Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nggak Takut Basah, 7 Jenis Kucing Suka Main Air Ini Cocok Kamu Pelihara!

Jenis kucing suka main air cocok juga buat kamu yang suka berenang!

Sebagai pemilik anabul alias kucing, tentunya ada banyak cerita unik yang kamu punya. Memelihara kucing memang gampang-gampang susah. Kamu harus tahu cara merawatnya dengan baik. Selain itu, berbeda spesies, berbeda juga kebutuhannya. Apalagi, setiap kucing juga punya kepribadian yang berbeda-beda. Namun, semua perjuangan kamu nggak akan sia-sia. Dengan perawatan yang tepat, anabul kamu bisa tumbuh menjadi kucing yang sehat dan menggemaskan.

Oh, ya! Memelihara kucing—atau hewan peliharaan secara umum—juga memberikan banyak manfaat. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ada banyak sisi positif dari memelihara hewan. Salah satunya adalah menurunnya tekanan darah dan kadar kolesterol, serta berkurangnya rasa kesepian. Memiliki hewan peliharaan juga memberimu kesempatan untuk bersosialisasi, terutama kalau kamu bergabung dengan klub pemilik hewan peliharaan.

jenis kucing suka main air
Credit: Kristin Brown via Unsplash

Baca Juga: Nggak Hanya Mengasyikkan, 5 Manfaat Memelihara Hewan Ini Juga Bisa Kamu Rasakan, Lho!


Seperti yang Bob bilang sebelumnya. Memelihara kucing itu butuh perjuangan. Salah satu momen yang bikin kamu harus ngelus dada adalah ketika kamu harus memandikan si pus. Sebetulnya, dilansir dari Whiskas, kucing merupakan hewan yang secara alami bersih. Kucing belajar membersihkan diri dari induknya dan setelah usianya mencapai enam minggu, sudah bisa “mandi” sendiri. Namun, ada kalanya badan anabul kamu sudah kotor dan bau, dan kamu harus memandikannya.

Buat kamu yang baru mau memelihara kucing, ada beberapa jenis kucing suka main air yang bisa dijadikan pilihan. Jenis kucing suka main air ini juga bisa jadi opsi anabul kedua, ketiga, atau bahkan kesepuluh! Kamu yang hobi berenang juga kayaknya cocok memelihara spesies-spesies ini! Bob punya 7 rekomendasi spesies kucing buat kamu dan inilah pilihannya!

1. Maine Coon

Jenis kucing suka main air yang pertama adalah Maine Coon. Spesies yang satu ini terkenal dengan perawakannya yang bongsor dan majestic, serta bulunya yang lebat. Dilansir dari Maine Coon Expert, spesies ini terkenal suka bermain dan aktif. Jadi, cocok buat kamu yang lebih ingin banyak berinteraksi dengan anabul. Selain itu, Maine Coon juga bisa tumbuh hingga beratnya di atas 9 kilogram! Wah! Bongsor juga, ya!

jenis kucing suka main air
Sumber: Lords & Labradors

Meskipun badannya besar dan gagah, kucing ini ternyata kalem dan mandiri, dilansir dari Lords & Labradors. Maine Coon juga ternyata nggak takut air! Tidak seperti kebanyakan kucing yang kabur kalau mau dimandikan, spesies ini justru berani dengan air. Maine Coon senang main air, berenang, atau berendam. Kalau sudah berenang, jangan-jangan nggak mau beranjak dari air nih!


Baca Juga: Mengenal Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Raksasa yang Telihat Gagah dan Garang


2. Japanese Bobtail

Jenis kucing suka main air yang berikutnya berasal dari Jepang. Namun, dilansir dari Brit Petfood, nenek moyang Japanese Bobtail disinyalir merupakan kucing-kucing dari Tiongkok. Salah satu ciri khas spesies ini adalah ekornya yang pendek. Spesies ini juga terkenal dengan warna bulunya yang putih, dengan corak hitam atau cokelat di bagian kepala atau ekornya. Namun, Japanese Bobtail yang punya pola warna bulu lain juga ada kok.

jenis kucing suka main air
Credit: jonny-mt via Wikimedia Commons

Japanese Bobtail juga kucing yang ramah. Dilansir dari Cat Time, spesies ini cocok untuk keluarga dan ramah bagi anak-anak. Japanese Bobtail juga terbilang “irit ngomong”. Namun, dia bisa “berbicara” dan menghasilkan suara yang lembut. Yang jelas, spesies ini suka banget sama air. Jadi, jangan kaget kalau di dekat dispenser kamu atau mangkuk minumnya ada banyak genangan air.

3. Bengal

Bengal merupakan jenis kucing suka main air yang kamu bisa pertimbangkan. Spesies ini terkenal dengan corak bulunya yang unik dan “mewah”, seperti macan tutul. Kucing ini pun tampak seperti ganas, meskipun sebetulnya jinak. Dilansir dari Bengal Cats, spesies ini ternyata dikembangkan secara penuh sejak tahun 1970an. Kucing Bengal juga merupakan salah satu spesies terfavorit dan terbaik di The International Cat Association.

jenis kucing suka main air
Credit: Igor Karimov via Unsplash

Sebagai jenis kucing suka main air, kucing Bengal akan senang diajak ke kolam atau pantai. Spesies ini juga terbilang jago berenang dan nggak takut basah, lho! Kalau haus, Bengal bisa membuka keran dan minum air secara langsung dari keran. Bahkan, Bengal juga bisa ngikutin kamu ke kamar mandi saat kamu mau mandi! Hmm… Jangan-jangan, dia juga hobi berendam di bathtub?


Baca Juga: Nggak Kalah dengan Artis, 5 Akun Kucing Selebgram Ini Punya Jutaan Follower!


4. Abyssinian

Ingin pelihara kucing mewah yang nggak takut air? Abyssinian merupakan jenis kucing suka main air berikutnya yang bisa jadi incaran kamu. Dilansir dari Whiskas Indonesia, spesies ini adalah salah satu ras kucing tertua yang konon merupakan keturunan kucing suci di Mesir. Salah satu ciri khasnya adalah bentuk matanya yang unik. Selain itu, bulunya yang pendek dan perawakannya yang ramping membuat kucing ini begitu cantik dan elegan.

jenis kucing suka main air
Credit: Oleg Royko via Wikimedia Commons

Jenis kucing suka main air ini punya suara yang lembut, dilansir dari mygavet.com. Abyssinian juga sangat interaktif dan senang menghibur dan bermain dengan pemiliknya. Meskipun demikian, karena keaktifannya, kucing ini senang berkeliaran dan berisiko kabur-kaburan. Abyssinian juga nggak suka tempat yang kecil karena butuh banyak ruang untuk berlari dan bermain. Dia juga ingin terlibat dalam aktivitasmu dan nggak mau sering ditinggalkan.

5. Turkish Angora

Turki nggak hanya menawarkan serial drama populer seperti Cinta di Musim Cherry atau Hercai. Negara ini juga menjadi tempat asal salah satu jenis kucing suka main air. Dilansir dari Petfinder, nenek moyang Turkish Angora diduga merupakan spesies wildcat dari Afrika. Kucing ini terkenal dengan bulu putihnya yang panjang dan halus. Meskipun demikian, ada juga Turkish Angora yang memiliki warna bulu yang lain, seperti tabby atau cokelat.

jenis kucing suka main air
Credit: Franzioseph via Wikimedia Commons

Turkish Angora juga suka main air dan berenang. Bahkan, dia bisa lho ikut mandi bareng kamu karena kesukaannya terhadap air! Selain itu, spesies ini juga punya kemungkinan mengalami heterokromia. Dilansir dari Litter Robot, heterokromia adalah kondisi dua iris mata yang memiliki warna yang berbeda. Oh, ya! Menurut buku For the Love of Cats, kucing ini juga sangat sayang dan protektif sama pemiliknya, lho! Duh! Makin gemes dan sayang deh!


Baca Juga: Inilah 7 Spesies Kucing Paling Lucu yang Bikin Kamu Gemes Terus!


6. Highlander

Spesies kucing yang satu ini nggak kalah menggemaskan. Highlander adalah jenis kucing suka main air yang usianya ternyata masih cukup muda. Dilansir dari PetGuide, spesies ini merupakan hasil persilangan antara Desert Lynx dan Jungle Curl di tahun 2004. Karena merupakan hasil persilangan dua hibrid, Highlander tidak punya gen kucing liar sehingga ramah dan jinak. Seperti halnya Japanese Bobtail, kucing ini juga punya ekor yang pendek.

jenis kucing suka main air
Credit: TAnthony via Wikimedia Commons

Highlander juga punya beberapa keunikan. Kucing ini memiliki bentuk telinga yang melengkung, dan bukan tegak. Bentuk telinganya ini mirip seperti telinga Scottish Fold dan American Curl. Selain itu, beberapa kucing juga memiliki kaki polidaktil. Dilansir dari International Cat Care, polidaktil adalah kondisi kaki kucing yang memiliki jari tambahan. Namun, adanya jari tambahan ini dirasa kurang baik karena dapat memicu masalah kesehatan tambahan.

7. Norwegian Forest

Dan jenis kucing suka main air terakhir pilihan Bob jatuh ke Norwegian Forest. Spesies yang satu ini berasal dari kawasan Eropa Utara. Salah satu ciri khasnya adalah tubuhnya yang bongsor dan berotot. Dilansir dari Hills Pet, kucing ini tampak besar salah satunya karena bulunya yang tebal. Bulu tebalnya halus dan berkilau, dan melindungi tubuhnya dari cuaca dingin di hutan. Pokoknya, buat Norwegian Hills sih, the cold never bothered me anyway!

jenis kucing suka main air
Sumber: Affinity Pet Care

Norwegian Forest juga punya kepribadian yang relatif kalem. Dilansir dari Rawz Natural Pet Food, spesies ini cenderung tenang dan jarang mengeong-ngeong di malam hari. Namun, kucing ini juga suka bermain dan sayang sama manusia. Selain itu, menurut Affinity Pet Care, Norwegian Cat adalah pemancing ulung. Dia bisa menangkap ikan yang ada di sungai atau kolam. Kalau kamu punya akuarium di rumah, pastikan kamu selalu waspada, ya!

Pilih Jenis Kucing Suka Main Air yang Mana?

Sebetulnya, ada lebih banyak lagi spesies kucing yang suka main air. Namun, semoga ketujuh rekomendasi dari Bob bisa membantu kamu, ya! Yang jelas pastikan kamu bisa mempersiapkan fisik, mental, dan keuangan sebelum memelihara kucing. Dengan perawatan dan kasih sayang yang baik, anabul kamu akan selalu sehat dan ceria. Tentunya anabul juga akan makin sayang sama kamu!

jenis kucing suka main air
Sumber: Cat Explorer

Selain merawat anabul, kamu juga harus bisa merawat diri, ya! Merawat diri nggak hanya soal mandi dan pakai skincare, lho! Kamu juga harus merawat kondisi mentalmu. Kalau kamu sudah mulai merasa penat dan lelah, inilah waktunya beristirahat sejenak atau ganti suasana. Nggak perlu keluar dana yang besar! Di Bobobox, kamu bisa menyegarkan pikiran dan beristirahat sambil menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul yang mengesankan!

Rejuvenate Diri di Bobobox!

Bobobox hadir sebagai akomodasi terjangkau yang menawarkan pod-pod dengan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Jadi, it’s not your average hotel pod! Dengan teknologi ini, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, hingga berinteraksi dengan para staf dan tamu lain lewat ponselmu. Ditambah lagi, interior pod yang sleek dan futuristik akan bikin kamu betah dan nyaman.

Fasilitas-fasilitas seperti pantry, communal space, shared bathroom, musala, dan vending machine juga akan memenuhi kebutuhan kamu. Jadi, liburan nggak akan terasa membosankan. Ayo download aplikasi Bobobox ke ponselmu terlebih dahulu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan beragam promo menarik dan melakukan reservasi. Metode pembayaran yang variatif juga akan memudahkan transaksimu. Yuk unduh aplikasinya sekarang!

You might also like