Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Siap WFH Lagi? Yuk Coba 10 Tips untuk Mengubah Pojok Kantor di Rumah Jadi Workspace Idaman!

Sudut kantor di rumah nggak lagi terasa membosankan!

PSBB lagi? Ya! Seperti yang kita lihat di berita, PSBB kembali diselenggarakan di Jakarta. PSBB “Jilid Dua”, seperti dilansir dari Kompas, dilaksanakan selama dua minggu dari tanggal 14 hingga 27 September 2020. Sama seperti PSBB pertama, pembatasan ini diterapkan pada berbagai aspek. Peraturan yang berlaku pun menjadi lebih ketat. Menurut Detik Finance, akses keluar masuk Jakarta pun turut diperketat. Ada juga persyaratan yang harus dipenuhi jika kamu ingin datang atau meninggalkan ibukota. Selain itu, sebagian perusahaan kembali menerapkan kebijakan work from home atau WFH.

Untuk kamu yang sebelumnya sudah kembali ngantor, berlakunya PSBB dan WFH membuatmu bisa bekerja dari tempat tinggal. Selain menjaga jarak dengan orang lain, WFH tentunya memberimu kesempatan untuk lebih sering di rumah bersama keluarga. Namun, terkadang pojok kantor di rumah terasa kurang kondusif untuk bekerja. Ditambah lagi, mungkin ada banyak distraksi di tempat tinggalmu. Aduh! Bukannya beres, kerjaan justru bisa tertunda. Kamu juga malah makin capek. Padahal, sudut kantor di rumah yang kondusif bisa menunjang produktivitasmu.

kantor di rumah
Sumber: News1.kr

Nah, supaya kamu siap WFH lagi, ada baiknya kamu segera berbenah workspace di tempat tinggalmu. Eits! Kamu nggak perlu membuat perubahan yang ekstrem kok! Beberapa penyesuaian kecil bisa membuat pojok kantor di rumahmu jadi workspace yang cozy dan bahkan Insta-worthy! Bob punya 10 tips dan inspirasi untuk menyulap area kerjamu jadi spot idaman yang nyaman! Kerja pun jadi lebih kondusif! Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Rapikan Ruangan yang Berantakan

kantor di rumah
Sumber: IKEA Korea

Langkah pertama untuk menyulap kantor di rumah menjadi workspace idaman adalah merapikan ruangan. Duh! Kalau yang satu ini sih, sebetulnya jangan ditanya. Sekeren apa pun interior ruangan atau semahal apa pun furnitur yang ada, kalau ruang kerjamu berantakan sih sama aja bohong. Jangankan fokus kerja. Baru lihat ruangan yang berantakan saja sudah bikin kamu pusing. Oleh karena itu, rapikan area kerja, terutama meja kerja dan sekitarnya. Simpan berkas-berkas di lemari arsip atau credenza. Kembalikan buku-buku ke tempatnya. Cuci gelas atau piring yang kotor dari atas meja.

2. Buang Barang-Barang yang Tidak Lagi Diperlukan

kantor di rumah
Sumber: 소년중앙 Weekly

Sejalan dengan poin sebelumnya, langkah ini bisa bikin pojok kantor di rumah menjadi lebih nyaman. Kamu pasti kenal Marie Kondo, dong? Ya, penulis dan konsultan organizer asal Jepang ini terkenal dengan metode pengelolaan barangnya yang disebut KonMarie method. Ternyata, metode ini nggak ribet, lho! Dilansir dari The Globe and Mail, kamu perlu memeriksa setiap barang yang ada di ruangan terlebih dahulu. Pilih barang-barang yang bisa memberimu kebahagiaan atau “spark joy“. Simpan barang-barang tersebut di tempat khusus dan pastikan kamu selalu mengembalikan barang tersbeut ke tempat yang sama. Barang-barang yang tidak lagi dipakai bisa kamu buang atau sumbangkan. Duh! Dijamin ruangan bakalan terasa lebih lapang dan bersih!

3. Pilih Desain Minimalis

kantor di rumah
Sumber: My Scandinavian Home

Ingin merombak pojok kantor di rumah supaya terlihat lebih segar dan rapi? Pemilihan desain interior jadi salah satu faktor yang berpengaruh, lho! Pernah dengar ungkapan “less is more“? Ungkapan tersebut, seperti dilansir dari Idea, dipopulerkan oleh Ludwig Mies van der Rohe, arsitek keturunan Jerman-Amerika. Konsep tersebut sering dijadikan panduan penataan rumah urban untuk memberikan penampilan minimal, tentunya dengan fungsi yang maksimal. Beberapa gaya interior seperti Scandinavian atau Mid-Century hadir dengan desain minimalis yang bergaya, tetapi tetap fungsional. Area kerja yang simpel dan stylish? Hmm… Boleh dicoba tuh!

4. Hangatkan Suasana dengan Palet Warna Bumi

kantor di rumah
Sumber: My Domaine

Pojok kantor di rumah terasa kurang cozy? Pemilihan palet warna bumi atau earthy tones bisa menjadi langkah cermat. Palet ini identik dengan warna cokelat dan netral. Dilansir dari Creative Color Schemes, warna-warna bumi mencerminkan kehangatan, keamanan, dan perlindungan. Jadi, kalau kamu ingin vibe yang lebih cozy, nggak ada salahnya menerapkan warna-warna bumi ke interior ruangan. Menurut Decoholic, palet warna bumi juga merupakan pilihan ideal untuk semua area hunian. Di ruangan-ruangan utama seperti ruang keluarga, warna bumi membawa energi yang menenangkan. Wah, cocok nih biar nggak gampang stres!

5. Tambahkan Sentuhan Alam pada Ruangan

kantor di rumah
Credit: Annabel Maberly via Pinterest

Ruangan terasa membosankan? Mata lelah karena terlalu lama lihat monitor? Coba deh berikan sentuhan alam pada pojok kantor di rumah. Menurut sebuah artikel di Gardening Know How, tanaman hidup di area kerja bisa mencerahkan harimu, memperbaiki suasana hati, dan mendorong produktivitas. Beberapa jenis tanaman seperti lidah mertua, kaktus, dan sukulen bisa jadi starter option. Supaya lebih segar, coba deh pilih tanaman dengan daun berwarna hijau tua. Dilansir dari Firmoo, warna hijau bisa meredakan lelah mata dan mengurangi kecemasan. Selain tanaman, kamu juga bisa menggunakan wallpaper bermotif daun untuk memberikan kesan sejuk pada ruangan.

6. Pilih Ruangan dengan Ventilasi yang Baik

kantor di rumah
Sumber: 집꾸미기

Udara yang pengap sudah pasti membuatmu tak nyaman. Jangankan buat kerja, untuk beraktivitas lain pun pasti nggak betah. Oleh karena itu, pastikan pojok kantor di rumahmu memiliki ventilasi yang baik. Kalau selama ini, area kerja di rumahmu berada di ruangan tanpa ventilasi yang memadai, it’s time to move! Pindahkan meja dan kursi kerja ke dekat jendela. Jika memungkinkan, pilih jendela dengan pemandangan yang lebih menyejukkan seperti taman. Namun, perlu diingat bahwa paparan cahaya matahari langsung bisa membuat kamu gerah. Jadi, pastikan kamu juga mempertimbangkan hal ini, ya, saat memilih tempat!

7. Ganti Furnitur Lama

kantor di rumah
Credit: @michsole via Unsplash

Meja kerjamu sudah nggak kokoh? Kursimu tidak lagi terasa nyaman? Atau, kamu perlu lebih banyak space untuk menyimpan dokumen dan buku? Jika ada dana lebih, coba deh alokasikan untuk mengganti furnitur sudut kantor di rumah. Pilih meja dengan laci agar kamu bisa menyimpan barang-barang yang lebih sering digunakan. Cari kursi ergonomis untuk mengganti kursi lama. Dilansir dari Rukita, kursi ergonomis dapat mengurangi nyeri pada tubuh dan risiko kesehatan lain akibat terlalu lama duduk. Duh! Jauh-jauh deh pegal-pegal! Kalau badan segar, tentunya produktivitas pun lancar!

8. Atur Pencahayaan Ruangan

kantor di rumah
Credit: @tspoonphoto via Unsplash

Sering ngantuk dan nggak fokus saat kerja? Pencahayaan ruangan bisa jadi salah satu penyebabnya. Menurut sebuah artikel di The Spruce, pencahayaan yang tidak optimal bisa menguras energi, menurunkan mood, dan memicu lelah mata dan sakit kepala. Imbasnya, kamu tidak bisa bekerja secara optimal. Oleh karena itu, atur kembali pencahayaan ruangan agar lebih terang. Kamu bisa memilih lampu meja dengan struktur yang dapat disesuaikan. Hindari juga paparan sumber cahaya secara langsung ke mata supaya kamu nggak pusing. Tempatkan monitor membelakangi jendela supaya tidak ada glare di layar.

9. Go Monochrome

kantor di rumah
Credit: Bartosz Kontek via Behance

Saat melakukan makeover ruangan, sering kali kita memikirkan warna. Ketika sudah bingung mau pilih warna apa, kenapa tidak coba palet monokrom? Dilansir dari My Move, desain atau palet monokrom memberikan efek menenangkan sehingga sering dipakai di ruangan-ruangan yang membutuhkan dorongan penenang. Nah, kalau pojok kantor di rumah terasa depressing, mungkin kamu bisa menerapkan palet ini. Sering kali, palet ini identik dengan warna hitam putih yang memberikan kesan simpel, bersih, dan modern. Namun, kamu juga bisa memilih satu warna lain dan memadukannya dengan corak atau tingkat kecerahan yang berbeda.

10. Gunakan Pengharum Ruangan

kantor di rumah
Credit: @bygeorgianabarbu via Unsplash

Tips terakhir dari Bob untuk me-revamp pojok kantor di rumah adalah menggunakan pengharum ruangan. Bau apak dan udara yang tidak segar tentunya bikin kamu enggan kerja. Nah, supaya ruangan harum, kamu bisa menggunakan pengharum ruangan. Ada beragam jenis pengharum yang bisa digunakan, dari lilin aroma, oil burner, hingga reed diffuser. Supaya manfaatnya makin terasa, pilih essential oil atau aroma yang menenangkan. Dilansir dari VeryWellMind, essential oil seperti lavendel, lemon, yuzu, bergamot, dan lemongrass dapat meredakan stres.

Itulah 10 tips dari Bob untuk menyulap sudut kantor di rumah menjadi workspace idaman. Dengan atmosfer yang baru dan cozy, dijamin kamu bisa bekerja lebih nyaman dan optimal. Nggak mager dan ngantuk lagi, deh! Semoga dengan persiapan seperti ini, WFH bisa dijalani dengan baik, ya! Jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, serta tidak mengunjungi tempat-tempat yang ramai. Namun, kalau kamu udah jenuh di rumah, kamu bisa loh bekerja dari tempat lain. Di Bobobox, misalnya, kamu bisa kerja sambil menikmati staycation seru dengan biaya terjangkau!

Kerja dan Staycation di Bobobox? Pasti Asyik!

Menginap di Bobobox akan jadi pengalaman berlibur yang berkesan! Setiap pod di Bobobox didesain dalam interior bergaya futuristik dengan dominasi warna putih yang stylish! Cocok deh buat foto-foto Instagram! Dengan tempat tidur yang besar, kamu bisa beristirahat, kerja, atau maraton drama Korea dengan nyaman. Di dalam pod juga tersedia Bluetooth speaker untuk mendengarkan musik kesukaanmu. Kerja nggak akan ngebosenin, deh!

Oh, ya! Bobobox juga mengintegrasikan teknologinya dengan aplikasi ponsel. Nggak perlu repot bawa card atau kunci! Kamu bisa mengakses pod dan mengatur pencahayaan kamar lewat aplikasi di ponselmu. Praktis banget! Selain itu, Bobobox dilengkapi fasilitas umum seperti shared bathroom, communal space, pantry, dan musala. Oh, ya! Communal space di Bobobox cocok buat kerja atau rapat kecil juga, lho! Jadi, kamu dan teman-teman bisa kerja sambil staycation bareng! Dijamin memorable!

Soal kebersihan, jangan khawatir! Setiap pod dan area di Bobobox dibersihkan secara menyeluruh mengikuti protokol kebersihan dan kesehatan yang ketat! Oh, ya! Sebelum datang, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Bobobox, ya! Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan iOS secara gratis. Lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa melakukan reservasi pod dan mendapatkan beragam notifikasi promo menarik! Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, sudah siap kerja dan staycation bareng Bob? Yuk download aplikasi Bobobox sekarang!

You might also like