Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jenis-jenis Minuman Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Kenali minuman kopi ini supaya kamu nggak bingun lagi kalau ngopi di kafe

Kamu pernah nggak sih datang ke kafe terus bingung mau pesan apa? Nama-nama minuman kopi yang ada di menu terdengar asing dan tidak kamu mengerti. Sebenarnya sederhana kok.

Kebanyakan dari minuman kopi yang dijual adalah kombinasi espresso dan susu. Cuman, yang membedakan adalah takaran dan cara penyajiannya. Nah, daripada penasaran mending langsung aja cari tahu perbedaan jenis-jenis minuman kopi berikut ini.

Espresso

minuman kopi
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Espresso bisa dibilang adalah dasar dari hampir semua minuman kopi. Espresso memiliki konsentrasi rasa yang sangat pekat dan dibuat dengan cara memberi kopi yang sudah digiling tekanan dari air panas. Untuk bisa menghasilkan espresso, kamu butuh mesin khusus yang disebut mesin espresso.

Di bagian atasnya terdapat krema, yaitu busa berwarna keemasan yang dihasilkan dari kombinasi udara dan minyak bubuk kopi. Krema adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari espresso.

Ukuran espresso biasanya 30 ml yang diekstrak dari 7 gram kopi. Jika kamu ingin sesuatu yang lebih kuat, kamu bisa mencoba doppio, yaitu espresso dengan jumlah dua kali lebih banyak.

Ristretto

minuman kopi
Photo by nitin pariyar on Unsplash

Ristretto biasanya dipilih orang sebagai alternatif dari espresso jika mereka menginginkan sesuatu yang lebih ringan. Proses pembuatan minuman kopi yang satu ini hampir sama dengan espresso hanya saja waktu ekstraksinya lebih pendek yaitu 15 detik.

Cairan kopi yang dihasilkan pun setengahnya dari espresso yaitu 15 ml saja. Oleh karena waktu ekstraksi dan hasil yang lebih sedikit, rasa yang dihasilkan pun berbeda. Ristretto dalam bahasa Italia berarti restricted atau dibatasi, sesuai proses pembuatannya.

Americano

minuman kopi
Photo by Erik Witsoe on Unsplash

Minuman kopi yang satu ini mungkin terlihat seperti kopi hitam pada umumnya. Namun americano berbeda dari kopi hitam tubruk pada umumnya baik dari cara pembuatan maupun rasa.

Americano konon diambil dari cara orang Amerika menikmati kopi hitam, yaitu secangkir espresso yang ditambahkan air panas sehingga lebih banyak secara volume. Hal ini tentu saja menyebabkan espresso yang tadinya pekat menjadi lebih encer. Selain itu, krema yang terdapat pada espresso pun jadi hilang larut dengan air.

Meskipun secara tampilan mirip, Americano juga berbeda dengan minuman kopi long black. Yang membedakan adalah cara penyajiannya di mana dalam long black, air panas dituang terlebih dahulu pada gelas baru kemudian espresso menyusul. Hal ini menyebabkan krema pada espresso masih tersisa karena espresso ditambahkan belakangan.

Cappuccino

minuman kopi
Photo by Ammie Ngo on Unsplash

Cappuccino adalah kopi tradisional asal Italia. Bagian atasnya identik dengan buih yang diberi taburan bubuk coklat. Minuman kopi yang satu ini bukan hanya sekadar campuran espresso dan susu saja. Takarannyalah yang membuat minuman kopi ini disebut cappuccino yaitu satu berbanding satu berbanding satu.

Jadi, satu per tiga kopi ditambah satu per tiga susu ditambah satu per tiga buih. Karena rasio kopi, susu, dan buihnya, sama, kamu akan merasakan rasa yang seimbang antara ketiga komponen tersebut. Cappuccino juga memiliki ukuran cangkir khusus yaitu dengan volume kurang lebih 160 ml.

Café latte

minuman kopi
Photo by Lex Sirikiat on Unsplash

Dalam bahasa Italia, latte berarti susu. Jadi pada dasarnya café latte adalah kopi yang diberi susu. Hanya saja, berbeda dengan cappuccino yang memiliki takaran yang seimbang di semua komponennya, minuman kopi yang satu ini memiliki lebih banyak susu di dalamnya. Oleh karena itu rasa espresso yang kuar akan sedikit tertutup oleh rasa susunya.

Komposisi café latte yang umum ditemukan adalah espresso double shot/doppio yang ditambahk secangkiri penuh susu yang sudah di-steam.

Tekstur buih yang dihasilkan dari susunya pun cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan cappuccino. Selain itu, biasanya kamu akan menemukan gambar-gambar unik di atas buihnya yang dikenal juga sebagai latte art.

Macchiato

minuman kopi
Photo by Jeremy Yap on Unsplash

Mungkin macchiato bukanlah minuman kopi yang begitu populer di Indonesia. Soalnya bisa dibilang bahwa minuman kopi ini cenderung tanggung, terutama bagi orang yang awam terhadap kopi. Macchiato adalah espresso yang diberi buih susu sebanyak satu atau dua sendok makan saja.

Yap, hanya itu. Minuman kopi ini pun disajikan dalam cangkir demitasse atau cangkir khusus espresso. Namun, menurut situs Roasty Coffee, macchiato memiliki tempat tersendiri di hati orang Italia.

Minuman kopi yang satu ini biasa dinikmati di siang hari karena orang Italia biasa meminum cappuccino di pagi hari. Sedangkan espresso dirasa terlalu menjemukan diminum saat siang hari. Muncullah macchiato kemudian.

Minuman kopi flat white

minuman kopi
Photo by Joy Hayman on Unsplash

Pada dasarnya flat white mirip dengan café late. Hanya saja minuman kopi yang satu ini mneggunakan lebih sedikit susu sehingga rasa espresso yang muncul lebih terasa. Hal ini disebabkan oleh flat white menggunakan microfoam alih-alih buih susu biasa atau susu steam sehingga menghasilkan tekstur yang lebih halus.

Namun untuk membuat microfoam dibutuhkan keahlian yang khusus agar bisa menghasilkan microfoam dengan tekstur yang lembut namun masih tetap memiliki rasa. Selain disajikan dengan microfoam, minuman kopi yang satu ini juga bisa disajikan tanpa foam. Espresso hanya ditambahkan susu yang sudah di-steam saja.

Mochaccino

minuman kopi
Photo by Kamil S on Unsplash

Mochaccino atau café mocha diambil dari nama biji yang biasa digunakan yaitu biji kopi mocha yang berasal dari Yaman. Biji kopi ini memiliki rasa yang cenderung manis dan mendekati rasa coklat sehingga saat penyajiannya, barista sering menambahkan bubuk coklat atau sirup coklat untuk memperkuat rasa dari minuman kopi ini.

Affogato

minuman kopi
Photo by Ali Yahya on Unsplash

Setelah tadi jenis minuman kopi yang disebutkan adalah kopi panas, sekarang kita beralih ke yang dingin. Affogato berarti tenggelam dalam bahasa Italia.

Hal ini karena dalam minuman kopi yang satu ini secangkir espresso kemudian ditambahkan satu sendok es krim yang pada umumnya rasa vanila. Rasanya yang manis bercampur espresso yang pekat membuat affogato menjadi makanan penutup favorit banyak orang.

Nah, sudah tahukan sekarang jenis-jenis minuman kopi dan apa saja perbedaannya. Jadi, nanti kalau kamu minum kopi di kafe nggak perlu bingung lagi. Selamat menikmati secangkir kopimu!

Habis ngopi enaknya staycation ke Bobobox!

Lorong Pods bobobox bandung

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk beristirahat dan lari dari kesibukan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like