Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Makan Pasta? Kenali 15 Jenis-Jenis Pasta dan Cerita-Cerita di Baliknya

Dari 15 jenis-jenis pasta ini, mana yang jadi favorit kamu?

Kamu pasti sudah kenal dengan jenis-jenis pasta seperti spageti atau makaroni. Bentuk tersebut cukup umum ditemukan di Indonesia. Namun, ternyata masih ada banyak lho jenis-jenis pasta lain. Masing-masing juga punya cerita unik. Penasaran dengan kisah di balik bentuk pasta? Simak terus di sini ya!

Cavatappi

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Cavatappi baru ditemukan pada tahun 1960-an. Pada saat itu, merek pasta Italia, Barilla, memperkenalkan pasta berbentuk seperti pembuka botol yang disebut cellentani. Cavatappi kemudian digunakan sebagai nama umum jenis-jenis pasta ini karena Celentano adalah merek dagang dari Barilla.

Fusilli

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Fusilli adalah pasta yang memiliki bentuk seperti pembuka botol atau bentuk heliks. Istilah fusilli juga digunakan untuk menggambarkan pasta pendek yang dikenal sebagai rotini di Amerika Serikat.

Gemelli

jenis-jenis pasta
Photo by Fazal Majid via Wikimedia Commons

Gemelli dalam bahasa Italia berarti kembar. Nama ini diambil karena jenis-jenis pasta ini memiliki bentuk seperti dua pasta lurus yang diputar menjadi satu. Meskipun terlihat demikian, ternyata gemelli dibuat dari satu pasta saja yang diputar sehingga membentuk sebuah spiral.

Lasagna

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Lasagna adalah jenis-jenis pasta yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Meskipun dikenal karena jenis makanannya, yaitu pasta berlapis yang diisi keju dan saus tomat, lasagna juga mengacu pada kulit pasta pipih dan lebar yang melapisinya.

Lasagna berasal dari Italia dan sudah ada sejak Abad Pertengahan. Jenis-jenis pasta ini lebih spesifiknya dianggap datang dari kota Napoli.

Mafaldine

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Mafaldine, juga dikenal sebagai reginette, adalah jenis-jenis pasta berbentuk pita dengan bentuk yang datar dan lebar. Biasanya, mafaldine memiliki tepi yang bergelombang di kedua sisinya.

Nama mafaldine konon diambil dari rambut indah seorang putri Italia, Mafalda dari Savoy. Meskipun mafaldine sudah ada sebelum kelahiran sang putri, nama tersebut melekat dan digunakan hingga sekarang.

Makaroni

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Makaroni adalah jenis-jenis pasta yang sudah banyak mengalami akulturasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bentuknya yang pendek dan melengkung mudah dimakan dan cocok dengan beragam saus.

Meskipun terkenal berasal dari Italia, beberapa orang percaya bahwa jenis-jenis pasta ini berasal dari Yunani kuno dan diambil dari kata macaria. Kata tersebut adalah sejenis kaldu jelai yang disajikan untuk mengenang orang mati.

Jenis-jenis pasta Orechiette

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Orecchiette adalah jenis-jenis pasta yang dipercaya sudah ada sejak abad ke-12. Nama orechiette sendiri diambil karena bentuknya yang mirip telinga kecil.

Seperti jenis pasta lainnya, orecchiette dibuat dengan gandum durum dan air tanpa meggunakan telur. Dalam masakan rumahan tradisional Italia Selatan, adonan digulung, lalu dipotong dadu.

Jenis-jenis pasta Penne

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Pada tahun 1865, seorang pembuat pasta bernama Giovanni Battista Capurro membuat mesin khusus pemotong pasta. Adonan tabung tipis dipotong pada sudut tertentu. Hasilnya adalah penne yang dikenal hingga sekarang.

Dia kemudian mematenkan mesin pembuat penne-nya pada 11 Maret, 1865. Inilah yang menjadikan penne salah satu dari sedikit pasta yang diketahui hari lahirnya.

Rigatoni

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Rigatoni adalah pasta berbentuk tabung yang lebih besar dari penne dan ziti. Ciri khas dari jenis-jenis pasta ini adalah tekstur di punggung pastanya.

Rigatoni berasal dari kata rigato yang dalam bahasa Italia berarti “bergerigi” atau “berbaris”. Jenis pasta ini sangat lekat dengan masakan Italia dari bagian selatan dan tengah.

Spageti

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Spageti adalah pasta paling terkenal yang datang dari Italia. Meskipun begitu, sejarah awalnya tidak begitu jelas. Spageti diperkirakan dibuat di Sisilia pada tahun 1100-an dan belum masuk ke negara mana pun sampai tiba di Amerika Serikat berabad-abad kemudian.

Jenis-jenis pasta Stroncatura

jenis-jenis pasta
Photo by Rodolphe HÉRAUD on Unsplash

Stroncatura adalah sejenis pasta dari Calabria di Italia selatan. Pasta ini mirip dengan linguini, dengan beberapa perbedaan mendasar seperti warnanya yang sedikit lebih gelap dan memiliki tekstur yang lebih kasar.

Stroncatura awalnya dibuat dari sisa-sisa bahan di lantai pabrik pasta seperti tepung gandum, gandum hitam, atau semolina.

Alhasil, pasta ini memiliki rasa yang tidak konsisten. Biasanya rasa yang dihasilkan asam dan permukaannya berpori sehingga sangat cocok untuk menempel pada saus pasta.

Jenis-jenis pasta Strozzapreti

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Strozzapreti dalam bahasa Italia berarti “pencekik pendeta”, dan konon dinamai sesuai nama pendeta malang yang memakannya terlalu cepat. Strozzapreti memiliki bentuk yang lebih panjang dari cavatelli, atau pasta linting tangan khas Emilia-Romagna.

Nama ini juga digunakan untuk keju panggang dan pangsit sayuran yang disajikan di beberapa wilayah Italia dan di pulau Corsica, Prancis.

Jenis-jenis pasta Tonnarelli

jenis-jenis pasta
Photo by Popo le Chien via Wikimedia Commons

Tonnarelli memiliki bentuk yang agak mirip spageti. Namun, jenis-jenis pasta ini biasanya berbentuk persegi. Nama pasta ini berasal dari alat pasta bernama chitarra. Alat ini memberikan bentuk dan tekstur berpori pada tonnarelli yang memungkinkan saus melekat dengan baik.

Jenis-jenis pasta Tortellini

jenis-jenis pasta
Photo by Angelo.Muratore via Wikimedia Commons

Konon, seorang pemilik penginapan dari Castelfranco Emilia, sebuah kota Italia yang terletak di antara Bologna dan Modena memata-matai dewi Romawi, Venus, melalui lubang kunci.

Dari sana, ia melihat sekilas pusarnya. Pemandangan itu menginspirasinya untuk bergegas ke dapur dan menciptakan pangsit berbentuk pusar yang sekarang dikenal sebagai tortellini.

Jenis-jenis pasta Vermicelli

jenis-jenis pasta
Photo by Glane23 via Wikimedia Commons

Vermicelli adalah pasta yang panjang dan tipis, dan namanya secara harfiah diterjemahkan menjadi cacing kecil. Orang Barat memutuskan untuk menerapkan nama tersebut pada mi Asia mana pun yang tampak serupa. Jenis-jenis pasta ini juga digunakan dalam hidangan Asia hanya saja dengan nama yang berbeda.

Mau liburan yang nggak biasa? Staycation di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like