jenis kucing

Wajib Tahu Sebelum Mengadopsi! Jenis Kucing Beserta Karakteristiknya

Jika kamu ingin mengadopsi kucing, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu tentang jenis kucing yang akan kamu pelihara. Setiap kucing memiliki karakteristik dan perawatan yang berbeda. Oleh sebab itu, memahami jenis kucing yang akan kamu adopsi akan membantu kamu merawat kucing tersebut dengan lebih baik.

American Shorthair

jenis kucing

whiskasindonesia.com

Jenis kucing American Shorthair pada umumnya memiliki fitur wajah yang bundar dengan hidung yang pendek. Matanya besar, bundar, dan terlihat ekspresif. Selain itu, telinganya juga pendek dan runcing. Kucing ini memiliki karakteristik yang ceria dan ramah sehingga mudah akrab dengan manusia dan hewan lain.

Meskipun begitu, jenis kucing ini memiliki insting berburu yang tajam karena sejarahnya sebagai working cats. Setidaknya ada lebih dari 80 jenis corak dari jenis kucing yang satu ini.

British Shorthair

jenis kucing

whiskasindonesia.com

British Shorthair biasanya memiliki ukuran tubuh yang sedang hingga besar. Jenis kucing ini dinilai kuat karena memiliki otot yang kuat dan struktur tulang yang tegas di samping tampilannya yang bundar. Kucing ini juga dikenal loyal terhadap pemiliknya karena karakternya yang mudah akrab.

Akan tetapi, British Shorthair tidak membutuhkan perhatian yang terlalu banyak. Kucing ini betah bermain sendiri dan jika dia membutuhkan perhatian, dia akan datang menghampiri dan mengajak kamu bermain.

Maine Coon

jenis kucing

whiskasindonesia.com

Di antara semua jenis kucing domestik, Maine Coon memiliki ukuran tubuh yang paling besar. Beratnya bahkan bisa mencapai 15 kilogram. Dengan kepalanya yang besar dan telinganya yang panjang, kucing ini terlihat sangat gagah.

Akan tetapi, di samping tubuhnya yang besar, kucing ini memiliki sifat yang halus dan lembut. Kucing ini dekat dengan pemiliknya dan bisa beradpatasi di lingkungan apapun sepanjang ia memiliki ruangnya sendiri untuk beraktivitas.

Persia

jenis kucing

whiskasindonesia.com

Kucing Persia adalah salah satu kucing yang paling populer di Indonesia. Jenis kucing menggemaskan ini memiliki tubuh, kaki, telinga, dan ekor yang pendek. Akan tetapi, rambutnya yang tebal membuat kucing Persia terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Kepalanya yang bundar dan matanya yang lebar membuat kucing digemari banyak orang.

Kucing Persia memiliki sifat pendiam. Namun, kucing ini juga bisa menjadi periang seperti anak kucing jika sedang dalam mood yang baik.

Scottish Fold

jenis kucing

whiskasindonesia.com

Scottish Fold memiliki bentuk tubuh yang bundar secara keseluruhan, terutama kepalanya yang bulat dan telinganya yang terlipat ke bawah. Matanya juga sangat bundar dan cerah. Scottish Fold juga merupakan jenis kucing yang mudah untuk dirawat. Kucing ini dikenal sangat perhatian dan akrab dengan pemiliknya.

Akan tetapi, ekornya cukup sensitif. Beberapa kucing Scottish Fold memiilki ekor yang kaku sehingga jika kamu tidak berhati-hati dalam mengurusnya, hal tersebut bisa menimbulkan rasa sakit.

Bengal

jenis kucing

cattime.com

Secara fisik, jenis kucing Bengal terlihat seperti kucing liar pada umumnya. Kucing ini memiliki pesona yang gagah dan kuat. Kepalanya berbentuk segitiga, lehernya tebal, kakinya besar, dan ekornya tebal. M

eskipun banyak orang berpendapat bahwa Bengal hanyalah kucing liar yang dipelihara, kucing ini justru memiliki karakter penyayang. Ia loyal terhadap pemiliknya. Sebagai kucing yang atletis, kucing Bengal harus sering diajak berlari, melompat, dan bermain. Ia adalah kucing yang aktif.

Jenis kucing Moggie

jenis kucing

cat-world.com

Moggie adalah istilah yang digunakan untuk kucing lokal. Jenis kucing ini adalah kucing yang biasa kamu temukan di sekitarmu. Secara garis keturunan, Moggie tidak memilki garis keturunan khusus. Kucing ini berkembang biak dengan cara sembarang.

Oleh karena itu, karakteristiknya pun tidak khusus dan cenderung beragam. Perawatannya pun menyesuaikan sesuai dengan karakteristik masing-masing kucing.

Japanese Bobtail

jenis kucing

vetstreet.com

Jenis kucing yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang sedang. Rambutnya ada yang panjang dan ada yang pendek. Biasanya, Japanese Bobtail jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan yang betina.

Kepalanya berbentuk segitiga dengan mata yang bundar. Kucing dinilai cerdas. Mereka belajar mengenali namanya dan merespon panggilan pemiliknya. Kucing ini juga suka membawakan mainan ke pemiliknya untuk digunakan sebagai mainan lempar tangkap.

Secara karakteristik, kucing ini senang bersosialisasi. Mereka bersikap baik ketika dikelilingi oleh banyak orang. Japanese Bobtail dikenal sebagai kucing yang lebih senang berkelompok dengan jenis mereka sendiri meskipun tidak masalah jika berada dekat dengan jenis kucing lain.

Ragdoll

jenis kucing

cattime.com

Kucing Ragdoll memiliki ukuran tubuh dan ekor yang panjang. Kepalanya berukuran sedang namun rambutnya membuat wajah jenis kucing ini terlihat lebih besar. Kucing Ragdoll memiliki banyak pola warna dan salah satu yang paling terkenal adalah pola warna di wajahnya yang seperti mengenakan topeng.

Kucing ini memiliki karakteristik yang kalem dan pendiam. Tidak banyak tingkah dan cenderung datar. Meskipun begitu, jenis kucing ini juga bisa akrab dengan pemiliknya. Banyak yang bilang bahwa kucing Ragdoll cocok dipelihara di apartemen.

Siamese

jenis kucing

cattime.com

Satu kata yang bisa merepresentasikan jenis kucing ini: elegan. Secara bentuk tubuh hampir semua bagian tubuhnya memiliki ukuran yang panjang dari mulai badan, kepala, kaki, hingga ekor. Matanya juga tidak bundar melainkan berbentuk seperti berlian dan berwarna biru.

Selain dari sisi penampilan, yang membuat jenis kucing ini elegan adalah intelejensinya. Kucing ini bisa dilatih untuk berjalan berdampingan dengan pemiliknya. Akan tetapi, bukan berarti kucing ini bisa dilatih apapun yang kamu inginkan. Ia juga memiliki keinginannya sendiri.

Untuk membangun ikatan dengan kucing ini, kamu memerlukan dedikasi karena kucing Siamese akan menyayangimu jika kamu juga menyayanginya dengan baik.

Turkish Van

jenis kucing

cattime.com

Jenis kucing ini dipanggil Van karena ciri khasnya yang disebut dengan “pola van”. Tubuhnya berwarna putih hampir di seluruh bagian kecuali di bagian wajah dan ekornya. Pada umumnya tanda ini berwarna coklat atau merah. Uniknya dari kucing ini adalah ia dijuluki swimming cat karena kemampuannya untuk berenang.

Hal ini dikarenakan rambutnya yang halus yang membuatnya cocok berada di air. Jenis kucing ini memiliki karakter yang periang dan penuh energi. Ia membutuhkan banyak perhatian dari pemiliknya sehingga cocok untuk kamu yang memiliki banyak waktu di rumah.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Di saat bosan dengan rutinitas, liburan adalah hal yang perlu kamu lakukan. Nggak perlu yang jauh atau mahal. Staycation di kotamu juga bisa. Salah satunya adalah Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles