Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kaya Akan Khasiat, Ini Dia Cara Membuat Minyak Sereh

Simak cara membuat minyak sereh mudah dari rumah yang memiliki banyak manaat bagi kesehatan.

Setujukah kamu jika hampir semua produk herbal lebih aman untuk digunakan ataupun dikonsumsi? Bob sendiri lebih memilih produk-produk yang diolah dengan cara yang alami tanpa menggunakan banyak bahan kimia.

Salah satu produk herbal berkhasiat yang selalu menjadi favorit Bob adalah minyak sereh. Minyak ini berasal dari tanaman sereh yang kamu sering gunakan untuk memasak. Tahukah kamu, selain menjadi bumbu masakan, tanaman sereh ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan?

Salah satu manfaat sereh yang cukup terkenal adalah sebagai anti nyamuk alami. Jika kamu menyemprotkan minyak sereh di tubuhmu, dijamin nyamuk tidak mau mendekat. Nah, di ulasan kali ini, Bob akan mebahas cara membuat minyak sereh yang memiliki banyak khasiat bagi tubuhmu

Namun sebelum memaparkan cara membuat minyak sereh, Bob akan memberi tips tentang bagaimana cara menanam sereh yang mudah dan praktis di rumahmu.

Cara Menanam Sereh

cara membuat minyak sereh
via alodokter.com

Cara membuat minyak sereh yang pertama adalah dengan menanam sereh terlebih dahulu. Selain menanam, kamu juga bisa membeli sereh. Namun kualitas sereh yang kamu tanam sendiri akan jauh lebih terjamin kualitasnya.

Cara membuat minyak sereh dengan menanam sereh di rumah sangat mudah. Kamu bisa menggunakan media pot jika tidak memiliki lahan yang luas. Sebelum menanam sereh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, tanaman sereh bisa tumbuh pada ketinggian 100-1000 mdpl dengan suhu sekitar 22-33 derajat celsius.

Tanaman sereh juga bisa tumbuh subur di berbagai macam tanah, lho. Kamu bisa menanam sereh di jenis media tanam tanah liat, lempung, maupun humus. Untuk memilih sereh yang akan ditanam, kamu bisa pilih tanaman sereh yang sudah ada akarnya supaya tumbuh lebih cepat.

Pilihlah sereh yang tingginya minimal 20 cm dan masih berdaun. Selain itu, lebih bagus lagi jika serehnya sudah agak tua dan masih ada bonggolnya yang cukup keras serta tidak terkena hama penyakit.

Cara Membuat Minyak Sereh

cara membuat minyak sereh
via sehatq.com

Cara membuat minyak sereh juga tergolong mudah, lho. Pada prinsipnya, cara membuat minyak sereh bisa dengan proses destilasi atau penyulingan. Eits, tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa membuat minyak sereh dari rumah dengan aman dan mudah.

Yuk, simak cara membuat minyak sereh dan apa saja bahan-bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan-bahan untuk membuat minyak sereh:

  1. Sereh
  2. Air
  3. Es batu

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat minyak sereh:

  1. Pisau dan talenan
  2. Panci
  3. Baskom ukuran sedang
  4. Selan kecil yang panjang
  5. Botol kaca kecil

Cara membuat minyak sereh:

  1. Potong-potong sereh yang sudah dipanen sepanjang 5 cm. Untuk hasil yang lebih tahan lama, kamu bisa menjemur sereh yang sudah dipotong tersebut selama 3-4 jam. Tujuannya adalah supaya sereh tidak cepat busuk.
  2. lubangi tutup panci. pastikan lubang hanya cukup untuk selang yang nanti akan dimasukkan sebagai tata cara membuat minyak sereh.
  3. lubangin bagian kanan dan kiri baskom seukuran diamter selang.
  4. Masukkan air ke dalam panci, isi setengah panci lalu tutup dengan sekat yang biasa digunakan untuk menutup makanan.
  5. Masukkan sereh yang sudah dipotong-potong ke dalam panci yang sudah berisi air di bawahnya. Keseluruhan cara membuat minyak sereh ini mirip dengan cara mengukus makanan pada umumnya.
  6. Pastikan panci tertutup rapat supaya tidak ada uap sereh yang terbuang sia-sia. pastikan tutup panci sudah berlubang dan sudah dimasukkan selang.
  7. Siapkan baskom yang sudah dilubangin bagian kanan dan kirinya dan masukkan selang dari ujung kanan dan keluar di ujung kiri baskom.
  8. Jika beberapa bagian selang sudah masuk ke dalam baskom, masukkan es batu ke dalam baskom.
  9. Siapkan botol kaca dan masukkan ujung selang ke dalam botol.
  10. Tunggu beberapa saat lalu minyak sereh akan menetes dengan sendirinya ke dalam botol.

Proses Penyulingan adalah cara membuat minyak sereh untuk mengekstraksi minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman sereh. Sebetulnya, alat penyulingan ini bisa kamu beli ataupun kamu buat sendiri. namun, jika kamu penasaran dan ingin memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu, tidak ada salahnya mencoba cara membuat minyak sereh ala Bob. .

Cara Membuat Minyak Sereh dengan Metode Destilasi ala Rumahan

Cara membuat minyak sereh dengan metode destilasi sangat penting untuk dilakukan. Pada saat proses destilasi, selang yang berasal dari panci tempat sereh diuapkan akan dimasukkan ke dalam lubang-di baskom tersebut.

Setelah selang tersebut diatur sedemikian rupa di di dalam baskom, kamu boleh masukkan es batu yang cukup banyak ke dalam baskom. Uap dari sereh akan melewati tumpukan es batu tersebut dan minyak atisir akan berhasil disuling di ujung selang.

Jangan lupa siapkan tempat yang bersih, kalau bisa botol kaca sebagai tempat akhir penyulingan minyak sereh. Bagaimana? Cara membuat minyak sereh ternyata cepat dan mudah bukan? Kamu pun bisa mencobanya dari rumah dengan menggunakan cara membuat minyak sereh ala Bob.

Manfaat Minyak Sereh

cara membuat minyak sereh
via suara.com

Meskipun kamu sudah tahu cara membuat minyak sereh, namun masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya manfaat dari minyak sereh. Minyak sereh memang cukup dikenal bisa mengusir serangga. Namun, ternyata tidak hanya itu. Minyak sereh ternyata memiliki banyak keunggulan lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan.

Salah satu khasiat minyak sereh yang jarang orang tahu adalah sebagai anti bakteri dan anti jamur. Jika kamu memiliki infeksi kulit yang tidak cukup parah, kamu bisa mencoba menggunakan minyak sereh untuk meredakan infeksi tersebut.

Minyak sereh juga berperan sebagai antioksidan alami. Minyak sereh mampu menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh kita.

Salah satu ciri yang paling khas dari minyak sereh adalah wanginya. Wangi minyak sereh juga memiliki manfaat meredakan mual, lho. wangi minyak sereh ini memang menenangkan sehingga rasa tidak nyaman akibat mual bisa hilang.

Selain itu, minyak sereh juga bisa diadikan bisnis yang menguntungkan, lho. Cara membuat minyak sereh yang mudah membuat sebagian orang sudah mencoba peruntungan bisnis ini.

Cara Penggunaan Minyak Sereh

Setelah kamu tahu cara membuat minyak sereh dengan praktis dan cepat, sekarang Bob akan membagikan tips cara menggunakan minyak sereh yang efektif. Ada banyak cara dalam menggunakan minyak sereh. Kamu bisa memilih cara apapun yang paling kamu suka.

Salah satu cara penggunaan minyak sereh yang paling umum adalah dengan disemprotkan atau dioleskan pada kulit. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, minyak sereh memiliki khasiat yang cukup efektif untuk mengusir serangga terutama nyamuk.

Minyak sereh juga bisa dihirup dimana aromanya bisa meringankan gejala mual dan sakit kepala serta bisa untuk relaksasi. Beberapa orang juga pernah mencoba mencampurkan minyak sereh di dalam bak mandi supaya aromanya bisa turut menyegarkan kulit sehabis mandi.

Jadi, sudah mau mencoba cara membuat minyak sereh di rumah ala Bob?

Tempat Menginap Nyaman untuk Relaksasi, ya Bobobox

cara membuat minyak sereh

Cara membuat minyak sereh yang mudah membuatmu bisa Membawa minyak sereh kemana-mana untuk menghalau nyamuk dan serangga lainnya. Namun, jika kamu menginap di bobobox, kamu tidak perlu membawa minyak sereh lagi.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang dirancang dengan pods yang sangat privat sehingga kamu bisa beristirahat dengan nyaman dan relaks tanpa gangguan dari serangga apapun. Bobobox juga merupakan hotel kapsul yang terkenal akan kebersihannya, lho.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, kebersihan Bobobox terus ditingkatkan secara maksimal supaya kamu bisa lebih merasa nyaman dan aman saat menginap. Bobobox juga telah mengembangkan contactless experience dimana kamu dapat melakukan check-in hingga check-out dari smartphone-mu saja. Oh ya, untuk mengakses podmu juga kamu hanya perlu memindai QRcode yang terdapat di aplikasi Bobobox-mu, lho! Ingin suasana baru yang cocok untuk relaksasi? Pilih saja Bobobox dan cek semua infonya di sini.

You might also like