Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Lebih Jauh 10 Jenis Jenis Teh yang Ada di Dunia

Sudah mencoba berapa jenis teh?

Bobobox.co.id — Teh menjadi salah satu jenis minuman yang tidak hanya populer di Indonesia melainkan di dunia. Tidak heran, jika teh termasuk minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua setelah air putih.

Sama seperti halnya kopi, sebenarnya banyak jenis jenis teh yang ada di dunia. Namun, jenis jenis teh yang seringkali ditemui di Indonesia berkutat pada teh melati, teh hitam, dan teh hijau.

Padahal, selain yang tadi disebutkan, ada banyak jenis jenis teh yang mungkin saja kamu tidak tahu sebelumnya. Pasalnya, kamu jarang menemukannya di pasaran Indonesia.

Nah, untuk itulah, yuk kita coba mengenal lebih jauh mengenai 10 jenis jenis teh yang ada di dunia. Beberapa bahkan memiliki popularitas yang tinggi karena manfaat teh tersebut untuk kesehatan.

Teh Hijau

Jenis jenis teh pertama yang ada di dunia adalah teh hijau. Teh yang sering disebut green tea ini sudah banyak ditemukan di berbagai minuman kekinian. Teh hijau sendiri memiliki popularitas yang tinggi di benua Asia.

Pasalnya, teh hijau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kesehatan. Jenis jenis teh tersebut mempunyai manfaat untuk mengurangi risiko kanker, tekanan darah, dan baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang berdiet.

Soal variasi tehnya, teh hijau ini memiliki banyak variasi yang cukup populer. Beberapa variasi teh tersebut di antaranya adalah gunpowder (bubuk mesiu), matcha, genmaicha, dan sencha.

Teh Hitam

Jenis jenis teh selanjutnya yang cukup banyak diketahui oleh orang banyak adalah teh hitam. Jika jenis jenis teh sebelumnya lebih populer di Asia Timur, lain halnya dengan teh hitam.

Teh hitam memiliki popularitas yang tinggi di Inggris dan Irlandia. Teh ini sendiri memiliki rasa yang kuat dan sedikit pahit. Jika dibandingkan dengan teh hijau, rasa teh hitam lebih kuat dibandingkan teh hijau.

Dengan rasanya yang kuat dan pahit, biasanya salah satu cara untuk mengonsumsi teh hitam agar tidak terlalu pahit adalah dengan menambahkan susu ataupun gula. Namun bagi yang suka rasa yang sedikit pahit, teh ini cocok untuk diseduh tanpa gula.

Teh Barley

Teh Barley menjadi jenis jenis teh berikutnya. Teh satu ini termasuk salah satu minuman wajib untuk beberapa negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Uniknya, teh tersebut memiliki sebutan yang berbeda baik di Jepang dan Korea.

Masyarakat Jepang menyebut jenis jenis teh ini dengan sebutan mugicha. Sedangkan, masyarakat Korea justru menyebut teh tersebut dengan sebutan boricha. Walaupun berbeda, teh barley sama-sama terbuat dari gandum.

Soal rasa, teh barley memiliki rasa yang sedikit pahit. Biasanya, teh barley cukup banyak dikonsumsi di musim panas. Kebanyakan orang menyajikan teh tersebut dengan menambahkan es.

via liquidimageco.com

Teh Oolong

Jenis jenis teh satu ini mungkin akan mengingatkanmu pada teh hitam. Soal produksinya, teh oolong diproduksi melalui proses oksidasi yang sama seperti halnya teh hitam. Pembedanya adalah rasanya yang lebih ringan dibanding teh hitam.

Teh Oolong memiliki dua jenis teh yaitu teh oolong hijau dan teh oolong hitam. Kandungan kafein teh oolong hijau lebih rendah dibandingkan kandungan kafein yang terdapat di teh oolong hitam.

Hal yang relatif unik dari teh oolong adalah variasi dari tehnya. Di setiap negara, variasi teh ini akan berbeda-beda. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan komposisi tanah, curah hujan, sinar matahari, dan kondisi geografis.

via indiatimes.com

Teh Putih

Kebanyakan jenis jenis teh biasanya memiliki khasiat kesehatan. Salah satunya dari sekian banyak jenis jenis teh tersebut adalah teh putih. Teh putih terkenal akan rasanya yang paling ringan dan melegakan.

Sehingga, jenis jenis teh ini akan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang lambungnya cukup sensitif. Hal tersebut terjadi karena teh putih ini memiliki kadar kafein yang rendah yaitu hanya 15 miligram per cangkir.

Fakta unik dari teh putih adalah teh ini menjadi teh yang paling sedikit mengalami proses produksi. Pasalnya, teh ini tidak melewati proses penggulungan atau oksidasi. Sehingga, rasanya relatif ringan.

via mandalatea.com

Teh Chamomile

Jenis jenis teh selanjutnya yang ada di dunia adalah teh chamomile. Sesuai namanya, teh ini berasal dari bunga matricaria chamomilla atau biasa dikenal dengan sebutan chamomile.

Jenis teh satu ini memiliki wangi yang sangat harum. Sehingga, teh chamomile ini sering digunakan sebagai minuman pengantar tidur. Jadi, jika kamu memiliki kesulitan tidur sekarang ini, ada baiknya mencoba teh ini.

Selain meningkatkan kualitas tidur, teh chamomila ini memiliki manfaat untuk membuatmu menjadi lebih rileks lagi. Tidak hanya itu, teh ini cocok untuk mengurangi komplikasi akibat penyakit diabetes.

via sabkahub.com

Teh Dandelion

Selanjutnya, ada teh dandelion yang masuk ke jenis jenis yang cukup populer di dunia. Teh dandelion ini juga termasuk jenis jenis teh yang diolah dari bunga-bungaan selain chamomile, mawar, dan masih banyak lainnya.

Proses produksi teh dandelion sendiri relatif singkat lho. Untuk menjadikannya sebagai teh, prosesnya hanya cukup melakukan pemanggangan akar dandelion saja.

Rasa yang dihasilkan dari teh dandelion terasa ringan dan terasa sedikit rasa bunganya. Manfaat meminum teh dandelion di antaranya adalah menjaga kesehatan pencernaan, memperkuat imunitas, dan meningkatkan kesehatan tulang.

jenis jenis teh dandelion
via wellness-trends.com

Teh Yerba Mate

Jika kamu ingin mencoba jenis jenis teh yang unik dan berbeda dibandingkan jenis jenis teh lainnya? Kamu harus mencoba teh yerba mate. Teh satu ini memiliki rasa yang lebih menyerupai kopi.

Sehingga, teh yang satu ini seringkali dianggap sebagai teh favorit bagi para pencinta kopi. Teh yerba mate sendiri terbuat dari ekstrak daun pohon mate. Pohon mate ini mudah ditemui di hutan hujan di Amerika Selatan.

Selain rasanya yang unik, soal penyajiannya pun membutuhkan saringan teh yang khusus. Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba jenis teh ini, kamu pun perlu membeli saringan khusus teh yerba mate.

via peakendurancesport.com

Teh Rooibos

Jenis jenis teh satu ini tergolong cukup jarang untuk ditemui. Walaupun begitu, teh ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yakni bisa bermanfaat untuk melawan penyakit kanker.

Teh rooibos atau sering juga disebut teh merah terbuat dari semak merah yang biasa tumbuh di daerah Afrika Selatan. Teh ini akan tetap enak walaupun disajikan dalam keadaan panas atau dingin.

Teh rooibos memiliki kadar antioksidan yang tinggi namun dengan kandungan kafein yang relatif rendah. Sehingga, teh ini dipercaya bisa membuatmu lebih fokus dan tetap sehat.

via gaiahealthblog.com

Teh Mawar

Jenis jenis teh terakhir adalah teh mawar. Teh mawar terbuat dari kelopak bunga mawar yang dikeringkan. Rasa yang dihasilkan dari teh ini cenderung ringan dan ada sedikit rasa asam.

Rasa asam yang terasa dari teh mawar berasal dari asam sitrat kelopak bunga mawar. Sama seperti teh pada umumnya, teh mawar pun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari meminum teh mawar secara rutin adalah membantu perawatan kulit, jerawat, kesehatan rambut, membantu pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

via nutritionadvance.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Datang aja ke Bobobox

Sedang mencari akomodasi penginapan dengan harga terjangkau? Kalau begitu, langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan harga menginap yang murah namun dengan fasilitas yang wah.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan pod, bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

main lampu kuning bobobox

You might also like