saat manusia memeriksa barang dengan tangan, anjing akan memeriksa suatu barang dengan menggunakan giginya. Ketertarikan atau menunjukkan rasa sayang dan suka juga bisa menjadi penyebab lainnya. Dalam hal ini, anjing bisa saja merasa tertarik pada aroma atau rasa suatu barang sehingga dia akan terus menggigitnya.

Selain itu, ada juga alasan kebosanan, kesepian, rasa gelisah cemas atau panik. Seperti yang kamu tahu, anjing termasuk binatang sosial yang membutuhkan interaksi dengan sang pemilik ataupun hewan lainnya. Saat tidak mendapatkan perhatian atau latihan yang cukup, menggigit hingga merobek barang akhirnya menjadi pelampiasan untuk menghilangkan perasaan tersebut.

Pemilik anjing mungkin sudah terbiasa dengan perilaku ini. Namun, kebiasaan anjing menggigit barang tentu akan sangat menjengkelkan, terutama jika barang favorit atau benda-benda di sekitar ikut menjadi targetnya. Mengunyah barang juga bisa berbahaya bagi anjing dan berpotensi merusak gigi dan mulutnya. Lalu, bagaimana cara melatih anjing agar tidak menggigit barang di rumah! Simak tipsnya berikut ini!

Jauhkan dari Jangkaun

@mattycoulton/Unsplash

Salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan anjing menggigit barang adalah dengan mengajarkannya mengenai benda apa saja yang bisa mereka kunyah atau gigit. Namun, sebelum itu, pastikan kamu telah menjauhkan barang-barang kamu dari jangkauan anjing.

Simpan dengan benar barang-barang segala hal yang berpotensi ia jangkau dan kunyah. Di anatarnya seperti pakaian, buku, sepatu, kacamata, kaus kaki, sandal, mainan anak, kantung plastik, tempat obat, dompet, tanaman, remote control hingga sampah.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu menutup ruangan-ruangan yang tidak seharusnya mereka masuki. Selain itu, jangan biarkan anjing masuk ke dalam kamar mandi sendirian sebab ruangan tersebut biasanya terisi oleh banyak barang berbahaya bagi anjing, contohnya produk pembersih.


Baca Juga: Simak Fakta Seputar Hewan-Hewan Yang Dianggap Keramat Di Dunia Berikut Ini!


Lapisi dan Lindungi Barang

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan pelindung atau lapisan pada berbagai perabotan yang kira-kira dapat dijangkau oleh anjing, seperti stop kontak dan kabel. Sebisa mungkin, kamu melapisi atau melindunginya dengan barang lain yang memiliki rasa atau bau yang tidak anjing kamu sukai.

Saat pertama mencoba tips untuk menghilangkan kebiasaan anjing menggigit barang ini, kamu perlu menajamkan pengawasan. Pasalnya, beberapa anjing biasanya tetap nekat menggigit benda mesi sudah terlapisi bahan lain. Karena itu, sebaiknya terapkan hingga beberapa kali untuk mempertahankan efektivitasnya.

Ajarkan Barang Apa yang Bisa Mereka Kunyah

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan kebiasaan anjing menggigit barang adalah memberikannya mainan gigit yang aman bagi anjing. Dalam kasus ini, pastikan kamu memberikan mainan yang dapat dibedakan dengan jelas dari barang-barang rumah tangga.

Misal, sebaiknya hindari memberikan mainan berupa sepatu atau kaus kaki, meski bekas sekalipun. Hal ini berisiko membuat anjing kebingungan atau tidak bisa membedakan mana sepatu mainan dan mana sepatu milik kamu. Akibatnya, di kemudian hari kamu mungkin akan kehilangan sepatu kesayangan kamu.

Mainan yang disukai anjing biasanya berupa mainan karet, boneka berbunyi atau mainan tulang dari bahan nilon. Mainan gigit sendiri bermanfaat untuk meringankan sakit pada gusi saat tumbuh gigi dan membuatnya terstimulasi.

Namun, sebelum memberinya mainan, pastikan mainan tersebut aman untuk anjing. Tulang berbahan nilon adalah salah satu yang terbaik sebab sifatnya tahan lama, aman dan tidak merusak gigi. Sementara itu, untuk mainan karet, pastikan mainan tidak mudah robek sebab anjing kamu berisiko menelan potongan mainan tersebut. Alhasil, dia bisa tersedak atau bahkan mengalami gangguan pada ususnya.

Lebih lanjut, mainan yang kamu pilih juga harus tahan lama dan kamu sesuaikan dengan umur anjing. Selain itu, pastikan untuk selalu mengganti mainan saat akan mulai rusak atau ukurannya bisa  dengan mudah ditelan anjing.


Baca Juga: Ingin Hewan Peliharaan Baru? Kenalan Dengan 7 Jenis Dan Fakta Kelinci Hias Berikut Dulu!


Rotasi Mainan

Salah satu alasan anjing menggigit barang adalah untuk menghilangkan kebosanan. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengganti mainan anjing kamu setiap harinya sehingga mereka tidak akan merasa bosan dengan mainannya. Dengan menghindarkannya dari kebosanan, perhatian anjing otomatis teralih dari keinginan untuk mengigit barang pribadi dan perabotan kamu.

Saat anjing kamu mengalami tumbuh gigi, kamu juga bisa mengakalinya dengan membekukan mainan karetnya. Rasa dingin pada mainan tersebut selanjutnya bisa membantu menenangkan gusi anjing.

Tawari Camilan

Saat anjing menggigit barang yang tidak seharusnya, coba tawari dia camilan. Selain untuk menyelamatkan barang kamu, tips ini bisa kamu manfaatkan untuk mengajari anjing tentang perintah ‘Berikan’.

Setelah melepas gigitan, segera berikan camilan tersebut sehingga . Dengan begitu, lama-kelamaan ia akan terbiasa dan memahami bahwa ‘Berikan’ merupakan isyarat untuk melepas apapun yang tengah ia gigit atau kunyah. Salah satu hal yang perlu kamu ingat, sebaiknya jangan memaksa untuk mengeluarkan barang dari mulut anjing sebab  hal ini justru berpotensi mengembangkan perilaku nakal pada anjing. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pujian atas kepintaran anjing dalam menggigit benda yang tepat.

Ajak Berolahraga

@andrewschultz/Unsplash

Rasa bosan bisa membuat anjing melakukan sesuatu untuk menghibur diri dan menghabiskan energi yang tersisa dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengacak-acak isi rumah hingga menggigit barang-barang di sekitar yang mudah ia jangkau.

Untuk menghindarkan anjing menggigit barang, olahraga bisa jadi solusi yang pas. Kamu bisa membiarkannya berlarian ke sana kemari, mengajaknya berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah serta membiarkan mengendus.

Selain itu, kamu bisa mengajaknya bermain lempar bola atau menggantungkan mainan untuk mengajarkannya melompat sehingga dia bisa meraih dan menggigit mainan itu. Jika anjing kamu terbilang aktif dan suka ditemani anjing lain, membawanya ke tempat penitipan anjing yang dikelola dengan baik juga bisa menjadi pilihan.

Kegiatan tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental anjing. Namun, pastikan kegiatan tersebut kamu sesuaikan dengan usia, kesehatan dan karakteristik masing-masing anjing.


Baca Juga: Kenali Keunikan Dan Sifat Anjing Golden Retriever, Spesies Anjing Keluarga Yang Ramah


Selalu Awasi Anjing

Agar langkah menghilangkan kebiasaan anjing menggigit barang efektif, sebaiknya jangan longgarkan pengawasan kamu. Sama halnya seperti merawat bayi, lakukanlah pengawasan secara konsisten sehingga kamu yakin bahwa mereka memang hanya mengunyah barang-barang seharusnya, yaitu mainan gigit.

Recharge Energi di Bobobox

Kesibukan sehari-hari, termasuk merawat hewan peliharaan, terkadang bisa membuat kamu lelah baik secara fisik maupun mental. Agar tidak kehabisan energi, staycation di Bobobox bisa menjadi solusi yang tepat. Gak perlu pusing mikirin budget sebab Bobobox siap memberi kamu pengalaman menginap dengan fasilitas berteknologi lengkap dan canggih, namun dengan harga yang terjangkau! Dengan adanya communal area, pantry, vending machine hingga spot Instagrammbale, liburan kamu dijamin jauh dari kata monoton. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

You might also like