Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Memelihara Sukulen? Ketahui Jenis-Jenis Sukulen yang Unik dan Tidak Biasa Berikut Ini

Eksotik, unik dan menarik

Selain tanaman hias daun yang makin digemari banyak kalangan, tanaman sukulen juga tak kalah populer terutama bagi mereka yang suka tanaman imut, minim perawatan dan minim lahan. Tanaman sukulen sendiri umumnya didefinisikan sebagai tanaman yang menyimpan cadangan airnya pada batang dan tidak memiliki daun atau memiliki daun namun dengan ukuran kecil.

Tanaman sukulen ini meliputi lebih dari 60 famili tanaman. Beberapa yang cukup populer adalah lidah buaya, kaktus bola emas, jade plant, dan sukulen panda.  Tentu masih banyak lagi jenis sukulen yang tak kalah menarik dari yang Bob sebutkan barusan dan berikut ini adalah 10 jenis sukulen unik dan tidak biasa yang layak kamu lirik.

Lithops

@16clumsy via Instagram

Salah satu jenis sukulen unik yang mungkin belum banyak orang tahu adalah lithops atau juga dikenal nama lain seperti batu hidup, living stone, dan  flowering stones. Keunikan dari tanaman satu ini adalah tampilannya yang menyerupai batu terutama jika tanaman tersebut berwarna abu-abu atau cokelat. Bentuknya memang kecil dengan dua daun pipih yang tampa seperti dua bongkah batu kecil yang saling berhadapan.


Baca Juga: 9 Kesalahan Umum Merawat Sukulen Yang Jarang Disadari


Selain abu-abu-abu dan cokelat, batu hidup ini juga hadir dengan warna cokelat kemerahan, hijau hingga merah muda. Karenanya, sebagian orang juga menganggapnya seperti permen, miniatur otak, miniatur alas sepatu dan bahkan bokong tergantung warna dan corak dari tanaman itu.

Greenovia

@rare_succulent via Instagram

Namanya Greenovia dodrantalis dan sukulen ini merupakan salah satu jenis sukulen unik karena tampilannya yang indah bak bunga mawar. Kehadirannya di dunia maya pun menimbulkan tanda tanya tentang keaslian sukulen ‘mawar’ ini. Tenang saja, asli kok.

Sukulen ini sendiri merupakan sukulen yang berasal dari Kepulauan Canaria, yang berada di lepas pantai Spanyol. Juga dikenal sebagai mawar gunung, Greenovia ini memiliki tampilan seperti bunga mawar yang siap merekah. Yang paling populer adalah Greenovia dengan warna kehijauan. Namun, ada juga Greenovia yang lebih langka dengan warna merah muda. Benar-benar seperti bunga mawar deh!

Haworthia

@succl_ent930 via Instagram

Jenis sukulen unik berikutnya yang wajib kamu lirik adalah Haworthia cooperi. Berasal dari Provinsi Northern Cape, Afrika Selatan, tampilan dari jenis sukulen unik ini akan membuat rumah kamu tampak seperti sarang alien.

Daun dari Haworthia cooperi ini berbentuk bulat atau mengerucut seperti segitiga dan berwarna biru kehijauan dengan bagian atas yang terlihat transparan layaknya balon-balon kecil berisi air yang siap kamu letuskan dengan sentuhan jarum. Karena terbiasa hidup di bawah bayang-bayang pohon, terlalu banyak sinar matahari akan membuat daunnya berubah kuning atau putih.


Baca Juga: 30 Jenis Sukulen Untuk Dekorasi Kamarmu! Ini Dia Gambarnya, Dan Cara Terbaik Untuk Merawatnya


Monilaria

@plantvalley.shop via Instagram

Tak kalah imut dari lithops, Monilaria obconica atau bunny succulent (sukulen kelinci) tampa unik dengan kepala kelinci serta ‘telinganya’ yang berwarna  hijau dan berbulu halus. Sayangnya, layaknya bayi yang akan tumbuh dewasa, telinga bunny succulent juga akan bertumbuh panjang dan tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Telinga tersebut mungkin akan terlihat seperti buncis yang tumbuh tinggi di atas kepalanya yang akan tetap kecil. Meski sementara, tentunya keimutan sukulen asal Western Cape, Afrika Selatan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Jika sudah tumbuh memanjang, anggap saja itu sebagai kelinci unik yang bertelinga amat panjang.

Crassula

@narubrain via Instagram

Crassula alstoni adalah jenis sukulen unik selanjutnya yang mungkin akan membuat kamu berdecak kagum. Bentuknya seperti pohon kecil yang tumbuh di atas sebuah bukit. Jika kamu penuh imajinasi, tanaman satu ini mungkin terlihat seperti monster yang bergelung dan menggunakan pohon tersebut sebagai umpannya.

Bagian yang terlihat seperti bukit atau monster itu merupakan daun yang bertekstur seperti beledu dan tumbuh berhimpitan sehingga tampak bulat. Sementara itu, si pohon merupakan tangkai serta bunga berwarna kuning pucat yang akan muncul di musim gugur.

Trachyandra

@lesplantesvertes_official via Instagram

Trachyanda tortilis merupakan jenis sukulen unik dengan daunnya yang berbentuk spiral dan terkadang berbulu halus serta memiliki bunga berbentuk bintang yang hanya hidup satu hari sajas. Jika kamu mau memelihara tanaman ini, jangan sampai melewatkan pemandangan saat dia berbunga.


Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Dia 7 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Yang Minim Cahaya Matahari


Tanaman asal Afrika Selatan ini berwarna hijau keabuan dan tumbuh ke atas dengan bentuk spiral. Saat daunnya masih kecil, kamu mungkin akan teringat dengan salah satu hewan melata, yakni ular berwarna hijau. Uniknya lagi, tanaman ini juga dikenal berumur panjang. Dengan perawatan dan tempat yang tepat, trachyandra bisa hidup hingga puluhan tahun.

Conophytum

@mmi_roo via Instagram

Conophytum bilobum atau juga dikenal dengan nama living pebble merupakan jenis sukulen unik yang akan memberikan kesan romantis yang menyegarkan. Bagaimana tidak! Jenis sukulen yang satu ini memiliki daun yang berbentuk seperti hati.

Daun itu sendiri umumnya berwarna hijau, namun bisa berubah kemerahan atau keunguan di bagian atasnya. Tanaman satu ini biasanya akan berbunga di musi gugur. Warnanya beragam bergantung pada spesiesnya, seperti kuning, oranye, ungu, bahkan multiwarna. Bunga tersebut akan tumbuh di tengah-tengah antara dua cuping daunnya yang membentuk hati itu.

Euphorbia

@rareplant.me via Instagram

Jenis sukulen unik selanjutnya adalah Euphorbia obesa atau juga kerap disamakan dengan bola baseball karena bentuknya yang bundar serta pola rusuknya yang membujur sehingga menyerupai jahitan pada bola tersebut. Tanaman sukulen yang satu ini juga berasal dari Afrika Selatan terutama daerah Great Karoo dan pernah mendapat predikat tanaman langka karena membludaknya perburuan tanaman tersebut di habitat aslinya untuk dijadikan tanaman hias pada tahun 1915.

Selain itu, tanaman satu ini juga bersifat dioecius yang berarti memiliki organ reproduksi jantan dan betina pada tanaman individu terbisah. Dengan kata lain, bunga dari Euphorbia obesa dihasilkan dari tanaman yang berbeda, bukan dari satu tanaman yang sama. Saat bunga tersebut tumbuh, tanaman sukulen unik ini mungkin akan terlihat seperti bantalan jarum yang berhiaskan manik-manik.

Stapelia

@ivelisecosta via Instagram

Selanjutnya, ada jenis unik bernama Stapelia gigantea yang terkenal dengan bunganya yang cantik, besar dan tampa berbulu. Bentuk bunga tersebut terlihat seperti bintang dengan lima kelopak yang terbentang lebar layanya bintang laut. Karenanya, tak heran bahwa tanaman satu ini juga mendapat julukan starfish flower.

Namun, di balik kecantikannya tersebut, Stapelia ternyata menyimpan rahasia ‘kotor’. Tanaman satu ini ternyata berbau tidak sedap, seperti bau kematian karena baunya memang seperti bau bangkai. Bau itu sendiri sebenarnya digunakan untuk menarik perhatian semut dan lalat agar mendekat. Untungnya, bau tidak sedap tersebut hanya tercium jika kamu berada dalam jarak yang sangat dekat dengan tanaman tersebut.

Mermaid Tail

@succi_cacti_love via Instagram

Ingin tampilan kebun seperti negeri dongeng? Sukulen mermaid tail atau Crested Senecio Vitalis adalah jawabannya.  Sesuai dengan namanya, jenis sukulen unik ini berbentuk menyerupai ekor putri duyung. Tanaman satu ini sebenarnya merupakan hasil perkawinan antara sukulen dan kaktus akibat fasiasi. Fasiasi sendiri merupakan kondisi yang menyebabkan tanaman tumbuh menjauh dari sumber cahaya, alih-alih menuju cahaya seperti kebanyakn tanaman lainnya.

Kesegaran di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Masih belum puas dengan hal berbau tumbuhan? Langsung datang saja ke tempat alam yang menawarkan kesejukan untuk melepas penat sekaligus lelah kamu. Masalah akomodasinya serahkan saja pada Bobobocabin, produk terbaru dari Bobobox yang menawarkan konsep glamping.

Sama halnya seperti Bobobox, Bobobocabin juga dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Karena itu, meskipun kamu berada di tengah alam, kamu akan tetap merasakan sentuhan teknologi modern sehingga segalanya tetap terasa mudah, aman dan nyaman. Tertarik mencoba? Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk booking serta informasi serta promo-promo terbaru dari hotel kapsul berlogo koala ini!

You might also like