Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Beda Lokasi Sakit Beda Penanganan! Ini Dia Jenis-jenis Sakit Perut

Jenis-jenis sakit perut ini menentukan jenis pengobatannya.

Jenis-jenis sakit perut berikut ini sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat dala menyembuhkannya. Banyak orang menyepelekan sakit perut yang dirasakan karena merasa ssakit perut merupakan hal yang umum dan remeh. Faktanya sakit perut ini memiliki jenisnya masing-masing yang bisa menandakan beberapa jenis penyakit yang mungkin sedang menyerang.

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyakit serius pada bagian perut maka sangat penting untuk mengenali jenis sakit perut yang bisa timbul. Sakit pada bagian perut ini umumnya dibagi menjadi nyeri perut bawah dan nyeri perut atas. Perbedaan kedua sakit perut ini terletak pada kondisi perut, penyebab sakit perut, dan organ yang mengalami gangguan. Sakit perut yang kamu rasakan pun tak boleh sembarangan kamu lakukan pengobatan.

Hal ini dikarenakan sakit pada perut bagian atas dan bawah belum tentu sama karena perlu disesuaikan dengan penyebab serta tingkat keparahannya. Nyeri perut bawah maupun perut atas bisa muncul akibat peradangan, infeksi, kontraksi otot, atau penyumbatan pada organ-organ di dalam perut. Agar tidak salah menanganinya, simak informasi mengenai jenis-jenis sakit perut berikut ini.

Ini Perbedaan Jenis-jenis Sakit Perut

Langsung Tidur Setelah Sahur? Lebih Baik Jangan Deh!

Sebelum melakukan pengobatan, penting untuk kamu mengetahui perbedaan jenis-jenis sakit perut agar kamu bisa tahui jenis pengobatan apa yang bisa kamu lakukan. Umumnya terdapat dua jenis sakit perut yang bisa kamu bedakan yaitu sakit perut bagian atas dan sakit perut bagian bawah. Seperti yang kamu ketahui perut memiliki sebuah batas yang memisahkan nyeri perut bawah dan atas berupa garis melintang pada perut yang sejajar dengan pusar.

Saat sakit perut bagian atas terjadi maka sensasi yang terasa berada di atas garis ini dan dikatakan nyeri perut bawah jika nyerinya terasa di bawah garis ini. Selain membedakan jenis-jenis sakit perut dari gejala yang muncul, lokasi nyeri perut juga bisa menjadi petunjuk organ manakah yang menyebabkan nyeri. Umumnya sakit perut ini disebabkan karena gangguan pencernaan, tetapi bisa juga disebabkan oleh gangguan pada organ lain yang letaknya di dalam perut.

Baca Juga: Ini Dia 10 Cara Mengatasi Sakit Perut. Mudah Dilakukan dan Terbukti Ampuh!

Jenis-jenis Sakit Perut: Penyebab Nyeri Perut Bawah

Jenis-jenis sakit perut yang pertama adalah sakit perut pada bagian perut bawah. Jenis sakit perut ini bisa muncul karena gangguan pada tulang panggul, kandung kemih, dan usus besar. Beberapa penyakit penyebab nyeri perut bagian bawah adalah:

  • Irritable bowel syndrome (IBS)
  • Batu kandung kemih
  • Infeksi saluran kencing (ISK)
  • Sumbatan (obstruksi) usus
  • Hernia inuinalis
  • Radang usus
  • Usus buntu
  • Kanker usus besar

Khusus untuk wanita, jenis sakit perut bagian bawah juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada organ reproduksi seperti berikut ini:

  • Nyeri haid
  • Penyakit radang panggul
  • Kista ovarium
  • Endometriosis
  • Kehamilan ektopik
  • Kanker rahim

Jenis-jenis Sakit Perut: Penyebab Nyeri Perut Atas

Jenis-jenis Sakit Perut

Jenis-jenis sakit perut selanjutnya adalah jenis sakit perut bagian atas, jenis sakit perut ini umumnya dapat disebabkan oleh masalah pada lambung, hati, empedu, limpa, pankreas, jantung, atau paru-paru. Beberapa contoh penyakit yang bisa menjadi penyebab sakit perut bagian atas adalah:

  • Penyakit asam lambung (GERD)
  • Hepatitis
  • Batu empedu
  • Sembelit
  • Penyakit jantung koroner
  • Pneumonia

Jenis-jenis Sakit Perut: Perbedaan Gejala Nyeri Perut Atas dan Nyeri Perut Bawah

Dari penjelasan di atas kamu bisa mengenali perbedaan jenis-jenis sakit perut tersebut dengan beberapa gejala di bawah ini:

Jenis-jenis Sakit Perut Bagian Atas

  • Disebabkan oleh iritasi/radang yang melukai organ
  • Nyeri terasa tajam, menusuk, atau panas

Jenis-jenis Sakit Perut Bagian Bawah

  • Disebabkan oleh iritasi/radang yang menyebabkan ketegangan otot
  • Nyeri terasa seperti diremas-remas, kram, atau melilit

Jenis-jenis Sakit Perut: Obat untuk Nyeri Perut Bawah dan Atas

Setelah menegtahui informasi mengenai jenis-jenis sakit perut di atas maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengobatan. Pengobatan jenis-jenis sakit perut ini bisa kamu lakukan menyesuaikan dengan penyebabnya. Saat jenis-jenis sakit perut yang kamu rasakan adalah sensai perut seperti diremas-remas, melilit, dan kram, maka hal ini bisa diredakan dengan obat yang mengandung hyoscine butylbromide.

Obat ini akan membantu melemaskan otot-otot organ yang tegang sehingga nyeri pada bagian perut akan berkurang. Obat ini juga dikenal berkerja cukup cepat. Jika obat ini dikonsumsi sesuai anjuran dan resep dokter, hyoscine butylbromide dapat menghilangkan nyeri bahkan dalam waktu 15 menit sejak diminum.

Namun jika jenis-jenis sakit perut yang kamu alami disebabkan karena infeksi dan peradangan, maka obat yang bisa kamu konsumsi adalah antibiotik dan antiinflamasi, misalnya golongan NSAID. Kdua jenis obat ini sebaiknya dikonsumsi sesuai anjuran resep dokter agar dapat bekerja dengan efektif tanpa menimbulkan efek sampung. Selain mengonsumsi obat-obatan, jenis-jenis sakit perut ini bisa diredakan dengan berbagai cara sederhana.

Beberapa cara ini di antaranya adalah dengan menempelkan kompres hangat pada bagian yang nyeri, berendam dengan air hangat, memperbanyak minum air putih, mengurangi konsumsi teh dan kopi, serta beristirahat yang cukup. Beberapa jenis-jenis sakit perut yang parah mungkin tidak cukup diatasi dengan mengonsumsi obat sehingga diperlukan ttindakan operasi. Beberapa jenis-jenis sakit perut ini diantaranya adalah penyumbatan usus dan kanker.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung! Nggak Perlu Obat

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like