Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Naik Sepeda? Ini Dia Jenis-Jenis Sepatu Sepeda yang Harus Kamu Ketahui!

Pakai sepatu sepeda yang mana, ya, untuk sepeda-an kali ini?

Akhir-akhir ini, bersepeda sepertinya menjadi hobby yang sedang tren di berbagai kalangan. Terutama setelah pandemi Covid-19 ini, banyak orang-orang yang memilih gabung komunitas gowes untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Bagi kamu yang hobby bersepeda atau mau mulai bersepeda, ada beberapa hal penting yang juga harus kamu perhatikan. Selain memilih jenis sepeda yang cocok untukmu, memilih sepatu sepeda juga sangat penting, lho, biar gowes-mu makin nyaman dan aman.

Biar kamu nggak bingung milih sepatu sepeda yang seperti apa, langsung simak aja, yuk, penjelasan Bob di bawah ini!

Apa Itu Sepatu Sepeda?

jenis sepatu sepeda

(Image by: @girocycling via instagram.com)

Sepatu sepeda atau cycling shoes merupakan sepatu yang di-design khusus untuk bersepeda. Sepatu ini memiliki karakteristik yang unik dan beda daripada sepatu biasanya, yakni menyatu dengan bagian pedal atau biasa disebut clipless pedal.

Sepatu sepeda terdiri dari sepatu dan cleat. Cleat merupakan material tambahan pada sol sepatu, agar tidak mudah lepas atau terpeleset. Cleat inilah yang nantinya akan dikaitkan pada clipless pedal yang ada di sepedamu.

Tujuan dari konsep sepatu sepeda yang menyatukan pedal dan kakimu ini adalah untuk memudahkanmu saat bersepeda jarak jauh. Selain itu, sepatu ini juga akan memungkinkanmu untuk melaju dengan kecepatan tinggi pada turnamen balap sepeda.

Ada Berapa Jenis Sepatu Sepeda?

jenis sepatu sepeda

(Image by: @giant_bicycles_france via instagram.com)

Sebenarnya, ada banyak type cleat dan jenis sepatu sepeda, karena setiap produsen sepatu dapat membuat jenis yang berbeda-beda, dan sesuai design masing-masing produsen. Namun, ini dia type cleat dan jenis sepatu sepeda yang bisa dikategorikan secara umum:

SPD dan SPD-SL

Pada umumnya, terdapat dua jenis sepatu sepeda, yaitu jenis SPD dan SPD-SL. Sepatu jenis SPD sebenarnya biasa digunakan untuk sepeda gunung atau mountain bike.

Sedangkan Sepatu jenis SPD-SL didesain khusus untuk para atlet balap sepeda. Sepatu jenis SPD-SL memiliki kelebihan dibanding jenis SPD, yaitu bobotnya yang lebih ringan dan ikatannya yang lebih kuat. Maka dari itu, sepatu jenis SPD-SL ini juga dapat digunakan untuk bersepeda road bike.

Sepatu Sepeda Gunung

Sepatu jenis ini memiliki karakter sol yang kuat, bergerigi/ber-grip, dan berbahan karet yang menjadikan tidak mudah tergelincir saat berjalan di tanah atau memanjat lereng. Tentu akan sangat nyaman ketika dipakai berjalan di gunung sehabis kamu bersepeda.

Pedal yang dipakai untuk jenis sepatu ini adalah jenis 2 hole system. Di beberapa jenis, ada pula yang memiliki feature anti air, pengikat yang lebih kencang, dan memiliki pelindung mata kaki.

Sepatu Sepeda Balap

Jenis sepatu yang satu ini biasanya memiliki karakter yang ringan dengan banyak ventilasi, serta sol yang rata dan keras. Bahan yang digunakan untuk sepatu ini biasanya menggunakan serat karbon, sehingga bobot sepatunya bisa menjadi lebih ringan.

Sepatu jenis ini dirancang untuk memberikan tekanan yang kuat dan efektif pada pedal sepeda. Pedal yang biasa dipakai untuk jenis sepatu ini adalah jenis 3 hole system, namun ada pula yang menggunakan 2 hole system.

Sepatu Sepeda Urban

Sepatu Sepeda Urban atau Hybrid adalah perpaduan antara sepatu sepeda gunung dan sepatu sepeda balap. Sepatu jenis ini memiliki sedikit karakter sepeda balap, namun masih nyaman untuk dipakai berjalan.

Manfaat Menggunakan Sepatu Sepeda

jenis sepatu sepeda

(Image by: @dromarti_cycling_shoes via instagram.com)

Mencegah Sepatu Lepas atau Tergelincir dari Pedal

Dengan menggunakan sepatu khusus bersepeda, maka kamu bisa bersepeda dengan lebih nyaman dan aman, karena posisi kaki dipastikan tidak akan lepas dari pedal. Memakai sepatu khusus bersepeda juga mengurangi risiko jatuh atau kecelakaan, karena kemungkinan kakimu terpeleset atau terlepas dari pedal karena licin atau kelelahan sangatlah tipis.

Kaki Berada di Posisi yang Tepat

Dengan menggunakan sepatu khusus bersepeda, kamu tidak akan lagi menghabiskan tenaga secara sia-sia dengan kayuhan pada ujung pedal. Sebab, sepatu jenis ini sudah dirancang agar berada pada posisi yang optimal dan tepat, yaitu tepat di tengah pedal.

Tenaga dan Kayuhan Menjadi Lebih Efisien

Hampir tidak ada energi yang terbuang dari setiap kayuhan jika kita menggunakan sepatu khusus bersepeda yang tepat. Ini karena ketika kaki kiri mengayuh pedal ke bawah, maka kaki kanan pun akan menarik pedal ke atas. Artinya, kamu akan mendapatkan tambahan tenaga pendorong sebanyak hampir 50 persen dengan menggunakan sepatu khusus bersepeda.

Kerugian Memakai Sepatu Sepeda

jenis sepatu sepeda

(Image by: @force_bike_components via instagram.com)

Untuk kamu yang belum terbiasa memakai sepatu khusus untuk bersepeda, mungkin di awal-awal kamu akan sering mengalami jatuh dari sepeda. Ini karena melepaskan kaki dari pedal memerlukan teknik tersendiri dan harus dilakukan dengan cepat.

Jika belum terbiasa melepaskan kaki dari pedal dan telat menurunkan kaki, maka kamu tidak bisa memijakkan kaki ke tanah dan menyeimbangkan tubuh. Akibatnya, kamu akan terjatuh dari sepeda.

Tips jika kamu belum terbiasa dan belum bisa cepat melepaskan kaki dari pedal saat memakai sepatu khusus bersepeda adalah dengan berpegangan atau bersandar pada dinding atau benda lain untuk menjaga keseimbangan saat sepedamu berhenti.

Kamu tidak perlu khawatir, karena semakin sering kamu mencoba, maka lama-kelamaan pun kamu akan terbiasa dan bisa melakukannya dengan cepat tanpa ada kesulitan. Semangat, ya! 😉

Tips Memilih Sepatu Sepeda

jenis sepatu sepeda

(Image by: @giant_bicycles_france via instagram.com)

  • Pilihlah sepatu yang ukurannya sesuai dengan dengan ukuran kaki kita. Jangan terlalu sempit, dan jangan pula terlalu longgar. Sebaiknya, jangan membeli sepatu sepeda secara online, agar kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Atau kamu bisa mencoba trik satu ini, yaitu membeli sepatu sepeda dengan ukuran satu nomor lebih tinggi daripada sepatu yang biasa dipakai sehari-hari.
  • Pilihlah bahan dan sol sepatu yang terbuat dari serat karbon.
  • Pilih sepatu sepeda yang dapat melindungi kaki dan grip. Sehingga dapat membantu mencengram pedal dengan lebih baik dan membantu kaki agar bisa menjadi tumpuan yang baik saat mengayuh sepeda.
  • Pilihlah sepatu sepeda yang sesuai dengan medan yang akan kamu hadapi. Kamu bisa memilih 2 jenis sepatu sepeda, yaitu sepatu off-road dan sepatu on-road. Sepatu off-road memiliki permukaan sol dengan banyak gigi atau grip, atau menyerupai sepatu sepak bola. Sepatu ini cocok digunakan di medan yang terjal. Sedangkan sepatu on-road memiliki permukaan sol yang rata dan grip-nya pun sedikit.
  • Pilihlah sepatu sepeda dengan daya tahan yang baik, terutama jika kamu sering mengarungi medan yang terjal dan ekstrem.
  • Perhatikan juga sistem ventilasi pada sepatu sepeda yang akan kamu beli. Adanya ventilasi pada sepatumu sangat penting agar kaki kita tetap nyaman dan kering dari keringat di kaki, karena saat bersepeda tentunya kaki kita akan sangat aktif bergerak.
  • Pilihlah sistem pengencang sepatu sepedamu sesuai selera dan kebutuhan. Ada beberapa model sistem pengencang sepatu yang bisa kamu pilih, yakni model tali, model perekat, atau model putaran.
  • Perhatikan kenyamanan dengan mempertimbangkan bobot sepatu sepeda yang akan kamu beli. Semakin ringan sepatunya, maka akan semakin nyaman, dan juga berpengaruh terhadap daya kayuhmu.

Bobobox! Pilihan tepat untuk istirahat kamu.

Cari penginapan untuk istirahat setelah lelah bersepeda? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

nginep di bobobox

You might also like