Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Serba-Serbi Kari: Kekayaan Rasa dan Aroma Rempah dari Berbagai Penjuru Dunia

Hidangan kari dari negara mana yang jadi favoritmu?

Kari merupakan nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Oleh karena itu, cita rasa dari kuliner satu ini cenderung pedas dan tajam. Meski berasal dari Asia Selatan khususnya India, masakan kari ternyata telah menyebar luas ke berbagai penjuru dunia. Cita rasanya kemudian telah mengalami berbagai penyesuaian sehingga hidangan kari di setiap negara memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Penasaran dengan jenis-jenis kari yang ada di berbagai belahan dunia? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Kari Indonesia

jenis-jenis kari

(Image by @dodon_jerry via Instagram)

Kari Indonesia merupakan salah satu dari jenis-jenis kari yang sangat kaya akan rempah-rempah. Jenis kari Indonesia umumnya menggunakan rempah-rempah yang lebih kompleks daripada jenis-jenis kari kebanyakan. Rempah-rempah yang digunakan biasanya seperti lengkuas, kunyit, kemiri, serai, jintan, ketumbar, daun salam, daun jeruk purut, serta ditambah terasi dan santan.

BACA JUGA: Kuliner Indonesia Yang Terkenal Di Kalangan Turis Mancanegara

Bahan lauk yang kerap diolah dengan bumbu kari Indonesia ini juga cukup beragam, mulai dari daging merah, ikan, ayam, bahkan hingga jeroan dan otak sapi. Salah satu hidangan kari Indonesia yang jadi favorit banyak orang tentu saja adalah hidangan dari tanah Sumatera, yakni rendang, gulai, serta kari ayam.

2. Kari Jepang

jenis-jenis kari

(Image by @foodie.c0 via Instagram)

Jenis-jenis kari selanjutnya yang juga cukup familiar di lidah orang Indonesia adalah kari Jepang. Kari Jepang yang juga biasa disebut dengan curry rice ini merupakan kari dengan saus berwarna cokelat gelap dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Jenis kari satu ini biasanya disajikan dengan chicken katsu atau omelette Jepang. Saus karinya biasanya dicampur dengan beberapa jenis sayuran yaitu wortel, kentang, tomat, dan bawang bombay. Selain disajikan sebagai curry rice, kari Jepang juga sering disantap bersama udon, ramen, atau roti kari.

Namun, meski jenis kari satu ini dikenal berasal dari negeri matahari terbit, kenyataannya kari ini ternyata berakar dari kuliner Inggris, loh. Kuliner ini konon dipekerkenalkan kepada warga Jepang di era pemerintahan Meiji.

3. Kari India

jenis-jenis kari

(Image by @dinnersmellsgreat via Instagram)

Kari India bisa dibilang merupakan salah satu jenis-jenis kari dengan bahan paling beragam di dunia. Dibutuhkan sekitar 25 jenis rempah untuk membuat kari India yang dikenal memiliki rasa yang khas serta aroma yang kuat. Jintan esensial, garam masala, kapulaga, bubuk cabai, serta kayu manis merupakan beberapa contoh rempah pilihan yang membuat kari India ini spesial.

Bahkan, kari India terkadang menggunakan bahan yang tak lazim untuk dijadikan kari, contohnya seperti buah semangka. Namun, kari India yang paling populer adalah kari dengan kuah cokelat pekat yang mirip seperti rendang asal Indonesia. Biasanya, kari India disantap dengan nasi atau roti canai.

4. Kari Arab

jenis-jenis kari

(Image by @andhra_soul_foodie via Instagram)

Arab merupakan salah satu negara Timur Tengah yang memasak kuliner kari paling banyak di antara negara-negara Timur Tengah lainnya. Rempah dan bumbu yang digunakan sebagai bahan dasar kari Arab atau yang biasa disebut juga dengan karahi pun bisa dibilang cukup khas.

Bumbu dan rempah dari jenis-jenis kari yang satu ini biasanya dominan akan bawang putih, tomat, cuka, serta ketumbar. Orang Arab biasanya memasak kari ini dengan daging domba serta kacang-kacangan, lalu disajikan bersama roti maryam atau nasi briyani.

5. Kari Thailand

jenis-jenis kari

(Image by @andhra_soul_foodie via Instagram)

Berbeda dari jenis-jenis kari lainnya, kari Thailand memiliki karakterisitik rasa yang lebih ringan dan lembut dengan kuah yang cair atau sedikit encer. Di Thailand, kari sering juga disebut sebagai pasta.

Bahan pelengkapnya pun cukup beragam dan berbeda dari jenis-jenis kari lainnya yang ada di dunia. Kari Thailand kerap kali disajikan bersama terong muda, kacang panjang, rebung, daun basil segar, serta paprika. Bahkan, orang Thailand terkadang menyajikan kari ini bersama kelapa atau mangga.

BACA JUGA: Kamu Suka Wisata Kuliner? Kunjungi 7 Restoran Paling Unik Di Dunia Berikut Ini

Meski tidak seberat jenis-jenis kari lainnya, terdapat beberapa jenis kari yang unik dan sangat populer di Thailand. Jenis-jenis kari Thailand ini memiliki beberapa warna yang berbeda dimana warna tersebut mencerminkan bumbu utama yang digunakan dalam kari tersebut.

Jenis-jenis kari Thailand tersebut antara lain adalah green curry atau kari hijau dengan bahan utama cabai hijau sehingga kuahnya keruh dan pedas. Selanjutnya ada red curry atau kari merah yang tentu saja pedas karena menggunakan berbagai macam cabai merah dan cabai rawit. Lalu yang terakhir ada yellow curry atau kari kuning berbahan dasar kunyit dan jintan dengan cita rasanya yang sedikit pedas.

6. Kari Pakistan

jenis-jenis kari

(Image by @thesmokinelk via Instagram)

Jenis-jenis kari selanjutnya datang dari Pakistan. Kari Pakistan yang juga disebut dengan karahi ini memang mirip dengan kari khas Arab. Bahan yang sering diolah bersama karahi asal Pakistan ini pun adalah daging domba.

Meski mirip, kari dari sejumlah wilayah di Pakistan tentunya memiliki ciri khas tersendiri dan juga menggunakan rempah yang berbeda. Seperti kari dari Lahore misalnya, mereka biasanya akan menambahkan cuka dan bawang putih ke dalam bumbu karinya. Adapun kari dari Peshawar yang menggunakan garam, ketumbar, serta tomat sebagai tambahan bumbunya.

7. Kari Malaysia

jenis-jenis kari

(Image by @plasticfoodmodel via Instagram)

Meski serumpun dengan Indonesia, kari asal Malaysia memiliki keunikan tersendiri pada bahan dasar rempahnya yang menjadikannya berbeda. Hidangan kari yang paling terkenal dari Negeri Jiran ini adalah nasi kandar. Kuliner ini berupa nasi yang disajikan dengan berbagai macam jenis-jenis kari. Bahan utama lauk yang umum dihidangkan bersama kari Malaysia ini di antaranya adalah daging sapi, daging kambing, telur, terung, dan lain-lain.

8. Kari Afrika

jenis-jenis kari

(Image by @tinaanne31 via Instagram)

Afrika merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak jenis-jenis kari tradisional. Sebagian besar penduduk lokalnya biasanya membuat kari menggunakan bahan-bahan seperti buncis, paprika, jahe segar, serta jeruk lemon. Lauknya pun bisa dipilih sesuai selera, entah itu daging, ayam, atau seafood. Mereka biasanya menyantap hidangan kari ini bersama roti tradisional.

9. Kari Portugis

jenis-jenis kari

(Image by @erine_lim via Instagram)

Jenis-jenis kari dari Portugis pada dasarnya merupakan perpaduan antara budaya masakan Portugis dan Tiongkok. Bahan-bahan utama dalam membuat kari Portugis biasanya adalah bubuk kari madras, santan, kentang, serta ayam. Orang-orang Portugis juga gemar menambahkan tomat merah segar, daun peterseli, manisan buah zaitun, dan juga potongan lemon yang membuat cita rasanya kian segar.

10. Kari Vietnam

jenis-jenis kari

(Image by @dumplingsandmore via Instagram)

Jenis-jenis kari selanjutnya datang dari salah satu negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam. Di negara ini, kari biasa disebut juga dengan nama ca ri, sementara ca ri ga adalah sebutan untuk kari ayam.

BACA JUGA: Mengenal Cita Rasa Kuliner Nusantara Dari Sabang Sampai Merauke

Ubi jalar, kentang, serta ayam merupakan bahan pokok hidangan kari di Vietnam. Bahan-bahan tersebut kemudian akan dimasak dengan kuah santan, lalu ditaburi dengan daun bawang dan daun ketumbar sebelum disajikan. Orang-orang Vietnam biasanya menyantap hidangan kari ini bersama roti Prancis yaitu baguette, namun terkadang bersama bihun atau nasi.

11. Kari Inggris

jenis-jenis kari

(Image by @tuttelespeziedelmondo via Instagram)

Jenis-jenis kari yang terakhir datang dari negeri kerajaan, Inggris. Istilah kari dalam masakan Inggris merepresentasi sebuah hidangan berkuah yang dimasak menggunakan bubuk kari atau pasta kari. Orang-orang Inggris juga terkadang menambahkan beberapa rempah segar sebagai tambahan bumbu, seperti bawang putih dan jahe.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain makan makanan enak, staycation juga bisa membantumu menghilangkan stress dan jenuh akan rutinitas sehari-hari. Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman namun tetap affordable untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox!

Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like