Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

30 Jenis Sukulen untuk Dekorasi Kamarmu! Ini Dia Gambarnya, dan Cara Terbaik untuk Merawatnya

Mana yang jadi pilihanmu?

Bobobox.co.id — Untuk menghias kamar tidurmu, tanaman jenis sukulen biasanya dipilih sebagai tambahan dekorasi. Dengan popularitasnya yang semakin tinggi, kamu bisa dengan mudah mendapatkan di pasaran.

Namun, bagi para pemula, tentu kamu mengetahui jenis sukulen apa saja yang ada di pasaran dan apakah cocok dengan situasi kamarmu. Untuk itu, Bob berusaha memberikan ulasan singkat mengenai hal tersebut.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja simak ulasan singkat mengenai 30 jenis sukulen yang cocok untuk dekorasi kamarmu. Tak lupa juga Bob memberikan cara terbaik untuk merawatnya.

Aloe Vera

Jenis sukulen satu ini termasuk salah satu yang mudah ditemui di rumah-rumah. Selain mudah soal perawatan, aloe vera sendiri terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan seperti membantu menyembuh bekas luka bakar.

jenis sukulen aloe vera
@fotocissa via pexels.com

Burro’s Tail

Dikenal dengan nama lain ekor keledai, jenis sukulen ini tergolong mudah dirawat dan cukup mudah berkembang biak. Jenis sukulen ini pun termasuk cocok untuk disimpan di dalam ataupun di luar ruangan sesuai yang diinginkan.

@Bozhena Melnyk via greenandvibrant.com

Ponytail Palm

Hal yang paling menonjol dari tanaman Ponytail Palm ini adalah batangnya yang bulat serta daunnya yang seperti rambut. Bahkan, beberapa orang menyebut bahwa tanaman ini hampir menyerupai tanaman palem.

@Paul Ligas Photography via spiffydaisy.com

Jade Plant

Jika ingin tanaman yang terlihat unik, kamu bisa memilih jade plant. Pasalnya, kaktus ini nampak seperti sebuah pohon miniatur yang indah. Pastinya, tanaman ini akan membuat ruangan di rumahmu terasa lebih cantik lagi.

@Diaco’s Garden Nursery via diacos.com.au

Ball Cactus

Tanaman jenis sukulen selanjutnya ini terlihat akan sangat cocok untuk kamu simpan di ruang tamumu. Namun, kamu harus berhati-hati karena ball cactus tidak menolerir embun dingin dan durinya yang cukup tajam.

@Krystal Slagle via thespruce.com

Panda Plant

Jenis sukulen termasuk salah satu tanaman yang terlihat cantik dan akan cocok sebagai penghias rak kamar. Dengan warna hijau pucat dengan bintik merah, keindahan panda plant berpadu dengan baik dengan tanamannya yang bisa hidup lama.

via houseplantsexpert.com

Bunny Cactus

Penamaan tanaman ini terlihat jelas dari bentuk tanamannya. Bunny cactus akan tumbuh dengan memiliki banyak cabang dengan tinggi hingga mencapai 1 meter. Bantalan dari tanamannya tidak memiliki duri namun dilapisi oleh glochid kuning.

via amazon.com.in

String Of Pearls

Jenis sukulen ini memiliki batang panjang dan daun yang bulat. Jika diperhatikan, bentuk daunnya menyerupai kacang polong. Bagian bulat tersebut berfungsi sebagai penyimpan air yang memungkinan tanaman ini bertahan dari kekeringan.

via gardenista.com

Crasulla ‘Tom Thumb’

Jenis sukulen ini merupakan hasil hibrida dari dua tanaman sukulen. Berwarna hijau terang, tanaman sukulen ini mampu tumbuh dengan cepat. Bahkan, jika mendapatkan kondisi yang optimal, kamu bisa melihat bunga kecil muncul dari tanaman ini.

via sgplants.com

Crinkle-Leaf Plant

Dengan daun tebal berbentuk segitiga, kamu akan menganggap tanaman satu ini mirip kembang kol. Namun, saat disandingkan bersama tanaman sukulen lainnya, jenis sukulen ini mampu memberikan sentuhan hijau untuk kamarmu.

@Krystal Slagle via thespruce.com

Bear’s Paw

Warna hijau cerah dari tanaman sukulen ini mungkin akan terlihat seperti sebuah bantal dengan duri-durinya yang berwarna merah. Bentuk daunnya yang oval dan seperti cakar menjadikan tanaman ini disebut bear’s paw.

via llgsnc.com.au

Crassula Muscosa ‘Watch Chain’

Tanaman satu ini memiliki batang yang di mana bertekstur layaknya tumpukan batang-batang. Bagi kamu yang ingin memelihara tanaman iini, cobalah untuk menyimpannya di area yang relatif teduh namun tetap ada sinar matahari.

@joeysplanting via flickr.com

Blue Chalksticks

Saat pertama kali melihatnya, mungkin kamu akan mengira tanaman ini seperti bawang daun. Walaupun begitu, tanaman jenis ini tetap cocok kok untuk menjadi pilihan sebagai hiasan atau dekorasi kamar apalagi jika kamarmu terasa kurang ‘alami’.

@Diaco’s Garden Nursery via diacos.com.au

Succulent Bush Senecio

Sama seperti halnya blue chalksticks, jenis sukulen ini pun terlihat mirip seperti bawang daun. Hal yang membedakan keduanya adalah tanaman sukulen ini memiliki bunga berwarna kuning yang siap mempercantik kamarmu.

via thegreenarea.com

Aloe ‘Christmas Carol’

Jika kamu menginginkan lidah buaya yang relatif beda, aloe ‘chrismas carol’ adalah alternatif yang wajib kamu pilih. Perbedaan yang terlihat kontras di mana tanaman ini memiliki warna merah yang dominan dengan sedikit warna hijau.

via worldofsucculents.com

Aloe Haworthioides ‘Haworthia-Leaved Aloe’

Pilihan aloe lainnya yang tak salah untuk dipertimbangkan adalah haworthia-leaved aloe. Jenis tanaman ini memiliki tampilan yang didominasi oleh ‘rambut’ berwarna putih untuk batang tumbuhannya yang berwarna hijau.

via en.wikipedia.org

Aloe Juvenna ‘Tiger Tooth Aloe’

Jenis lidah buaya terakhir di daftar Bob kali ini pun tak kalah dengan jenis sukulen lainnya. Memiliki daun yang kokoh dan runcing, tanaman ini akan memberikan kesan yang unik pada kamarmu nantinya.

via garden.org

Echeveria Runyonii ‘Topsy Turvy’

Topsy turvy menjadi pilihan Bob selanjutnya yang pas untuk kamarmu. Berwarna hijau keabu-abuan, tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat jika kamu merawatnya dengan baik dan dalam kondisi yang optimal.

via pinterest.com

Adromischus Maculatus ‘Calico Hearts’

Memiliki bentuk layaknya sebuah kipas, tanaman berduan ini memiliki warna yang begitu unik. Kombinasi warna hijau sendu dengan bercak merah marun menjadikan tanaman ini layak untuk menghiasi kamar minimalismu.

via pinterest.com

Linkleaf

Disebut juga sebagai kaktus natal, jenis sukulen ini mampu tumbuh hingga mencapai 30 sentimter dan berdiamter 45 sentimer. Saat tumbuh, bunga yang bermekaran pun akan berwarna-warni seperti merah muda dan dewangga.

via plantingman.com

Dwarf Chin

Bunga cantik di bawah ini tumbuh dari kaktus soliter. Banyaknya varian dari dwarf chin ini membuatmu memiliki banyak opsi jika kamu memutuskan untuk menyimpan tanaman sukulen ini di kamar tidurmu.

via worldofsucculents.com

Button Cactus

Bentuknya yang bulat memberikan perspektif yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis sukulen lainnya. Hal ini tentu patut kamu pertimbangkan apalagi jika kamu senang dengan barang-barang anti mainstream.

via worldofsucculents.com

Brazilian Prickly Pear

Tanaman ini memiliki bentuk yang relatif mirip dengan bunny cactus. Hal yang membedakan keduanya adalah tanaman ini akan tumbuh menjulang hingga mencapai 40 kaki.

@Anastasiia Tretiak via thespruce.com

Brain Cactus

Jenis sukulen ini memiliki batang yang ‘mengerut’ seperti halnya organ otak. Memiliki 6 hingga 18 duri pipih, tanaman ini harus dihindarkan dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, duri dari kaktus ini terbilang sangat tajam.

via mld-succulents.com

Living Rock

Walaupun terlihat seperti onggokan batu biasa yang cukup membosankan, jangan tertipu dengan tampilannya. Pasalnya, saat berbunga, kamu akan mendapatkan bunga berwarna merah muda yang memanjakan mata.

via http://desert-plants-images.blogspot.com

Rebutia

Ingin tanaman sukulen dengan bunga cantik pada tanamannya? Rebutia harus kamu miliki untuk menjadi tambahan dekorasi. Memiliki batang berduri yang lembut, tanaman ini bisa tumbuh dengan lebar hingga 15 sentimeter.

via en.wikipedia.org

Armatocereus Godingianus

Nah, jika kamu menginginkan jenis sukulen yang relatif besar, kamu bisa memilih tanaman satu ini. Ukuran dan bentuknya sendiri mirip seperti pohon kaktus yang biasa kamu jumpai di Amerika Selatan.

via alchetron.com

Zebra Cactus

Tanaman sukulen yang satu ini siap membuat orang terpana saat melihatnya ada di kamarmu. Keindahan dari perpaduan warna hijau dengan garis putih layaknya zebra menjadikannya terlihat artistik dan pas untuk jadi dekorasi kamar.

via cr-evangelion.at.webry.info

Roseum Plant

Jenis sukulen terakhir adalah roseum plant. Jenis satu ini termasuk dekorasi yang tepat untuk ditempatkan di dekat jendela kamarmu. Pasalnya, saat berbunga, bunga dari tanaman ini begitu cantik dan menawan untuk dipandang.

via goodfullness.com

Elephant Bush

Fakta menarik tanaman Variegated Elephant Bush: Meskipun disebut bush (semak), tanama sukulen berdaun halus ini dapat tumbuh hingga 20 kaki. Terdapat kata “elephant” pada namanya karena merupakan makanan favorit bagi gajah.

via gardeningknowhow.com

Cara Terbaik untuk Merawat Jenis Sukulen

Setelah mengetahui jenis sukulen yang bisa kamu pilih, kamu tentu harus mengetahui cara terbaik untuk merawat sukulen sudah kamu pilih. Kamu hanya perlu memerhatikan beberapa cara yang akan Bob bagikan kali ini.

Pertama, usahakan untuk menanam sukulen dengan pot berbahan tembikar. Selanjutnya, tempatkan tanaman ini jauh dari sinar matahari yang terlalu lama. Cukup 5 hingga 6 jam setiap harinya agar mereka bisa tumbuh baik.

Soal penyiraman, hal ini bergantung di mana kamu menyimpan sukulenmu. Tanaman di dalam ruangan akan memerlukan air lebih sedikit dibandingkan yang disimpan di luar ruangan. Jangan lupa juga sukulen tak boleh terkena air terlalu lama.

Penyiraman sukulen idealnya dilakukan 1 hingga 2 kali seminggu. Namun, hal ini tergantung kelembapan tanaman. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan moisture meter agar bisa mengetahui kelembapan yang presisi.

@kaboompics via pexels.com

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Datang aja ke Bobobox

Sedang mencari pengalaman berbeda saat menginap di hotel kapsul? Jika iya, langsung saja datang ke Bobobox. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas modern dan kekinian yang siap memberi pengalaman menginap yang berbeda.

Informasi soal pemesanannya bisa kamu lihat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like