Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan

Jangan salah sebut lagi saat memesannya, ya.

Sushi merupakan satu dari banyaknya kuliner khas Jepang yang digemari di Indonesia. Hidangan asal Negeri Sakura ini merupakan hidangan yang tergolong sehat karena dibuat dari nasi yang dibentuk dengan lauk berupa seafood, daging, serta berbagai sayuran.

Di Jepang sendiri, sushi memiliki kurang lebih 50 varian dengan bentuk dan lauk yang berbeda-beda. Nah, berikut ini akan Bob jelaskan 10 jenis sushi yang populer dan sering dipesan di Indonesia. Jangan salah sebut lagi saat memesannya, ya.

1. Norimaki

Jenis sushi yang pertama bernama norimaki. Norimaki merupakan jenis sushi yang paling sering dijumpai di berbagai restoran sushi atau restoran Jepang di Indonesia. Dalam bahasa Jepang, nori berarti rumput laut karena norimaki memang memakai kertas rumput laut sebagai balutan paling luar pada sushinya.

Norimaki merupakan sushi yang terbuat dari nasi cuka khas Jepang, kemudian diletakkan di atas kertas rumput laut. Di atasnya diberi aneka lauk untuk isian seperti salmon, tuna, gurita, dan mentimun. Kemudian, sushi tersebut digulung dengan menggunakan makisu atau alat penggulung sushi dari bambu.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Klara Avsenik on Unsplash

2. Oshizushi

Dilihat dari isiannya, sushi berjenis oshizushi ini hampir sama dengan sushi norimaki. Hal yang membedakannya adalah bentuknya. Jika norimaki berbentuk bulat atau lingkaran, oshizushi memiliki bentuk kotak atau persegi panjang yang dibentuk dengan menggunakan cetakan khusus.

Untuk membuatnya, letakkan terlebih dahulu berbagai lauk dan sayur di bagian dasar cetakan. Setelah itu tambahkan nasi cuka, dan padatkan dengan cara ditekan-tekan perlahan. Sama seperti norimaki, hidangan sushi khas daerah Kansai ini dipotong menjadi ukuran kecil sekali suap agar mudah dinikmati.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo from umami-insider.com

 

3. Futomaki

Futomaki juga merupakan jenis sushi gulung seperti norimaki. Namun, futomaki berukuran lebih besar dengan isian yang lebih banyak dari norimaki. Jika biasanya norimaki hanya memiliki tiga jenis isian, futomaki bisa memiliki hingga tujuh macam isian.

Meskipun ada beberapa futomaki yang menggunakan isian mentah seperti norimaki, namun biasanya isian futomaki dimasak hingga matang terlebih dahulu. Itu sebabnya futomaki memiliki rasa bumbu yang gurih.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Filippo Faruffini on Unsplash

4. Nigiri

Nigiri merupakan jenis sushi yang tergolong sangat sederhana. Jenis sushi ini hanya terbuat dari nasi cuka yang di atasnya diberi potongan seafood mentah seperti salmon, tuna, cumi-cumi, gurita, atau kerang. Meski begitu, nigiri menjadi olahan sushi yang sangat disukai di Indonesia.

Daging seafood mentah yang disajikan merupakan daging segar yang sangat berkualitas. Jadi, kamu tak perlu khawatir akan bermasalah bagi pencernaan atau mencium bau amis yang menyengat saat memakannya.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Jason Leung on Unsplash

5. Sashimi

Serupa dengan nigiri, sashimi juga merupakan jenis sushi yang menyajikan daging seafood mentah untuk dimakan. Namun, sashimi sama sekali tidak menyajikan nasi. Daging seafood hanya akan dibersihkan dengan sangat bersih, kemudian diiris tipis atau untuk sekali suap. Sashimi akan disajikan dengan saus yang telah disediakan.

Meskipun disajikan mentah, namun kamu akan merasakan tekstur yang sangat lembut serta rasa yang segar dan manis dari seafood segar seperti ikan salmon, tuna, todak, cumi, gurita, udang, dan kerang. Tak heran jika harga sashimi agak sedikit malah dibanding sushi yang lain, karena bahan lautnya pun sangat berkualitas.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Jongsun Lee on Unsplash

6. Uramaki

Jika norimaki memiliki nori di lapisan paling luar, jenis sushi uramaki ini kebalikannya. Nori diletakkan di bagian dalam, sedangkan nasinya yang menjadi lapisan pembungkus di paling luar.

Konon, uramaki ini dibuat untuk orang yang tidak terlalu suka dengan nori, sehingga nori diletakkan di bagian yang tak terlalu kelihatan, Untuk isinya, baik uramaki maupun norimaki memiliki isian yang sama, yakni makanan laut, sayuran, atau bahkan alpukat.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Youjeen Cho on Unsplash

7. Inarizushi

Selain jenis sushi yang bercita rasa asin dan gurih, ada pula jenis sushi yang memiliki cita rasa sedikit manis. Nama jenis sushi ini adalah inarizushi. Inarizushi merupakan sushi berupa nasi yang dimasukkan ke dalam abara-age atau kantong tahu ala Jepang.

Kantong tahu ini terbuat dari tahu yang diiris tipis, kemudian digoreng dan direndam dalam campuran kecap, dashi, dan cuka beras. Isian dalam narizushi tradisional hanya berupa nasi cuka saja, namun saat ini banyak pula restoran yang menyajikan inarizushi dengan isian nasi cuka dengan dilengkapi seafood dan sayuran.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Markus Winkler on Unsplash

8. Gunkan

Dalam bahasa Jepang, gunkan berarti kapal perang. Sebutan gunkan untuk jenis sushi ini tak berlebihan, karena sushi jenis ini memang dibentuk mirip kapal perang Jepang. Gunkan memiliki lapisan luar yang dibentuk dari nori atau mentimun yang diiris tipis.

Nori atau mentimun itu kemudian diisi dengan nasi cuka. Sebagai pelengkap, biasanya di bagian atasnya ditaruh telur ikan, gurita, atau udang.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Henry & Co. on Unsplash

9. Temaki

Temaki memiliki arti ‘digulung dengan tangan’, artinya jenis sushi temaki ini tidak digulung menggunakan penggulung bambu seperti norimaki. Bentuk dari temaki ini juga unik, yakni berbentuk kerucut dan menyerupai cone atau corong.

Kerucut tersebut dibuat dari nori, yang bisa diisi dengan nasi cuka, makanan laut, telur dadar, sayuran, dan telur ikan. Ukuran temaki juga tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, sehingga memakan satu atau dua saja sudah bisa kenyang.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Bladimir Garcia on Unsplash

10. Chirashi

Kebanyakan sushi disajikan dengan diiris untuk satu suapan agar mudah ketika memakannya. Namun, jenis sushi chirashi ini berbeda karena disajikan dalam bentuk rice bowl.

Meski begitu, di dalamnya tetap sama seperti sushi pada umumnya, yakni nasi cuka, seafood atau daging ayam, irisan sayuran, jahe, telur ikan, serta taburan nori. Chirashi cocok dimakan sebagai menu utama karena kamu pasti akan kenyang jika memakannya.

Wajib Tahu Sebelum Makan! Ini Dia Jenis Sushi yang Biasa Kita Makan
Photo by Jesse Ballantyne on Unsplash

Sekarang, sudah tahu ‘kan 10 jenis sushi yang populer dan menjadi favorit di Indonesia? Jangan salah sebut lagi ya ketika memesannya. By the way, kamu suka jenis sushi yang mana? Kalau Bob sih, semua jenis sushi suka!

Selain sushi yang menjadi favorit, ada juga lo tempat menginap asyik yang sedang populer. Apa lagi kalau bukan hotel kapsul Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang bergaya super modern dan futuristik.

Tak hanya kamar tidur saja, Bobobox juga dilengkapi dengan fasilitas hi-tech yang keren. Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan mood-mu, serta kamu bisa menghubungkan smartphone dengan audio musik agar kamu bisa mendengar lagu favoritmu.

Kamu bisa memesan kamar melalui aplikasi atau website Bobobox, kemudian langsung melakukan pembayaran. Kamu akan otomatis mendapatkan QR code pada aplikasi tersebut. QR code itu bisa digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Selain itu, tim Bobobox juga selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu dengan rutin melakukan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan. Dengan begini, kamu enggak perlu khawatir untuk menginap di Bobobox saat kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Yuk, pesan kamar sekarang juga!

 

 

You might also like