Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Jenis Kerupuk yang Menjadi Favorit di Indonesia

Yang mana yang menjadi favoritmu?

Bobobox.co.id — Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya dan kuliner khas dari tiap daerahnya. Bahkan, rendang menjadi kuliner khas Indonesia yang banyak disukai di berbagai negara.

Berbicara soal kuliner Indonesia, selain menu utamanya, kamu pun biasa ditemani oleh makanan pendamping. Mulai dari sambal, sayur mayur hingga salah satunya adalah kerupuk.

Kerupuk sendiri termasuk makanan pendamping yang akan mudah kamu temui di berbagai rumah makan. Bahkan, tiap daerahnya bisa jadi memiliki keunikan soal tekstur atau cara pembuatannya.

Nah, berikut ini merupakan 10 kerupuk yang menjadi favorit di Indonesia untuk menemanimu menyantap makanan di rumah makan pilihanmu. Tanpa basa-basi, yuk simak daftar kerupuknya berikut ini.

Kerupuk Blek

Kerupuk jenis ini bisa jadi merupakan jenis kerupuk paling umum dan yang paling mudah ditemui di Indonesia. Menyoal namanya pun, kerupuk jenis memiliki beberapa nama yang bisa jadi cukup asing di telingamu.

Kerupuk blek, kerupuk putih, kerupuk kampung, dan kerupuk blek adalah nama untuk kerupuk yang satu ini. Bentuknya sendiri bulat dan berwarna putih dengan rasa yang cukup gurih.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan pendamping ini di tempat seperti warung, rumah makan padang, restoran, dan pedagang kuliner berkuah seperti bakso, soto, dan mi.

via idntimes.com

Kerupuk Rambak

Jenis kerupuk selanjutnya adalah kerupuk rambak. Jika kamu tidak familiar dengan nama kerupuk ini, mungkin kamu akan lebih familiar dengan nama lain kerupuk ini yaitu kerupuk kulit.

Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau. Bentuknya terlihat tebal. Namun, saat kamu coba untuk memakan kerupuknya, kerupuk ini sangat renyah dan gurih.

Dengan tekstur kerupuknya yang mudah lumer di mulut, kerupuk kulit ini biasanya akan nikmat untuk disantap bersama makanan berkuang seperti gudeg jogja ataupun soto.

kerupuk di Indonesia
via cookpad.com

Kerupuk Melarat

Sedang mencari kerupuk yang tidak mengandung banyak minyak? Jika iya, jenis kerupuk satu ini rasanya akan menjadi pendamping makanan juga camilan yang pas untuk kamu konsumsi.

Jenis kerupuk yang dimaksud adalah kerupuk melarat atau kerupuk pasir. Penamaan kerupuknya ini sesuain dengan cara memasak kerupuknya yang menggunakan pasir bukan minyak seperti kerupuk pada umumnya di Indonesia.

Dengan cara memasaknya yang menggunakan pasir, kerupuk melarat ini diklaim lebih sehat karena tidak mengandung lemak terlalu banyak.

via wikimedia.org

Kerupuk Ikan

Jenis kerupuk ikan selanjutnya yang sudah Bob rangkum di daftar kali ini adalah kerupuk ikan. Sesuai namanya, kerupuk ini terbuat dari ikan. Biasanya, ikan yang digunakan untuk jenis kerupuk di Indonesia ini adalah ikan tenggiri.

Bentuknya sendiri biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kerupuk blek. Namun, yang membedakan kedua jenis kerupuk tersebut adalah rasa ikan di kerupuk ikan yang lebih terasa.

Jika kamu ingin membeli kerupuk ikan untuk oleh, kamu bisa menemukannya denganmudah di pusat oleh-oleh. Atau jika pun tidak, di pasar tradisional di Indonesia bisa dengan mudah dijumpai kok.

via mesinpengemas.id

Kerupuk Udang

Kerupuk udang menjadi jenis kerupuk yang bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai tempat makan di Indonesia. Kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka, udang kecil (rebon), remah ikan asin, dan bumbu rempah-rempah.

Soal ukuran, kamu bisa menemukan udang dalam beragam bentuk. Mulai yang kecil hingga yang melebar. Biasanya, akan sangat enak untuk dinikmati sebagai pendamping rawon, soto, hingga nasi pecel.

Kerupuk udang sendiri tidak hanya ada di Indonesia. Jika kamu liburan ke luar negeri seperti Jerman dan Belanda, kalau beruntung, kamu bisa menemukan kerupuk udang ini dengan nama krabbenchips atau prawn crackers.

via bisnisukm.com

Rengginang

Jenis kerupuk ini mungkin cukup berbeda dibandingkan kerupuk lainnya di daftar kali ini. Pasalnya, kerupuk ini memiliki bentuk yang berbeda hingga bahan dasarnya yang berbeda.

Kerupuk tersebut adalah rengginang. Rengginang sendiri biasa ditemukan di saat lebaran. Bahan baku dari makanan pendamping ini adalah nasi atau ketan putih yang sebelum ditanakan.

Pada mulanya, rengginang sendiri terbuat dari nasi yang tidak termakan yang kemudian dikeringkan hingga digoreng. Namun, sekarang, pembuatannya pun sudah diberi perasa udang atau serasi agar lebih nikmati.

via brilicious.brilio.net

Kerupuk Jengkol

Jengkol mungkin termasuk salah satu makanan yang banyak orang yang menyukai namun banyak juga yang tidak menyukainya. Wajar saja karena jengkol memiliki bau yang cukup menyengat.

Namun, saat diolah menjadi kerupuk, bisa jadi yang tidak menyukai jengkol akan jatuh hati pada jenis kerupuk ini. Sesuai namanya, kerupuk ini berbahan dasar jengkol.

Pasalnya, kerupuk jengkol memiliki bau yang tidak begitu terasa dan rasanya enak untuk dijadikan penamping makan. Bagi kamu yang tidak suka jengkol, cobalah jenis kerupuk di Indonesia yang satu ini.

via resepbumbuenak.blogspot.com

Kerupuk Bawang

Yang satu ini mungkin bisa sering kamu temukan untuk dijadikan sebagai pendamping nasi uduk, lontong sayur, hingga bubur. Jenis kerupuk yang dimaksud adalah kerupuk bawang.

Dengan melihat namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak bahan pembuatannya. Kerupuk ini terbuat dari bawang putih dan tepung tapioka.

Ukuran dari jenis kerupuk ini biasanya kecil. Sehingga, akan sangat nikmat untuk disantap bersama makanan berat yang sedang kamu pesan. Cobalah untuk mencelupkan kerupuknya ke dalam kuah soto atau dioles dengan saus kacang.

via cookpad.com

Kerupuk Mi

Jenis kerupuk selanjutnya adalah kerupuk mi. Walaupun namanya memiliki embel-embel mi, namun kerupuk ini tidak terbuat dari mi lho.

Penamaan kerupuk mi sendiri karana bentuknya yang keriting dan menyerupai mi. Sama halnya seperti warnanya yang seperti mi yakni berwarna kuning.

Umumnya, kerupuk ini disantap bersama hidangan asinan atau pecel. Apalagi dengan sambal kacang. Rasanya dijiamin siap membuatmu ketagihan.

via agrowindo.com

Kerupuk Gendar

Kerupuk terakhir yang ada di daftar Bob kali ini adalah kerupuk gendar. Bagi sebagian orang, mungkin jenis kerupuk satu ini cukup asing. Pasalnya, tidak seperti kerupuk lainnya, gendar termasuk tidak terlalu umum untuk ada di tempat makan.

Berbahan dasar nasi sama seperti rengginang, hal yang membedakannya dengan rengginang adalah bentuknya yang lebih tipis. Sehingga, saat dicoba, kerenyahan kerupuknya menjadi daya tarik kerupuk ini.

Rasanya yang gurih dan renyah akan sangat enak dicamil saat menonton serial televisi atau film. Apalagi dengan karbohidrat yang tidak terlalu tinggi, nyemil kerupuk ini tentu bisa dicoba.

via wiratech.co.id

Mencoba Menginap dengan Teknologi Canggih di Indonesia? Ya di Bobobox

Sekarang ini, teknologi menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Sehingga, wajar saja jika kegiatan sehari-harimu tidak akan lepas dari teknologi.

Nah, jika kamu sedang mencari hotel kapsul dengan konektivitas teknologi untuk fasilitasnya, datanglah dan coba untuk menginap di Bobobox.

Salah satu contohnya adalah kamu sudah bisa dengan mudah memesan podnya di manapun dan kapanpun kamu mau melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.