Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Jenis Motor Untuk Inspirasi Custom Motor Kamu

Sudah tau belum ingin Custom Motor menjadi jenis apa?

Sebagai pecinta otomotif roda dua, kamu pasti ingin agar tungganganmu berbeda dari yang lain. Salah satu caranya adalah dengan memodifikasi atau meng-custom motormu. Untuk para pecinta gaya retro-klasik pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah motor custom. Motor Custom sering diartikan sebagai motor yang telah dimodifikasi dengan gaya retro-klasik. Bob sudah rangkumkan 5 jenis motor custom sebagai inspirasi untuk memberikan tampilan baru bagi tunggangan kesayanganmu!

1. Scrambler / Tracker

via unsplash

Kita mulai dari salah dua jenis motor custom yang paling populer yaitu Scrambler / Tracker. Kedua jenis motor ini umumnya mengedepankan karakter dual purpose atau dapat dikendarai baik pada lintasan aspal maupun tanah. Kedua jenis motor custom ini memang sangat mirip, mulai dari penggunaan ban dual purpose, ukuran handlebar yang cukup lebar, hingga bentuk jok yang datar.

Walaupun begitu, terdapat perbedaan yang menjadi ciri khas diantara keduanya. Ciri khas tersebut adalah bentuk dan posisi knalpot. Untuk jenis motor custom Tracker, letak knalpot berada di bawah layaknya motor pada umumnya, sementara posisi knalpot motor Scrambler terletak di bagian atas, lebih dekat dengan jok ala motor enduro.

via unsplash

Untuk gaya tracker berkembang dari balapan balapan berlintasan tanah yang datar di Amerika Serikat. Dari sana kita mengenal istilah Flat Tracker. Selain itu, gaya Tracker sendiri memiliki varian lainnya seperti Dirt Tracker cocok untuk kamu yang ingin berpetualang di lintasan tanah, Street Tracker untuk menjelajahi jalan perkotaan, serta yang paling klasik; Board Tracker.

via unsplash

Sementara itu, motor custom dengan gaya Scrambler biasanya memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Mengapa?karena posisi knalpot yang diletakkan lebih tinggi, serta exhaust pipe dari mesin tidak dilewatkan ke bagian bawah motor. Dengan ground clearance yang tinggi petualanganmu di medan terjal lebih leluasa dan menyenangkan.

2. Cafe Racer

via unsplash

Kamu senang memacu adrenalin dengan kecepatan tinggi tetapi tetap ingin bergaya retro-klasik? Cafe Racer adalah pilihan yang tepat untuk meng-custom motor kamu. Karakteristik motor custom Cafe Racer lebih mengedepankan kecepatan dan handling ketimbang kenyamanan. Dari segi postur berkendara, motor custom Cafe Racer mengkombinasikan posisi foot peg dan letak handlebar yang rendah sehingga menciptakan posisi berkendara yang agresif serta memaksimalkan kendali di saat melaju dengan kecepatan tinggi. 

via unsplash

Kamu dapat mengenali motor custom Cafe Racer dengan mudah dari bentuknya. Motor custom Cafe Racer memiliki ciri fisik yang sangat mencolok yaitu Hornet yang merupakan bentuk jok belakang menyerupai buntut tawon. Selain itu banyak motor custom Cafe Racer juga dilengkapi dengan fairing dengan model klasik, baik half fairing maupun full fairing yang menutup sampai ke bagian bawah motor. Untuk kalian yang menyukai tampilan naked yang garang, motor Cafe Racer juga bisa tetap tampil keren tanpa fairing, lho!

3. Bobber

via unsplash

Di Indonesia jenis motor custom yang satu ini memang sangat identik dengan pabrikan motor Harley-Davidson. Namun, telah banyak pabrikan motor lain yang juga merancang motor dengan jenis ini. Tak hanya bicara soal motor pabrikan, banyak juga pecinta motor custom yang merombak motornya menjadi jenis Bobber. Motor dengan gaya Bobber memiliki ciri khas seperti jok yang lebar, bagian belakang motor yang lebih rendah dari bagian depannya, serta handlebar yang relatif datar dengan tangki bagian depan.

Motor dengan gaya Bobber sendiri mulai populer sejak tahun 1930an. Motor jenis ini sangat nyaman dipakai untuk berkendara sehari-hari maupun touring jarak jauh ke luar kota karena jok nya yang relatif lebar. Namun, satu kelemahan dari jenis motor Bobber pada umumnya adalah bobotnya yang cukup berat. Di sisi lain, dengan postur yang kekar dan bobot yang cukup berat, motor jenis ini justru sangat stabil saat dikendarai.

4. Chopper

via unsplash

Jenis motor custom yang juga dilirik oleh Presiden Jokowi ini memiliki bentuk yang bisa dibilang cukup radikal bila dibandingkan dengan jenis motor custom lainnya. Dengan ciri khas handlebar yang tinggi, fork yang memanjang ke depan, motor custom dengan gaya ini memang dikhususkan untuk kamu yang ingin tampil eksentrik namun tetap berkelas. Motor jenis ini juga tidak di desain untuk berkendara dengan kecepatan tinggi karena sangat mengedepankan estetika serta bentuk curahan ekspresi dari pemiliknya. Motor custom Chopper sangat cocok untuk kamu yang suka berkendara dengan santai berkeliling kota dengan penuh gaya.

5. Street Cub

via bikeexif.com

Buat kamu para pecinta motor bebek, tidak perlu khawatir! Kamu bisa custom motor kamu menjadi jenis Street Cub. Bentuk motor Street Cub biasanya menyerupai motor pabrikan Honda tahun 70-90an. dengan handlebar yang lebih flat dan rendah serta detil-detil tambahan seperti jok single-seater, tidak menggunakan spatbor depan maupun belakang, serta perawakan yang mungil namun tetap elegan.

Selain memberikan motor kamu tampilan baru, kamu juga perlu melengkapi kelengkapan berkendara kamu agar selaras dengan standar keselamatan dan gaya retro-klasik motor kamu! Yang terpenting, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan kesopanan saat berkendara ya!

Butuh istirahat yang maksimal setelah lelah berkendara? Yuk menginap di Bobobox!

Dengan motor custom, berkendara pasti akan lebih mengasyikkan. Buat kamu yang menyukai touring jarak jauh, Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang. Setelah lelah berkendara, kamu pasti perlu istirahat yang maksimal.

Bobobox selalu siap memberikan pengalaman beristirahat dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang maksimal. Mulai dari pods yang super nyaman, kamar mandi yang bersih, hingga spot-spot Istagrammable dapat kamu temui disini. Penasaran pengalaman seperti apa yang akan kamu temukan di Bobobox? Yuk download aplikasianya sekarang!