Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jernihnya Air Tempat Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

Tempat

Tempat wisata alam di kawasan Bandung memang tidak ada habisnya sehingga kamu mungkin sudah sering mengunjungi semua tempat yang disuguhkan di sana. Tempat-tempatnya yang instragammable dan penuh kesejukan memang selalu memikat banyak pengunjung.

Namun, jika kamu mulai bosan dengan tempat yang itu-itu saja dan ingin mencari tempat wisata yang belum terlalu ramai, Bob punya rekomendasi tempat yang masih terbilang baru di kawasan Bandung Barat.

Namanya adalah Sendang Geulis Kahuripan. Tempat wisata alam ini berlokasi di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Meskipun masih terbilang baru, tempat wisata alam yang satu ini bisa dibilang cukup populer karena sudah ada banyak orang yang memamerkan foto-foto mereka di media sosial saat berkunjung ke sana.

Nah, sebenarnya tempat seperti apa sih Sendang Geulis Kahuripan itu, apa saja daya tariknya, berapa harga tiket masuknya, dan informasi terkait lainnya?

Simak baik-baik review tentang Sendang Geulis Kahuripan berikut ini, siapa tahu kamu tertarik untuk berkunjung!

@mochiqbalts

Makna dan Mitos Tentang Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan adalah sebuah sumber mata air alami yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan persawahan. Saat mendatangi tempat ini kamu akan merasakan suasana alam khas pedesaan yang sejuk dan masih sangat asri.

Kata sendang sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merujuk pada “kolam di pegunungan dsb yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus.”

Semenatara itu kata geulis dalam bahasa Sunda berarti cantik dan kahuripan berarti kehidupan. Jika digabungkan, secara harfiah Sendang Geulis Kahuripan berarti sumber air indah yang memberikan kehidupan.

Makna dari nama ini mungkin ada benarnya karena pemandangan di sekitar mata air ini memang sangat indah dan masyarakat setempat juga bergantung pada sumber mata air ini untuk keperluan sehari-hari.

Sendang Geulis Kahuripan juga dikenal dengan nama Talaga Kahuripan dan Sirah Cai Kahuripan. Jadi jangan heran saat kamu bertanya kepada warga setempat dan mereka lebih familiar dengan nama Sirah Cai Kahuripan atau Talaga Kahuripan.

Warga setempat percaya bahwa air dari Sendang Geulis Kahuripan ini dapat mempercantik dan menghaluskan kulit, serta membuatnya awet muda. Selain itu, airnya juga dipercaya berkhasiat menghilangkan pegal-pegal serta penyakit di tubuh.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos ini, kamu sudah pasti akan merasa refreshed setelah mencicipi kesegaran mata air ini.

@maiel_josaphat

Daya Tarik dan Kegiatan di Sendang Geulis Kahuripan

Kamu mungkin penasaran apa sih pesona yang dimiliki Sendang Geulis Kahurpan ini. Nah, seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, tempat wisata alam ini menyuguhkan mata air alami yang masih sangat asri.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan wisata air yang menyegarkan serta menyejukkan. Mata air ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun serta hamparan sawah yang menyegarkan mata.

Tempatnya tidak terlalu luas sehingga kamu tidak akan merasa lelah untuk menjelajahi setiap sudutnya. Selain itu, meskipun tempat wisata alam ini mulai populer, letaknya yang berada di tempat terpencil membuat Sendang Geulis Kahuripan tidak begitu ramai.

Air yang ada di sini sangat jernih dan kadar oksigennya cukup tinggi sehingga kamu bisa langsung meminumnya jika mau. Kejernihan ini terjadi karena airnya terus mengalir sehingga tidak akan ada bau atau kotoran yang menempel.

Sendang Geulis Kahuripan juga memiliki curug yang tidak terlalu tinggi. Karena debit airnya pun tidak terlalu deras, curug ini sangat cocok untuk bermain air dan berfoto-foto.

@wisnujayandika

Di sini juga ada tiga kolam yang dapat digunakan untuk berenang dan berendam. Dua di antaranya terbentuk secara alami dan satu merupakan kolam renang atletik buatan.

Pengunjung biasanya menjadikan kolam alami tersebut sebagai spot foto di bawah air. Mengingat airnya yang jernih, hasil fotonya pun tentu tidak akan mengecewakan.

Jadi, kamu bisa berenang sambil berswafoto di sini atau kamu bisa minta temen kamu untuk mengambilkan gambarnya.

Selain berenang, kamu juga bisa berendam dan mandi di mata air ini. Dengan airnya yang jernih, bersih serta dingin, pengalaman berendam di sini akan sangat menyegarkan dan membantu kamu melepas penat dari badan dan pikiran kamu.

@alysfresh

Fasilitas dan Harga Tiket

Jika biasanya tempat wisata alam yang masih baru dan agak terpencil tidak memiliki fasilitas yang memadai, berbeda dengan Sendang Geulis Kahuripan. Tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjung.

Fasilitasnya meliputi toilet, tempat ganti pakaian, tempat membilas diri, warung makanan, musala, saung untuk beristirahat, serta ada pula penginapan di sekitar kawasan yang bisa kamu sewa kalau-kalau kamu terlalu asyik bermain dan waktu sudah terlanjur gelap.

Makanan yang yang dijual di warung-warung ini beragam dengan rasa lezat khas Sunda. Harganya pun terjangkau. Jadi, selain kamu tidak usah repot-repot bawa bekal, kamu pun bisa sekalian berburu kuliner khas Sunda.

Untuk memasuki kawasan Sendang Geulis Kahuripan, kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja. Cukup terjangkau bukan apalagi setelahnya kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran alam sepuas kamu.

Selain tiket masuk, kamu juga akan dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Untuk motor, biaya parkirnya seharga Rp 3.000 sementara untuk mobil seharga Rp 5.000.

Kamu bisa datang ke sini di hari apa saja dari Senin sampai Minggu. Tempat wisata ini dibuka dari jam 07.00-17.00.

@indoflashlightjabar

Akses Menuju Sendang Geulis Kahuripan

Untuk mencapai lokasi Sendang Geulis Kahuripan, jika kamu menggunakan jalan tol, kamu bisa keluar di gerbang tol Cikamuning. Setelah itu, kamu harus menyusuri jalur Padalarng-Cikampek sampai kamu berada di Jalan Raya Cikalong.

Arahkan kendaraan kamu menuju wilayah Cikalong Wetan, setelah itu, kamu akan melewati perbatasan Cikalong Wetan. Perhatikan sisi kanan jalan karena kurang dari tiga kilo meter setelahnya, kamu akan menjumpai sebuah gapura yang ujungnya berbentuk nanas.

Gapura tersebut berada di sebuah pertigaan dan kamu juga akan melihat ada pangkalan ojek di sana. Dari gapura, tersebut kamu masih harus menempuh perjalanan sepanjang 4 km sebelum mencapai Sendang Geulis Kahuripan. Kamu harus berhati-hati, karena jalannya masih berbatu.

Setelah menempuh jalan berbatu ini, kamu akan menjumpai sebuah sekolah dasar di mana kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu.

Dari sekolah tersebut, kamu masih harus berjalan kaki untuk bisa mencapai Sendang Geulis Kahuripan. Selama perjalanan ini, kamu akan ditemani dengan pemandangan sawah hijau yang berundak, pepohonan rimbun, serta suasana asri khas pedesaan.

Dapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan dan tanpa ribet di Bobobox! Dengan bantuan ponsel pintar kamu, kamu dapat merasakan kemudahan menginap mulai dari pemasanan sampai nanti kamu check-out.

Selain dilengkapi dengan tempat tidur yang super comfy, kamu juga bisa memainkan lampu kamar Bobobox sesuai dengan mood kamu. Ada pula fasilitas Bluetooth speaker yang akan semakin melengkapi kenyamanan kamu selama di sini.

Alunan lagu dan pencahayaan, checked, saatnya kamu berbaring dan lupakan semua penat kamu!

You might also like