Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Karakter Perempuan dalam Film yang Keren dan Menginspirasi!

The future is women!

Tidak jarang orang-orang mengasosiasikan kekuatan dengan hal-hal yang berhubungan dengan fisik atau berbau maskulin. Akan tetapi, karakter-karakter perempuan dalam film ini muncul untuk menghancurkan definisi tersebut. Berikut karakter perempuan keren dan kuat yang bisa kalian jadikan inspirasi versi Bob!

Karakter Perempuan Keren dan Menginspirasi dalam Film Terkenal

1. Ellen Ripley (Alien)

Ellen Ripley – 20th Century Fox

Diperankan oleh Sigourney Weaver, karakter perempuan ini merupakan salah satu karakter perempuan yang sangat tangguh. Setelah semua kru pada kapal menuju luar angkasanya dibunuh oleh alien bernama Xenomorph, dia mengusir makhluk-makhluk tersebut lewat airlock dan mengarahkan pesawat pulang. Malangnya, ia malah tidak sengaja tertidur secara hypersleep selama 57 tahun dan harus berurusan kembali dengan makhluk aneh tersebut sembari menyelamatkan diri.

Meskipun berkali-kali dihadang masalah dan monster, satu hal yang patut kita acungi jempol adalah bagaimana karakter perempuan ini bisa tetap menjadi ‘manusia’ setelah melewati semua itu. Tentu, berkali-kali kita bisa lihat dirinya ketakutan, tapi ia bisa menghadapi ketakutan itu dengan gigih.

 

2. Mary, Katherine dan Dorothy (Hidden Figures)

Hidden Figures – 20th Century Fox

Mary, Katherine dan Dorothy merupakan karakter-karakter perempuan dari film Hidden Figures yang diangkat dari kisah nyata para perempuan-perempuan berjasa di sejarah NASA. Pada tahun 50-60an di mana rasisme masih merajalela di Amerika Serikat, ketiga karakter perempuan yang merupakan golongan minoritas ini mencoba mendobrak dinding rasisme itu dengan menunjukkan kemampuannya masing-masing.

Mary yang merupakan ahli teknik ditolak saat ia mencoba untuk menjadi teknisi di NASA kecuali ia mampu lulus dari perguruan tinggi yang isinya orang-orang kulit putih. Katherine pintar dengan angka-angka yang naik pangkat dan diharuskan bekerja dengan banyaknya laki-laki kulit putih mencoba menunjukkan bahwa dirinya juga layak diperlakukan setara. Sedangkan Dorothy yang sudah bertahun-tahun bekerja sebagai supervisor pada divisi yang isinya perempuan kulit hitam di ruangan bawah tidak bisa meraih posisi permanen karena warna kulitnya. Dalam Hidden Figures, ketiga karakter perempuan ini menginspirasi kita untuk tidak pernah menyerah dalam menumpas ketidakadilan sistemik.

 

3. Diana Prince (Wonder Woman)

Wonder Woman – Warner Bros Pictures

Perempuan sering dilihat sebelah mata karena dibilang terlalu emosional. Padahal jika kita telusuri, perang dunia terus terjadi karena para laki-laki yang, ahem, gampang tersulut emosinya. Diana Prince atau Wonder Woman merupakan karakter perempuan yang terinspirasi dari dewi Artemis. Meski diperingati oleh penasihat-penasihatnya, Diana tetap bersikeras keluar dari pulau Amazon untuk menyelesaikan peperangan yang ia curigai dimulai oleh sang dewa perang, Ares.

Lewat petualangannya, karakter perempuan ini menyadari bahwa umat manusia sudah tidak bisa diselamatkan karena ego yang mereka pegang. Tidak menyerah, ia pun tetap melawan para kroni-kroni imperial dan menyelamatkan orang-orang yang tidak berdaya. Dengan bantuan teman-temannya, mereka pun bekerja sama untuk menghentikan perang tersebut.

 

4. Hermione Granger (Harry Potter)

Hermione Granger – Warner Bros Pictures

Siapa sih yang nggak kenal karakter perempuan cerdik satu ini? Hermione Granger merupakan salah satu karakter utama dalam sekuel Harry Potter yang diperankan oleh Emma Watson. Meskipun dirinya merupakan seorang muggle, atau penyihir kelahiran manusia, ia bisa membuktikan dirinya lebih pintar dari mereka yang darah penyihir murni. Hal ini ditunjukkan mulai dari film pertama di mana ia punya pengetahuan yang luas tentang dunia sihir sehingga ia bisa membantu teman-temannya selamat dari berbagai jenis masalah.

Namun, Hermione terlihat sangat perhatian kepada orang-orang yang ia sayangi dan tidak menolak untuk membagikan ilmu yang ia pelajari kepada orang lain. Ini menunjukkan bahwa logika dan empati harus bisa setara dalam melakukan sesuatu.

5. Shuri (Black Panther)

Shuri – Marvel Studios

Karakter perempuan selanjutnya adalah seorang heroine dari Wakanda. Shuri yang merupakan adik dari T’Challa merupakan sesosok perempuan yang cerdas dan tangguh. Di umurnya yang muda, ia sudah menjadi kepala dari bagian ilmu pengetahuan dan teknologi milik Wakanda. Selain itu, peralatan-peralatan serta kostum yang dikenakan oleh Black Panther tersebut merupakan desain dan buatan karakter perempuan yang satu ini. Hal keren lainnya lagi dari Shuri? Dia jago berantem dan juga punya selera humor yang ngakak! Bob sih penasaran apakah ia akan menggantikan posisi T’Challa di tahta Wakanda suatu saat atau tidak.

6. Marlina (Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak)

Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak – Cinesurya

Karakter perempuan selanjutnya datang dari tanah Sumba. Marlina yang suaminya sudah meninggal dunia mengalami kejadian mengerikan ketika rumahnya didatangi segerombloan perampok. Setelah intimidasi yang tiada akhir, dengan berani ia membunuh perampok tersebut dan memenggal kepala sang ketua perampok. Ditemani dengan temannya yang hamil 10 bulan, ia berkelana untuk mencari keadilan sambil terus dibuntuti oleh anak buah perampok yang ia bunuh.

Kegigihan Marlina dan keberaniannya membuat dirinya pantas untuk masuk pada kategori karakter perempuan terkeren dalam film, terutama film Indonesia. Lewat kisahnya yang terbagi atas empat babak, kita bisa belajar bagaimana perempuan, khususnya perempuan miskin, mengalami banyak ketidakadilan sistemik dan objektifikasi dari laki-laki.

 

7. Katniss Everdeen (The Hunger Games)

The Hunger Games Trilogy – Lionsgate Pictures

Katniss Everdeen merupakan karakter perempuan sekaligus protagonis dalam serial Hunger Games karya Suzanne Collins ini. Saat awalnya ia menggantikan adiknya untuk mengikuti Hunger Games dan berhasil selamat karena pantang menyerah dan melawan Capitol, ia dijadikan simbol revolusi para rakyat Panem yang melawan. Meski begitu, perjuangan Katniss di sini tidak hanya melawan imperialisme, tapi dia juga dipaksa untuk melihat orang yang mencoba untuk memanfaatkan perlawanan ini. Ia pun tidak takut untuk terjun ke garis depan saat perang dan mengorbankan dirinya untuk melindungi orang lain.

 

8. Mulan (Mulan)

Mulan – Walt Disney Pictures

Mulan merupakan karakter perempuan selanjutnya yang harus menyamar menjadi laki-laki demi menggantikan ayahnya pergi ke medan perang. Selama pelatihan, dia mencoba membuktikan dirinya dengan bekerja keras sampai bisa setara, bahkan melebihi tentara laki-laki lainnya. Meskipun pada akhirnya karakter perempuan ini ketahuan dan diasingkan, ia tetap tidak menyerah untuk ikut melawan pasukan Hun.

9. Susi Susanti (Susi Susanti: Love All)

Susi Susanti – Damn! I Love Indonesia

Karakter perempuan ini diangkat dari kisah asli sang atlet badminton legendaris, Susi Susanti. Lewat film ini kita mengetahui bahwa perjuangan Susi Susanti bukanlah hanya mengharumkan nama Indonesia, tapi juga menyadari bahwa semua medali dan prestasinya tidak menjamin keselamatannya di Indonesia sebagai minoritas. Meski begitu, kegigihannya ini menjadi hal yang sangat menginspirasi.

 

Menonton Film Saat Staycation? Tidak Masalah!

Kamu tau nggak kalau di Bobobox, setiap podsnya dilengkapi dengan bluetooth speaker dan adjustable light juga Wi-Fi kenceng yang bikin kamu nyaman menonton film saat staycation? Makanya, download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya!

You might also like